ANALISIS KINERJA PETUGAS KESEHATAN DENGANKEPUASAN PASIEN PADA POSBINDU PTM DAN POSYANDU LANSIA

Dewi Sayati

Abstract


Latar belakang: Kinerja tenaga kesehatan sebagai konsekuensi tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan akan pelayanan prima atau yang bermutu tinggi. Secara teknis petugas kesehatan sebagai pemberi pelayanan kesehatan harus menunjukkan kinerja terbaiknya, tidak hanya pelayanan yang bersifat menyeluruh tetapi juga mencakup pelayanan yang bersifat individual untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan kepuasan bagi masyarakat selaku pengguna jasa kesehatan.Tujuan: Menganalisis kinerja petugas kesehatan Posbindu PTM dan Posyandu lansia. Metode: Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan cross sectional. Jadwal Pelaksanaan penelitian mulai tanggal 7 Oktober 2019 hingga 30 November 2019.Sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang berkunjung ke posbindu PTM untuk memperoleh pelayanan kesehatan, yang berjumlah 47 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Analisis data menggunakan uji statistikchi-square dengan nilai α 0,05. Hasil: Didapatkan bahwa kemampuan mental (p-value=0,007), dan kemampuan fisik (p-value=0,013). Saran: Diharapkan tenaga kesehatan dapat mengembangkan keahlian berupa penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan teknis dalam menghadapi pasien lansia dan perlu terus dapat meningkatkan pendidikan melalui uji kompetensi, pendidikan formal dan nonformal terkait dalam peningkatan kemampuan mental dan fisik yaitu kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor dalam memberikan pelayanan terhadap pasien khususnya pasien lansia agar lebih baik lagi.

Kata Kunci:Kemampuan mental, Kemampuan fisik, Kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Aida, A. (2017) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukit Tinggi Sumatera Barat. Sumbar Bukit Tinggi: Program Studi DIII Keperawatan Stikes Yarsi, Journal Endurance 2(1) February 2017 (45-52).. DOI: http://dx.doi.org/10.22216/jen.v2i1.461

Astadi, P. (2012) Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Fandy, T. (2012) Service Management. Yogyakarya: Andi.

Indria, N. (2015) “Mutu Pelayanan Bidan Praktek Mandiri Kota Surabaya,” Embrio Jurnal Kebidanan, Vol 7, Agustus 2015, Halaman 22-43. (Online).

https://doi.org/10.36456/embrio.v7i.1311

http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/embrio/article/download/1311/1135

Karunia, R. (2016) “Mengapa Posyandu Juga Penting Bagi Lansia?,”Artikel, (Online). https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697604/mengapa-posyandu-juga-penting-bagi-lansia#:~:text=Tujuan%20umum%20dari%20posyandu%20lansia,baik%20 kesehatan%20fisik%20dan%20psikologis.

Kesmas (2016) “Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) PTM. Beda Posbidu PTM dan Posyandu,”Artikel, (Online).

Marsita, M. S., Sudirman, DJ. dan Yusuf, H. (2018) “Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Kesehatan Di Puskesmas Lambunu 2 Kabupaten Parigi Mouton,”Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 1 No. 1, 2018. ISSN 2623-2022 https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/jom/article/view/380.

DOI: https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.380.

Nesimnasi, V. Romeo, P. Ndoen, E. M. (2019) Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Lontar: Journal of Community Health. Volume 01 Nomor 04, Desember 2019. e-ISSN2685-2438 https://scholar.google.com/scholar?q=related:PQ1PTALT1c8J:scholar.google.com/&scioq=Analisis+Kinerja+Petugas+Kesehatan+terhadap+kepuasan+pasien+lansia+di+puskesmas+2019&hl=id&as_sdt=0,5

Neny, A.(2011) “Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. ”Journal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 2, Oktober 2011. (Online).http://jurnal.upi.edu/file/4_Neni_R.pdf

Nursalam (2014) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam (2016)Manajemen Keperawatan. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Satrio, P., Henry, S, S., Y, Warella. (2020). Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular di Daerah Kepulauan. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, Vol. 4 No. 2, 2020. Halaman 312-322.

DOI: https://doi.org/10.15294 /higeia/v4i2/37599

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia

Rahmi, T. (2013)“Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Fatima Kabupaten Tana Toraja,”Jurnal Manusia dan Kesehatan,1(3), hal. 11-21.

UPTD Puskesmas Simpang Rambutan (2018)Profil Kesehatan Tahun 2018.

Wismaningsih E.R. (2015) Hubungan Pelayanan Posyandu X Dengan Tingkat Kepuasan Lansia. Jurnal Wiyata, Vol. 2 No. 1, 2015. P-ISSN 2355-6498 |E-ISSN 2442-6555 https://scholar.google.co.id/citations?view_op=search_authors&hl=id&mauthors=label:administrasi_kebijakan_kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.