ANALISIS PERILAKU REMAJA PUTRI TERHADAP PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) BERDASARKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP

Siska Delvia, Muhammad Hasan Azhari

Abstract


Latar Belakang: Kanker payudara merupakan masalah besar di Indonesia maupun di negara lain. Kanker payudara di Indonesia berada di urutan kedua sebagai kanker yang paling sering ditemukan pada perempuan, setelah kanker mulut rahim.Deteksi dini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk mengetahui secara dini adanya tumor atau benjolan pada payudara sehingga dapat mengurangi tingkat kematian karena penyakit kanker tersebut.Pemberian informasi yang jelas merupakan salah satu upaya untuk merubah perilaku seseorang dalam memberikan sikap yang positif. Tujuan: Untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dengan Perilaku Memeriksa Payudara Sendiri (SADARI) di SMA Kader Pembangunan Baturaja. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dimana data yang menyangkut variabel independen yaitu pengetahuan dan sikap serta variabel dependen yaitu perilaku memeriksa payudara sendiri (SADARI) diambil langsung dari siswi SMA Kader Pembangunan Baturaja. Dan diolah menggunakan uji statistik Chi-Square dengan α = 0,05 dan derajat kepercayaan 95%. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh remaja putri kelas XII yang tercatat di SMA Kader Pembangunan Baturaja. Hasil: Hasil penelitian diperoleh hubungan bermakna antara pengetahuan dengan perilaku memeriksa payudara sendiri dengan nilai p value 0,021 ≤ 0,05 serta ada hubungan bermakna antara sikap dengan perilaku memerika payudara sendiri dengan nilai p value 0,000 ≤ 0,05. Saran: Remaja putri diharapkan dapat lebih aktif dalam mencari informasi baik dari petugas kesehatan maupun media-media yang ada sehingga dapat menambah pengetahuan mengenai (SADARI), serta lebih sering melakukan SADARI untuk deteksi dini kanker payudara.

 

Kata Kunci: SADARI, Pengetahuan, Sikap, Perilaku


Full Text:

PDF

References


Al-Ma’arif, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. (2015). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Baturaja

Anggorowati, Lindra. (2013). Faktor Resiko Kanker Payudara Wanita. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Etwiory, Jeane; Pelealu; Tucunan, A. T. (2014). Hubungan antara Sumber Informasi dan Pengetahuan dengan Sikap Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Siswa Putri SMA Negeri 9 Manado.

Floreska, Amalia; Puspitaningrum, Dewi; Mulyanti, Lia. (2013). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Remaja Petri Terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Fibroadenoma Mammae di MA Sabilul Muttaqin Trimulyo Demak.

Linadi, KE. (2013). Dukungan Suami Mendorong keikutsertaan Pap Smear Pasangan Usia Subur (PUS) di Perumahan Pucang Gading Semarang.

Manuaba.(2010). Panduan Penatalaksanaan Kanker Solid Peraboi 2010. Jakarta : Sagung Seto

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nugrahini, Dewi S; Anna, Anastasia; Emiliyawati, Etika. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku SADARI pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran.

Nugroho, Taufan. (2011). ASI dan TUMOR PAYUDARA. Yogyakarta : Nuha Medika

Onggo, Ira T. (2011). 5 Penyakit Utama Pencabut Nyawa. Yogyakarta : Mitra Buku

Rumini, Sri; Sundari, S. (2012). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Rineka Cipta.

Simanullang, Poniyah. (2013). Efektivitas Pendidikan Kesehatan tentang SADARI terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Melaksanakan SADARI di Dusun Namorambe Kecamatan Namorambe. Jurnal.

Supriyantoro. (2013). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jurnal Kementerian Kesehatan Indonesia

Wawan, A; M, Dewi. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika

Widyastuti, A. (2013). Terapi Herbal Ragam Kanker Pada Wanita. Yogyakarta : FlashBooks




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v6i1.547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats