ANALISIS STRES KERJA TERHADAP SHIFT KERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP

Aris Citra Wisuda

Abstract


Latar belakang: Shift kerja merupakan sumber utama dari stres bagi tenaga kerja. Banyak keluhan akibat shift kerja seperti gangguan tidur, selera makan menurun, gangguan pencernaan dan kelelahan selama atau setelah bekerja pada shift malam. Shift kerja merupakan pilihan dalam pengorganisasian kerja untuk memaksimalkan produktivitas kerja sebagai pemenuhan tuntutan pasien. Meskipun memberikan keuntungan terhadap pasien, shift kerja dapat memberikan dampak negatif salah satunya adalah stress kerja. Tujuan: Penelitian ini  untuk mengetahui hubungan shift kerja perawat dengan stres kerja di Instalasi Rawat Inap. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif survey analitik melalui pendekatan desain cross sectional dengan chi square. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Rawat Inap pada tanggal 19 Maret sampai dengan 18 April tahun 2020. Sampel pada penelitian ini adalah perawat pelaksana di Instalasi Rawat Inap yang berjumlah 93 perawat, yang diambil dengan tehnik Random Assignment Sampling. Hasil: Penelitian ini menunjukkan distribusi frekuensi perawat lebih dari setengah mendapatkan jadwal shift pagi sebanyak 62,4%. Distribusi frekuensi perawat lebih dari setengah memiliki stres kerja ringan sebanyak 71,0%. Ada hubungan shift kerja perawat dengan stres kerja (ρ=0,000). Saran: Diharapkan hasil penelitian dapat menjadikan bahan evaluasi untuk perawat dalam upaya penurunan stres kerja dengan meningkatkan pelatihan tentang penerapan teknik relaksasi dan distraksi saat proses kegiatan kerja.

 

Kata Kunci: Shift Kerja, Stres Kerja


Full Text:

PDF

References


Adisu (2016) Hak Karyawan Atas Gaji dan Pedoman Menghitung. Jakarta: Forum Sahabat.

Aditama (2014) Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI Press.

Eryuda (2017) “Hubungan Shift Kerja Dan Kelelahan Kerja Dengan Stres Kerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung,” Jurnal Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tersedia pada: http://digilib.unila.ac.id/25275/.

Gibson, J. L., Donnely, J. H. dan Ivancevich, J. M. (2015) Perilaku Organisasi (Konsep, Kontroversi, dan Aplikasi). Jakarta: Prenhalindo.

Hidayat, A. A. (2014) Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ismafiaty (2014) “Hubungan Antara Strategi Koping dan Karakteristik Perawat dengan Stres Kerja di Ruang Perawatan Intensif Rumah Sakit Dustira Cimahi,” Jurnal Kesehatan Kartika, Stikes Jendral A. Yani, Cimahi 6(2). Tersedia pada: http://www.stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/filesx/2011/201112/201112-005.pdf

Ikrimadhani (2015) Perbedaan Tingkat Stres Kerja Antara Shift Pagi, Sore Dan Malam Pada Perawat Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono Boyolali. Naskah Publikasi. Surakarta: Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/34323/.

Labrague, L. J. (2016) “Filipino Nurses’ Job Stress of Nurses,” Clinical Nursing Research, 25(6), hal. 607–625.

Mumpuni dan Wulandari, A. (2014) Cara Jitu Mengatasi Stres. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nursalam (2013) Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Rahardjo (2014) “Kontribusi hardiness dan self-efficacy terhadap stress kerja (studi pada perawat rsup dr. soeradji tirtonegoro klaten),” Seminar Nasional PESAT (Psikologi, Sastra, Arsitektur dan Sipil) Human Capacity Development and The Nations Competitiveness, Universitas Gunadarma: Jakarta. 1, hal. 47-57. Tersedia pada: http://repository.gunadarma.ac.id/525/1/KONTRIBUSI%20HARDINESS%20DAN_UG.pdf.

Rahayu (2015) “Hubungan Antara System Reward Dengan Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di RSUD Sragen,” Jurnal Fakultas Ilmu Keperawatan Program Sarjana Reguler, Depok.

Ratnasari (2015) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Securindo Packatama Indonesia Pada Cabang RS. Santosa, Paskal dan BIP. JBPTUNIKOMPP Universitas Komputer Indonesia: Bandung. Tersedia pada: https://repository.unikom.ac.id/28251/.

Seth, K. (2016) “The Influence Of Training Programs On Career Aspirations: Evidence From A Cross-Sectional Study Of Nursing In India,” Human Resources for Health, 14(1), 1–11. Tersedia pada: https://doi.org/10.1186/s12960-016-0116-9.

Suhardjo (2013) Pengantar Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Susanti (2017) Hubungan Shift Kerja Dengan Kelelahan Pada Perawat Rawat Inap Di RSU Haji Medan. Skripsi. Sumatera Utara Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas. Tersedia pada: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/64887.

Widodo, H., Suryani, D. dan Wulandari, Y. (2014) “Hubungan Antara Beban Kerja, Stres Kerja Dan Tingkat Konflik Dengan Kelelahan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI,” Jurnal Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 3(3). Tersedia pada: http://journal.uad.ac.id/index.php/KesMas/article/ view/1107.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i2.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.