TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU PERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI)

Rhipiduri Rivanica, Karina Putri Dayanti

Abstract


Latar belakang: SADARI merupakan pemeriksaan payudara sendiri untuk mengetahui kemungkinan adanya kanker payudara/benjolan yang memungkinkan adanya kanker payudara. SADARI merupakan upaya untuk mendapatkan kanker payudara pada stadium yang lebih dini. SADARI sebaiknya dilakukan setiap bulan pada hari ke – 5 dan ke – 10 dari siklus menstruasi, dapat menghitung hari pertama haid sebagai hari 1 agar mencegah timbulnya rasa nyeri saat perabaan. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan perilaku periksa payudara sendiri (SADARI) pada remaja putri. Metode: Penelitian ini menggunaan metode kuantitatif dengan survey analitik. Desain penelitian ini adalah penelitian cross sectional dengan sampel yan diambil secara accidental sampling berjumlah 32 orang. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariate dengan uji Chi-Square . Hasil: Hasil uji Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan remaja putri dengan perilaku SADARI dengan p-value 0,681. Serta, Tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap remaja putri dengan perilaku SADARI dengan p-value 0,098. Saran: Dengan pengetahuan yang sudah baik, alangkah baiknya SADARI rutin dilakukan setiap bulan. Semakin sering dilakukan setiap bulan, diharapkan mahasiswi bisa memahami lebih matang lagi mengenai SADARI.

Kata Kunci: Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), Kanker Payudara


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013) Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Della et al. (2015) Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dengan Tindakan Sadari Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Mahasiswi Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Tahun 2015.

Departemen Kesehatan RI (2009) Buku Saku Pencegahan Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara. Jakarta : Bakti Husada

Departemen Kesehatan RI (2017) Cegah dan Kendalikan Kanker. Tersedia pada: http://www.depkes.go.id/article/print/17020200002/kementerian-kesehatan-ajak-masyarakat-cegah-dan-kendalikan-kanker.html (Diakses: 02 Februari 2017).

Erbil, N., Bolukbas, N. (2012). Beliefs, Attitudes, and Behavior of Turkish Women about Breast Cancer and Breast-Self Examination According to a Turkish Version of Champion Health Belief Model Scale. Asian Pasifi c Journal of Cancer Prevention. 13:5823-5828

Hanivah, D. (2016) “Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Paparan Media Informasi dengan Praktik Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Santriwati Pondok Pesantren Al Ishlah Tembalang Semarang Tahun 2016,” 4(4).

Hurlock, B. E. (2005) Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kemenkes RI (2019) Bulan Peduli Kanker Payudara. Jakarta: Infodatin.

Notoadmodjo, S. (2012) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. (2015) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Manuaba, I.B.G, dkk. 2010. “Ilmu Kebidanan, penyakit kandungan dan KB”. Jakarta: EGC.

Weldiani, Y. (2017) Hubungan Pengetahuan dan Kemampuan Periksa Payudara Sendiri (SADARI) dengan Stadium Kanker Payudara di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i2.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.