PEMBERIAN IMUNISASI BCG PADA BAYI (1-3 BULAN) BERDASARKAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU

Rhipiduri Rivanica, Inna Hartina

Abstract


Latar belakang: Imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin) bermanfaat mencegah bayi atau anak terserang dari penyakit TBC yang berat, seperti: meningitis TBC dan TBC milier. Ini dikarenakan bayi atau anak masih rentan terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis penyebab penyakit TBC, akibat adanya kontak dengan penderita TBC yang ada di sekitarnya, seperti: orang tua, keluarga, pengasuh, dan lain sebagainya. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dengan pemberian Imunisasi BCG pada bayi usia (1-3 Bulan) di BPM Hj. Ratna Wilis Tahun 2017. Metode: Penelitian menggunakan metode survey analitik dengan pedekatan “cross sectional”. Penelitian ini dilakukan bulan Desember 2017 sampai dengan Januari 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil: Hasil penelitian diketahui bahwa distribusi frekuensi responden yang memberikan imunisasi BCG sebanyak 23 responden (76,7%), pengetahuan baik sebanyak 20 responden (66,7%), sikap positif sebanyak 22 responden (73,3%) dan responden sikap negatif sebanyak 8 responden (26,7%). Ada hubungan antara pengetahuan dengan pemberian imunisasi BCG (p value 0,026.  Ada hubungan antara sikap dengan pemberian imunisasi BCG dengan (p value 0,026). Saran: Diharapkan agar BPM memberikan jadwal pemberian imunisasi dan konseling secara langsung kepada masyarakat agar pengetahuan warga setempat dapat bertambah.

 

Kata Kunci     : Pemberian Imunisasi BCG, Pengetahuan, Sikap


Full Text:

PDF

References


Faridawati (2012) Hubungan pengetahuan dan sikap tentang imunisasi terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita di wilayah puskesmas malalak (jurnal ilmu kebidanan online).

Hidayat, A. Aziz Alimul (2012). Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta : Selemba Medika.

Marimbi, Hanum (2010). Tumbuh Kembang, Status Gizi Dan Imunisasi Dasar Pada Balita. Yogyakarta : Nuha Offset .

Marmi, Kukuh Raharjo (2015). Asuhan Neonates Bayi, Balita Dan Prasekolah. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Notoatmodjo, Soekidjo (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Pineka Cipta.

Oktiawati Anisa, ddk. (2016). Pedoman Pelaksanaan Posyandu. Yogyakarta : Nuha Medika.

Proverawati Atikah, Andhini Dwi Setyo Citra (2010). Imunisasi Dan Vaksinasi. Yogyakarta : Nuha Medika.

Rahmi (2015). Hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian imunisasi hib (Heampohilus Influenza B) pada balita di Puskesmas Merdeka Palembang.

Rustono (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Efek Samping Imunisasi BCG Motivasi Imunisasi Pada Ibu Bayi Di BPS Sri Wanito Rahayu Dan Di BPS Maryatun Kecamatan Dawe Kapupaten Kudus. (Jurnal Ilmu Kebidanan Online).

Yuliana (2017). Faktor yang berhubungan dengan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi di wilayah kerja puskesmas antara kota Makassar. (Jurnal ilmu kebidanan online).

Yustinus (2014). Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Ibu Mengenai Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bebandem. (Jurnal Ilmu Kebidanan Online).

Yuni Erlina Natalia , Oktami Sertiana Rika (2014). Panduan Lengkap Posyadu. Yogyakarta : Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.