PENERAPAN KOMPRES HANGAT DENGAN JAHE MERAH PADA RHEUMATOID ARTHRITIS TERHADAP NYERI KRONIS

Widya Arisandy, Suherwin Suherwin, Nopianti Nopianti

Abstract


Latar Belakang: Rheumatoid Arthritis (RA) merupakan suatu penyakit autoimun secara simetris pada persendian tangan dan kaki yang mengalami peradangan sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan, nyeri dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian sendi, salah satu upaya untuk mengurangi nyeri Rheumatoid Arthiritis yaitu dengan kompres hangat jahe merah yang kandungan minyak atsirinya melancarkan peredaran darah dan peradangan pada sendi. Tujuan: Di ketahuinya pengaruh pemberian  kompres hangat dengan jahe merah di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang Tahun 2022. Metode: Tempat penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Kota Palembang, selama 5 hari tanggal 11-16 Mei 2022. Adapun objek penelitian yang di teliti berjumlah dua pasien yang mengalami Rheumatoid Arthritis dengan kriteria inklusif: bersedia menjadi responden, umur diatas 70 tahun, memiliki penyakit Rheumatoid Arthritis, dapat berkomunikasi  dengan baik, memiliki pendengaran yang baik, lansia yang tinggal di Panti Sosial Harapan Kita Kota Palembang. Hasil: Penelitian yang di dapatkan setelah  implementasi  pada pasien 1 dan  pasien 2 adalah penerapan kompres hangat dengan jahe merah pada kedua pasien dapat berhasil. Dimana saat menerapkan kompres hangat jahe merah yang dilakukan selama 3 hari selama 1 jam, dapat membantu menurunkan nyeri kronis pada lansia. Saran: Agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terutama terhadap lansia dengan Rheumatoid Arthritis secara preventif, serta terdapat jadwal rehabilitasi terpadu yang terintegritas antara perawat, fisioterapi pengurus panti dan keluarga untuk meningkatkan mutu kesehatan lansia.

 

Kata Kunci: Kompres Hangat Dengan Jahe Merah, Nyeri Kronis, Rheumatoid Arthritis.


Full Text:

PDF

References


Aspiani, R, Y, (2014). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik. Jakarta:CV. Transinfo Media.

Depkes Ri, (2017), Departemen Kesehatan Republik Indonesia Jakarta.

Fitriana, V., Pujiati, E., & Sari, I. (2021). Penerapan Kompres Hangat Jahe Merah Pada Penderita Rheumatoid Arthritis: Studi Literatur. Jurnal Profesi Keperawatan (JPK), 8(2), 179-191.http://jurnal.akperkridahusada.ac.id/index.php/jpk/article/view/105/diakses:22 maret 2022 pukul 05:00 IB.

PRIO, P. (2018). Efektifitas Kompres Hangat Rebusan Jahe Emprit dan Jahe Merah Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Sendi Pada Lansia Di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan Di Asrama Ponorogo(Doctoral dissertation, STIKES Bhakti Husada Mulia).http://repository.stikes-bhm.ac.id/127/

Riskesdas, (2018). Pengaruh Kompres Hangat Jahe Merah. Jurnal Ijpn Vol. 2, No. 1 juni 2021 E-ISSN: 2747-156X

Sari, D. J. E., & Masruroh, M. (2021). Pengaruh Kompres Hangat Jahe Terhadap Intensitas Nyeri Rheumatoid Arthritis Pada Lansia. Indonesian Journal of ProfessionalNursing, 2(1),33-41.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI, (2017). Standart Diagnosa Keperawatan Indonesia Ed 1, Jakarta. Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI, (2018), Standart Intervensi Keperawatan IndonesiaEd 1, Jakarta. Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI, (2018), Standart Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan Ed 1, Jakarta, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

WHO, (2012). Pengaruh Kompres Hangat Jahe Merah. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi Vol. 6 No. 1, Hal:517-522.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v8i1.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats