MEDIA KOMIK EDUKASI DAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN TENTANG KARIES GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Yudi Abdul Majid, Ayu Mutia Carera, Trilia Trilia

Abstract


Latar belakang: Karies gigi merupakan suatu penyakit gigi dan mulut yang paling banyak dialami anak usia sekolah. Karies gigi dapat disebabkan oleh sisa makanan yang menempel pada gigi dan pada akhirnya menyebabkan plak kecoklatan, pengapuran, keropos, dan gigi berlubang. Masalah yang ditimbulkan oleh  karies gigi dapat membuat anak mengalami kehilangan daya kunyah, terganggunya sistem pencernaan, penurunan absorbsi makanan dan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Peran perawat dalam meminimalkan masalah tersebut dapat sebagai pendidik (educator) dengan memberikan pendidikan kesehatan pencegahan karies gigi dengan menggunakan media komik edukasi dan video animasi. Tujuan: Penelitian untuk mengetahui efektifitas metode membaca komik edukasi dan metode video animasi terhadap pengetahuan pencegahan karies gigi pada anak SDN 82 Palembang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pendekatan Two Groups Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SDN 82 Palembang pada bulan Juni 2019 Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Total Sampling dengan jumlah sampel 130 responden. Analisa data dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank. Hasil: penelitian terdapat perbedaan pengetahuan pencegahan karies gigi sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan media komik edukasi di SDN 82 Palembang Tahun 2019  dengan nilai p value = 0,000.  Terdapat perbedaan pengetahuan pencegahan karies gigi sebelum dan sesudah pendidikan dengan media video animasi di SDN 82 Palembang dengan p value = 0,000. Saran: Disarankan media promosi komik edukasi dan video animasi menjadi media yang digunakan sekolah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan dapat mencegah karies gigi pada anak.

 

Kata kunci: Metode Komik Edukasi, Video Animasi dan Karies Gigi


Full Text:

PDF

References


Febriani, Kiki., Erlisa, Candrawati., Ronasari, Mahaji. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dalam Pemilihan Jajan Pada Anak Usia Sekolah 7-9 tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Nurshing News. Vol 3 (1); Hal 481-491.

Haq, Zuhriyyatul. 2015. Penggunaan Komik Kesehatan gigi dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kepercayaan Siswa Kelas V SDN Martopuro 01 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan tahun 2015. Jurnal Promkes. Vol 3 (2); Hal 124 – 133.

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta, Kementrian Kesehatan RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Kidd, E., Sally, J. 2013. Dasar – dasar Karies Penyakit dan Penaggulangannya. Jakarta. EGC

Nurhidayat, Oki., Eram, Tunggal., Bambang, Wahyono. 2012. Perbandingan Media Power Point dengan Flip Chart dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut. Unnes Jurnal of Public Health. Vol 1(1); Hal 1-5.

Notoatmodjo, 2012.Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta, Rineka Cipta.

Nurfalah, Amelia., Emma, Y., Didit, Aspriyanto. 2014. Efektifitas Metode Peragaan dan Metode Video Terhadap Pengetahuan Penyikatan Gigi Pada Anak Usia 9 – 12 Tahun di SDN Keraton 7 Martapura. Jurnal Kedokteran Gigi. Hal 144-149.

Samual, Inriyani., Damajanty, Pangemanan., Vonny, Wowor. 2016. Keparahan Karies Gigi yang Tidak di Rawat Pada Siswa SD GMIM 31 Manado Berdasarkan Indeks PUFA. Jurnal e-Gigi. Vol 4(2); Hal 208-214.

Widayati, Nur. 2014. Faktor yang Berhubungan Dengan Karies Gigi Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Berkala Epidemiologi. Vol 2(2); Hal 196-205.

Wong. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi 6. Jakarta, EGC.

Young, D.A. 2006. Managing Caries in The 21 st Century : Today’s Terminology To Treat Yesterday Disease. CDA Journal. Vol 35(10).




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.