STATUS GIZI SISWA SMP BERDASARKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEBIASAAN MAKAN JAJANAN

Tri Oktaviana Hasibuan

Abstract


Latar belakang: Makanan jajanan (street food) sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Konsumsi makanan jajanan di masyarakat diperkirakan terus meningkat mengingat makin terbatasnya waktu anggota keluarga untuk mengolah makanan sendiri. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui Keunggulan makanan jajanan adalah murah dan mudah didapat, serta cita rasanya yang enak dan cocok dengan selera kebanyakan masyarakat.Penelitian ini Untuk mengetahui gambaran perilaku kebiasaan jajan anak serta hubungannya dengan status gizi di SMP Negeri X. Metode: Penelitian ini dilakukan pada bulan maret dan di smp negeri 27 palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif analitik melalui pendekatan Cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder dengan mengukur BB dan umur anak, kuesioner, dan registrasi data murid. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 167 orang dan sampel berjumlah 62 orang. Analisa data menggunakan analisa univariat yaitu untuk memperoleh gambaran distribusi frekuensi semua variable, dan juga. Jenis Analisa yang digunakan adalah Analisa Bivariat. Hasil: Ada hubungan antara pengetahuan dengan status gizi anak, tidak ada hubungan antara sikap dengan status gizi anak, tidak ada hubungan antara tindakan degan status gizi anak. Ada hubungan antara Pengetahuan dengan status gizi di dapatkan p value=00,08 lebih kecil dari α= 0,05. Saran: Perlunya pengadaan kantin sekolah agar lebih dapat memeperhatikan konsumsi jajan anak. Diharapkan bagi orang tua murid agar  membekali anak makanan dari rumah untuk dibawa sekolah.

 

Kata Kunci : Makanan, Jajanan dan Status Gizi


Full Text:

PDF

References


Agustiningsasi, dkk. (2017). Hubungan antara Paparan Iklan Makanan dan Minuman Ringan di Televisi dengan Perilaku Pemilihan Jajanan ajanan pada Anak. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5, No. 2.

Aini, N. (2016). Mengubah Perilaku Jajan Sembarangan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Penyuluhan Kesehatan. Journal Of Nursing Care & Biomolecular , Vol. 1 No. 1

Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Asnaini, S. A. (2017). Perilaku Konsumsi Fast Food pada Anak dengan Kelebihan Berat Badan di SD Islam Athirah I Kota Makassar Tahun 2016. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat pada Anak Usia Dini di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6, 264-272.

Aulia, I. (2012). Hubungan Antara Karakterisik Siswa, Pengethuan, Media Massa, dan Teman Sebaya dengan Konsumsi Makanan Jajanan pada Siswa SMA Negeri 68 Jakarta. Depok: Universitas Indonesia, Fakultas Kesehatan Masyarakat; 2012.

Febryanto, M. A. B. 2017. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Di Mi Sulaimaniyah Jombang. Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery), 3, 51-59.

Hartono, N.P, dkk. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesian Journal of Human Nutrition, Desember 2015, Vol.2 No.2 : 76 – 84.

Hikmawati, dkk. (2016). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Promosi Puzzle Gizi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo.

La Ode Abdul Malik Maulana, Saifuddin Sirajuddin,Ulfah Najamuddin. (2011). Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanuddin Makassar

BPOM RI. KLB Keracunan Pangan. Jakarta: BPOM; 2011.

Musadad.DA. Sugih-@litbang.depkes.go.id.Keamanan makanan Diakses 23 Mei 2019

Muchlas, Dewa Nyoman,Fajar Ibnu, (2014). Penilaian Status Gizi, Penerbit Buku Kedokteran, Surabaya.

Notoatmodjo. S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati. (2014). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perilaku Murid Hygiene Sanitasi Makanan Di Jalan SDN I Paya Bujok Tunong Langsa Baro Kota Langsa. Banda Aceh: Poltekkes Kemenkes Aceh; 2014

Pinasih, A. (2018). Praktik Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) 2017 pada Lansia Di Puskesmas Jenggawah Kabupaten Jember.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar.Celeban Timur UH III Yogjakarta: Pustaka Belajar

Ratnawati, S. (2015). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Higiene, Sanitasi Dan Nilai Gizi terhadap Sikap Konsumsi Makanan Jajanan Siswa SMP Negeri di Pontianak Barat. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 1.

Widodojudarwanto. (2018). http://www.pdpersi.co.id. Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan kebiasaan jajan pada SMP Negeri 35 makasar (Diakses 23 Mei 2019)




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.