FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI TUBEKTOMI PADA PASANGAN USIA SUBUR

Adelina Pratiwi, Nafika Nur Rahmah

Abstract


Latar belakang: Tubektomi adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan) seseorang secara permanen dengan cara mengoklusi tuba falopii sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan ovum. Data yang diperoleh dari Rumah Sakit Umum Daerah Palembang BARI pada bulan Januari-Oktober 2017 sebanyak 85 orang, dari 85 orang tersebut yang melakukan kontrasepsi tubektomi sebanyak 74 orang. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan kontrasepsi tubektomi pada pasangan usia subur di Rumah Sakit Umum Daerah Palembang BARI Tahun 2017. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel independen : pendidikan, usia, paritas dan pekerjaan dan variabel dependen : pemilihan kontrasepsi tubektomi. Hasil: dengan uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara usia (P value 0,009) dan paritas (P value (0,040), tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan (P value 0,629) dan pekerjaan (P value 1,000). Saran: Diharapkan agar penyuluhan kepada masyarakat lebih ditingkatkan agar masyarakat semakin mengerti tentang manfaat maupun dampak dari kontrasepsi tubekomi itu sendiri.

Kata Kunci : Tubektomi, Pendidikan, Usia, Paritas, Pekerjaan


Full Text:

PDF

References


Affandi, Biran (ed). (2012). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta : PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

BKKBN Bangka Belitung. (2012). Artikel Gambaran Karakteristik Akseptor KB Tubektomi Laparoskopi. (http://babel.bkkbn.go.id. Diakses tanggal 02 November 2017).

BKKBN Sumatra Selatan. (2013). Laporan Pengendalian Program KB Nasional.(http://sumsel.bkkbn.go.id. Diakses tanggal 18 Oktober 2017).

Badan Pusat Statistik Kota Palembang. (2014). Jumlah Pus dan Peserta KB Aktif Menurut Pemakaian Alat Kontrasepsi dan Kecamatandi Kota Palembang Tahun 2014. (http://palembangkota.bps.go.id. Diakses tanggal 11 November 2017).

Dinkes. (2013). Profil Dinkes Palembang.

(http://dinkes.palembang.go.id Diakses 17 Oktober 2017).

Handayani, Sri. (2010). Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta : Pustaka Rihama.

Hastono, Sutanto Priyo (2006). Modul Analisis Data. Jakarta : Universitas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Herlinawati, Maya Fitria. (2012). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemakaian Kontrasepsi Tubektomi Pada Wanita Pasangan Usia Subur di RSUD Dr.Pringadi Medan Tahun 2012. Karya Tulis Ilmiah. Medan : Universitas Sumatra Utara.

Hidayat, Aziz Alimul. (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

KBJI. (2007). Definisi Pekerjaan, Profesi, Jabatan dan Karir. (http://ilmukritis.wordpress.com. Diakses tanggal 27 Oktober 2017 )

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Riset Kesehatan Dasar, Riskesdas 2013. Jakarta : Kementerian kesehatan RI. (http://www.kemenkes.go.id. Diakses tanggal 18 Oktober 2017).

Lestari, Titik. (2016). Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Muchtar, Asmujeni. dkk. (2016). Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak Edisi 3. Jakarta : Gavi.

Mestuti Hadi. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Metode Operasi Wanita di Desa Jepang Pakis Tahun 2011. Karya Tulis Ilmiah. Kudus : AKBID Mardi Rahayu Kudus.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. (2012). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Prawirohardjo, Sarwono. (2014). Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Rizkitama, Afnita Ayu. (2017). Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Wanita dalm Pemilihan Tubektomi Pada Peserta MKJP di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro.

Seto, Dhini Hariyo. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Wanita Usia Subur Memilih Metode Kontrasepsi MOW (Metode Operasi Wanita) di Desa Butuh. Karya Tulis Ilmiah. Purwokerto : STIKES Muhammadiyah Gombong.

Sulistyawati, Ari.(2011). Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta : Salemba Medika.

Wawan dan Dewi. (2011). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Winkjosastro, Hanifa. (2007). Ilmu Kandungan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Yuhedi, Lucky Taufika dan Titik Kurniawati. (2013). Buku Ajar Kependudukan dan Pelayanan KB. Jakarta : EGC.

Zulfajri, Rahman, dkk.(2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Kontrasepsi Metode Operasi Wanita (MOW) di Kecamatan Palu Selatan Tahun 2017. Skripsi. Sulawesi Selatan : Universitas Muhammadiyah Palu.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.