HUBUNGAN PERAN PRECEPTOR DAN PENGETAHUAN MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN KECEMASAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK KLINIK DI RUMAH SAKIT

Basok Buhari, Susi Widiawati, Anggi Ellijayanti

Abstract


Latar Belakang: Praktik klinik merupakan proses pembelajaran di rumah sakit yang bertujuan untuk mengenal lebih awal bagi mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk mengenal proses keperawatan. Lingkungan klinik rumah sakit merupakan satu-satunya sumber kecemasan terbesar bagi kalangan mahasiswa keperawatan Praktik klinik ini akan menimbulkan kecemasan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran preceptor dan pengetahuan mahasiswa dengan kecemasan mahasiswa terhadap pembelajaran praktik klinik dirumah sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa keperawatan yang praktik klinik di RSUD Raden Mattaher Jambi. Penelitian ini telah dilakukan pada Tanggal 16 s/d 20 Juli Tahun 2019 dengan 6 Ruang Rawat Inap. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 43 responden. Metode pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa terdapat 28 (65,1%) responden menyatakan peran preceptor baik, 25 (58,1%) responden memiliki pengetahuan yang baik dan 27 (62,8%) responden memiliki tingkat kecemasan normal terhadap pembelajaran praktik klinik di RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2019. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa hubungan pengetahuan mahasiswa dengan kecemasan mahasiswa terhadap pembelajaran praktik klinik di RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2019 (P-Value= 0,000). Saran: Diharapkan RSUD Raden Mattaher Jambi melakukan pelatihan secara berkala bagi preceptor. Penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi Rumah Sakit terkait peran preceptor dan pengetahuan mahasiswa yang dapat mempengaruhi kecemasan mahasiswa saat melakukan praktik klinik di Rumah Sakit.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan, Kecemasan, Peran Preceptor


Full Text:

PDF

References


A.King, Laura, (2010). Psikologi Umum Sebuah Pandangan APRESIATIF. Jakarta: Salemba Humanika

A.Wawan dan Dewi M. (2010). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nurul Medika

Agus, Riyanto dan Budiman. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengethuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Agustiar, W., & Asmi, Y. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional dan Motivasi belajar pada Siswa Kelas XII SMA Negri “X” Jakarta Selatan. Jurnal Pikologi, Vol 8. No. 01, 9-15

Alwi, Hasan. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed Revisi VI. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). (2015). KURIKULUM INTI PENDIDIKAN NERS INDONESIA. Jakarta.

Cervone., & Pevin. (2012). Kepribadian: Teori dan Penelitian (jilid 2) . Jakarta: Salemba Humanika

De Guzman, A., Pablo, L. A., Prieto, R, J., Purification, V, N., Que J, J., Quia, P. (2008). Understanding the Person of Clinical Instructor. The Use of Students’ Doodles in Nursing Research. Nurse Educ Today

Endah Tri Wijayanti. (2015). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Mekanisme Koping Mahasiswa Semester II D-III Keperawatan dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan di Universitas Nusantara PGRI Kediri

Kholil Lur Rochman. (2010). Kesehatan Mental. Purwokerto: Fajar Medika Press

Linda M. Moscaritolo, MS, MSN, RN, BC. (2009). Interventional Strategies to Decrease Nursing Syudent Anxiety in the Clinical Learning Envirotment.

Mingpun R, Srisa-ard B, and Jumpamool A. (2015). Strengthening Preceptor’s Cpmpetency In Thai Clinical Nursing. Academic Journals. 01 (20) 2653-2660

Nahid Jamshidi, et al., (2016). The Challenges of Nursing Students in the Clinical Learning Environment: A Qualitative Study

Nelwati, dkk. (2012). Hubungan Lingkungan Belajar Klinik dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa pada Program Pendidikan Ners. Ners Jurnal Keperawatan No.1/vol.8/Juni2012.

Notoadmojo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ruhimat, dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Stuart, G,W. (2007). Buku Ajar Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta: EGC

Sucipto, M, A. (2014). Keterkaitan Prestasi Belajar Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Praktik Klinik Keperawatan Jiwa. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 3 No. 1 November 2014.

Sudihartia dan Solikhah (2012). Hubungan Pengetahuan Karakteristik Perawat Dengan Tingkat Kepatuhan Perawat Melakukan Cuci Tangan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal KESMAS UAD Volume 6, No. 1, Januari 2012. ISSN: 1978-0575. Universitas Ahmad Dahlan: Yogyakarta

Zung, W.K. 1971. A Rating Instrument For Anxiety Disorders.J.of The Academy of Psychosomatic Medicine 12:371-379




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.