FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENCEGAHAN KEPUTIHAN PADA SISWI SMK

Meta Nurbaiti

Abstract


Latar belakang: Menurut WHO bahwa sekitar 75% perempuan di dunia pasti akan mengalami keputihan paling tidak sekali seumur hidup nya, dan sebanyak 45% akan mengalami dua kali atau lebih,  sedangkan wanita Eropa yang mengalami  keputihan sebesar 25% (WHO, 2010). Pada umumnya wanita di Indonesia termasuk remaja putri tidak tahu mengenai keputihan sehingga mereka menganggap keputihan sebagai hal yang umum dan sepele. Hal itu karena rendahnya pengetahuan personal hygiene yang kurang baik mengenai kesehatan reproduksi. Akibat dari keputihan ini sangat fatal. Tujuan: Untuk diketahuinya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan keputihan pada siswi di SMK Setia Darma Palembang Tahun 2019. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua Siswa Kelas X dan XI di SMK Setia Darma berjumlah 56 siswi, dengan menggunkan  Teknik pengambilan sampel adalah total populasi. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Chi-Square didapatkan p value 0,011 < α (0,05) menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan keputihan pada Siswi Kelas X dan XI SMK Kesehatan Setia Darma 2 Palembang Tahun 2019. Hasil uji Chi-Square didapatkan p value 0,014< α (0,05) menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap dengan perilaku pencegahan keputihan pada Siswi Kelas X dan XI SMK Kesehatan Setia Darma 2 Palembang Tahun 2019. Hasil uji Chi-Square didapatkan p value 0,003 < α (0,05) menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi dengan perilaku pencegahan keputihan pada Siswi Kelas X dan XI SMK Kesehatan Setia Darma 2 Palembang Tahun 2019. Saran: Diharapkan pihak sekolah kerjasama dengan pihak puskesmas terdekat dalam hal penyuluhan tentang pen Keputihan pada Siswi SMK

.

Kata Kunci : Keputihan, Pengetahuan, Sikap, Persepsi


Full Text:

PDF

References


Budiman & Agus Rianto. (2013). Kapita Selekta Kuesioner. Jakarta: Salemba Medika.

Dinkes. (2015) kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika.

G. Sayda Syafni, Dra. (2012). Waspadai Penyakit Reproduksi Anda. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Hidayati Nurfitriayana. (2010). Hubungan Personal Hygiene Perineal Pada Pasangan Usia Subur Terhadap Kejadian Keputihan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kebumen I Kabupaten Kebumen.

Kasdus & Dini. (2015). Solusi Problem Wanita Dewasa. Jakarta: Puspa Swara.

Mumpuni Yekti, dr & Tantrini Andang (2013). 45 Penyakit Musuh Kaum Perempuan. Yogyakarta: Raoha Publishing.

Notoatmodjo, soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Poltekkes Depkes Jakarta I, (2010). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika.

Putri Febriana Adelia. (2014) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Keputihan Pada Remaja Putri di Smp Negeri 4 Lahat Tahun 2014.

Ria. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Dalam Menjaga Kebersihan Organ Genetalia Untuk Pencegah Keputihan Di Madrasah Aliyah DDI Attaufiq Padaelo Kabupaten Baru Tahun 2013.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v4i0.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats