HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MINAT MELANJUTKAN PROFESI NERS MAHASISWA S1 KEPERAWATAN REGULER SEMERTER VIII

Maya Fadlilah, Tutri Komala

Abstract


Latar belakang: Untuk meningkatkan minat mahasiswa melanjutkan profesi ners dipengaruhi oleh dukungan orang tua. Dukungan orang tua merupakan salah satu kebutuhan dasar menurut Maslow yaitu kebutuhan dicintai dan mencintai. Dukungan orang tua bedampak positif pada harga diri, penurunan prilaku agresi, dan motivasi anak, sehingga anak bisa mencapai prestasi akademik yang baik. Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan profesi ners Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan menggunakan desain cross sectional, dengan jenis analisa data univariat dan bivariat, teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling berjumlah 71 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dukungan orang tua dengan minat melanjutkan profesi ners. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19-20 Maret 2018. Hasil: dari hasil penelitian didapatkan dukungan orang tua dengan kategori tinggi yaitu 50 responden (70,4%), minat melanjutkan profesi ners dengan kategori tinggi yaitu 44 responden (62,0%). Hasil uji Chi Square untuk hubungan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan profesi ners diperoleh nilai P value = 0,016. Saran: Institusi  meningkatkan pemahaman kepada orang tua mahasiswa terhadap pentingnya dukungan orang tua dengan peminatan mahasiswa melanjutkan profesi ners, melalui media informasi langsung kepada orang tua saat program pengenalan kampus serta surat edaran yang dikeluarkan oleh pimpinan institusi.

Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Minat, Profesi Ners


Full Text:

PDF

References


Budiono dan Pertami (2016) Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Bumi Medika.

Daryanto dan Tarno (2017) Pendidikan Orang Dewasa (POD). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dalyono (2007) Pesikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekspandono (2011) Gambaran Minat Mahasiswa SI Keperawatan Semester VII Melanjutkan ke Program Profesi Ners di UniversitasMuhammadiyah Surakarta. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/18386 (Diakses: 7 Januari 2018).

Fajar (2015) Hubungan Dukungan Keluarga, Pengetahuan dan Sikap Tentang Undang-Undang Keperawatan dengan Minat Melanjutkan Profesi Ners. Tersedia pada: http://repository.ump.ac.id/2560 (Diakses: 3 Januari 2018).

Fibrianti (2009) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikolog Universitas di Ponogoro Semarang. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/11710813.pdf (Diakses: 7 Januari 2018).

Hasbullah (2001) Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayah (2012) Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di Bumi 1 Lawean Surakarta. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/20355/13/NASKAH _PUBLIKASI_ILMIAH.pdf (Diakses: 7 Januari 2018).

Kemenkes RI (2017) Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK). Tersedia pada: http://www.depkes.go.id/resources/download/ pusdatin/infodatin/infodatin%20perawat%202017.pdf (Diakses: 5 Januari 2018).

Lestari (2012) Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.

Nirbito (2017) Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Prilaku Merokok pada Siswa di SD Negeri Danupayan Bulu Temanggung. Tersedia pada: http://repository.umy.ac.id (Diakses: 4 Januari 2018).

Notoadmodjo, S. (2012) Metodelogi Penelitan Kesehatan. Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam dan Ferry, E. (2016) Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Rieuwpassa (2015) Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri Sebagai Prediktor Motivasi Berprestasi Siswa di SMPN 4 Salatiga. (Diakses: 7 Januari 2018).

Sari (2016) Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Dukungan Keluarga Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak. (Diakses: 4 Januari 2018).

Setiadi (2013) Konse & Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutanto dan Fitriana (2017) Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi Praktik Keperawatan Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Slameto (2010) Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Wafak (2016) Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi mahasiswa semester akhir untuk melanjutkan prpfesi ners di Universitas Muhammadiyah Semarang. (Diakses: 4 Januari 2018).

Widyanto (2014) Keperawatan Komunitas dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yen, H.C., Tuan, H.L., dan Liao, C.H. (2011). “Investigating the influence of Motivation on Students’ Conceptual Learning Outcomes In Web-Basedvs.Classroom-Based Science Teaching Contexts”. Journal Research Science Education, 41:211–224.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v5i2.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.