EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) TENAGA KEFARMASIAN APOTEK K-NIA PHARMA

Khoirin Khoirin, Afif Islami, Aditya Purbayanti, Arpa Pauziah

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan Informasi Obat (PIO) bertujuan untuk memberi informasi obat yang objektif dan akurat pada hubungannya dengan perawatan pasien, PIO sangat penting dalam penggunaan obat secara rasional dan sangat diperlukan, karena jika pasien belum mendapatkan informasi mengenai obat secara keseluruhan, dapt menyebabkan ketidak patuhan minum obat dan penggunaan obat yang tidak benar. Tujuan: untuk mengetahui evaluasi pelayanan informasi obat pada pasien di apotek K-NIA Pharma 10 Ulu kota Palembang tahun 2023. Metode: merupakan penelitian non-eksperimental dengan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang datang di apotek K-NIA Pharma 10 Ulu kota Palembang tahun 2023. Sampel berjumlah 286 sampel. analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil: Dari Penelitan didapatkan hasil bahwa pelayanan informasi obat (PIO) yang diberikan oleh apotek K-NIA Pharma pemberian indikasi obat 93.7%, aturan pemakaian obat 92%, penyimpanan obat 57%, jangka waktu pengobatan 41.6%, aktivitas makanan dan minuman yang harus dihindar 38.1%, efek samping obat 54.2%, harga obat 100%, sehingga rata-rata PIO yang diberikan oleh apotek K-NIA Pharma 10 Ulu adalah 54.2%.. Saran: agar memberikan pengetahuan pasien mengenai pelayanan informasi obat (PIO) terumata pada pelayanan informasi tentang penyimpanan obat, informasi jangka waktu pengobatan, aktivitas makanan & minuman yang harus dihindari dan efek samping obat.

 

Kata Kunci: PIO, Konsumen, Deskriptif


Full Text:

PDF

References


Amalia, T., 2019. Evaluasi Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek Di Apotek X berdasarkan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016. Jurnal Inkofar, 1(1), 49-58.

Anysa Eka Laylly Nurjannah Hadiyatul Lilfitriyani, Abdul Basith 2020. Evaluasi pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tenaga kefarmasian Program Study Farmasi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, vol.3, 15-22

Bushra, R., Aslam, N., & Yar Khan, A. (2011). Food-Drug Interactions. Oman Medical Journal, 26(2), 77–83

Dedy Almasdy yosh dan N (2017) American Heart Association Statistics Committe and Stroke Statistics Subcommitte. New York. USA: The American Heart yarAssociation. J Pharm Clin Sci, 5(3), 25-32.

Departemen Kesehatan. 2009, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009, pekerjaan kefarmasian. Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan. 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, standar pelayanan kefarmasian di apotek, Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 13(1), 315-22.

Novita N.G Tumiwa, Paulin V.Y. Yamlean, Gayatri Citraningtyas (2014) Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Geriatri Di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi, 3(3), 310-315.

Purwaningsih, N. S., Senjaya, A., & Rukmana, J. U. (2021). Analisis Pelayanan Informasi Obat ( Pio ) pada pasien di apotek X periode Mei 2021. Edu Masda Journal, 5(2), 41-45.

Rajan, R., Roy, A. D., Todi, S., Dutta, P., Chatterjee, T., Lahiri, S., & Sengupta, A. (2018). A review article on impact of drug food interactions and its prevention. International Journal of Food Science and Nutrition, 3(4)

Resa Setia, Olivia Datu, Jeane Mongi, Y. T. (2019). Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Di Potek Kecamatan Tikala Kota Manado. The Tropical Journal of Biopharmaceutical, 1(1), 9-12.

Renggo PM (2020). Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Di Instalasi Farmasi Puskesmas Kabupaten Sleman Yogyakarta Skripsi. 2020;2507 (February): 1-9.

Wateh Akreemah. (2020). Kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada swamedikasi di apotek merjosari Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 21(1):1-9

Winda Kartika Sari, M. G. P. (2018). Tingkat Kepuasan Paien Terhadap Peran Apoteker Dalam PeFlayanan Swamedikasi Di Apotek R3 Farma Bululawang Kabupaten Malang. Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang, 21, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v9i1.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats