ANALISIS KEBIJAKAN TENTANG PROGRAM BINA KELUARGA BALITA HOLISTIK INTEGRATIF PADA POSYANDU DAN PAUD

Velly Violita, Dewi Suryanti, Dian Eka Anggreny

Abstract


Latar belakang: Sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana kelompok BKB Holistik terintegrasi pada Posyandu dan PAUD di Kota Pagar Alam masih kurang. Capaian kelompok BKB aktif dan keluarga balita aktif yang datang pada kegiatan Bina Keluarga Balita Holistik terintegrasi masih dibawah target BKKBN. Tujuan: untuk menganalisis pelaksanaan program BKB Holistik terintegrasi pada Posyandu dan PAUD. Metode: jenis penelitian kualitatif dan merupakan Studi kebijakan (Policy study) dengan menggunakan teori G.Edward III. Informan penelitian berjumlah 9 orang key informan 1 orang dan informan 8 orang. Penelitian dilakukan pada bulan juli. Tempat penelitian Talang Camai Kelurahan Selibar kecamatan Pagar Alam Utara. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, fokus grup discussion dan telaah dokumen. Analisa dilakukan sebelum, selama dan sesudah penelitian dilapangan. Hasil: penelitian pada komponen masukan seperti sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana belum sesuai dengan ketentuan. Komponen proses pada tim pokjanal belum maksimal dalam melaksanakan pembinaan, monitoring dan evaluasi. Komponen keluaran pada capaian kelompok BKB aktif dan keluarga aktif masih dibawah target standar minimal, rendahnya pengetahuan kader BKB dan orang tua balita terhadap program BKB Holistik terintegrasi pada Posyandu dan PAUD di Kota Pagar Alam. Saran: Merencanakan penganggaran APBD untuk BKB KIT dan Pelatihan tenaga Pendamping serta penggalangan dana Swadaya dari masyarakat kelurahan.

 

Kata kunci: Kebijakan, Pelaksanaan, Program BKB Holistik

Full Text:

PDF

References


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2019). Promosi dan KIE Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Jakarta : BKKBN.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2018). Program kerja Bina Keluarga Balita (BKB). Jakarta : BKKBN.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2015). Program Pendidikan Pelayanan Pendidikan Usia Dini (PAUD). Jakarta : Bappenas.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2017). Data Pengendalian Lapangan (Dalap BKKBN) keluarga yang mengikuti kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB). Jakarta : BKKBN.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2013). Pedoman Pelaksanaan Program Bina Keluarga Balita (BKB). Holistik Terintegratif. Jakarta : BKKBN.

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak. (2021). Data Bina Keluarga Balita (BKB) Holistik Integratif. Pagar Alam : DPPKBP3A.

Dinas Kesehatan. (2021). Data Pos Pelayanan Terpadu di Kota Pagar Alam. Pagar Alam : DINKES.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Data Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pagar Alam : Disdikbud.

Dunst, C. J., Espe-Sherwindt, M., & Hamby, D. W. (2019). Does capacity-building professional development engender practitioners’ use of capacity-building family-centered practices? European Journal of Educational Research, 8(2), 515-526.

Dunst, C. J., Hamby, D. W., Raab, M., & Bruder, M. B. (2017). Family socioeconomic status, ethnicity, acculturation and enculturation, and parent beliefs about child behavior, learning methods and parenting roles. Journal of Education and Culture Studies, 1(2), 99-122.

European Association on Early Childhood Intervention. (2019). Agora project: Developing early childhood intervention services through participation and co-production. Luxembourg: Author.

European Commons (2019). Adult education and training. In National education systems (Chapter 8). Luxembourg: Eurydice.

Gregg, K., Rugg, M., & Souto-Manning, M. (2011). Fostering family-centered practices through a family-created portfolio. School Community Journal, 21(1), 53–70.

Hariani. (2019). Capaian kelompok BKB aktif dan keluarga balita aktif. Solo.

Hu, X. Y., & Yang, X. J. (2013). Early intervention practices in China: Present situation and future directions. Infants & Young Children, 26(1), 4-16.

Kementerian Dinas dan Budaya. (2015). Pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI). Jakarta : Kemendikbud.

Mardiyono. (2018). Pengintegrasian BKB, Posyandu dan PAUD. Yogyakarta.

Muhammad Riyandi Firdaus. (2017). Tantangan implementasi kebijakan publik. Banjarmasin

Nores, M., & Fernandez, C. (2018). Building capacity in health and education systems to deliver interventions that strengthen early child development. Annals of the New York Academy of Sciences, 57-73.

Peraturan Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana (PERKA). (2018). Tujuan Pembangunan secara Nasional. Jakarta : PERKA.

Peraturan Presiden. (2013). Pengembangan Usia Dini Holistik Integratif. Jakarta ; PERPRES.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19. (2011). Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Pos Pelayanan Terpadu. Jakarta : PERMENDAGRI.

Profil Kecamatan Pagar Alam Utara, (2021). Latar Belakang berdirinya BKB HI Eforbia di Talang Camai. Kota Pagar Alam.

Pusat data dan informasi Departemen Kesehatan RI. (2011). Pedoman umum pengelolaan posyandu. Jakarta : Depkes RI.

Pemantauan Status Gizi. (2017). Prevalensi Balita Stunting di Indonesia. Jakarta : Kemenkes.

Putra, & Ishartiwi. (2016). Metode Cerita untuk meningkatkan kemampuan dasar memberikan perkembangan pendidikan bagi PAUD.

Riesmiyatiningdyah, R. (2020). Thenticate Report of Integrative Holistic Parenting Education Program (BKB) in Encouraging Children Creativity in Indonesia.

Rue, L.W. Byars, L.L., dan Rachman, F. (2015). Pengorganisasian pengelompokan organisasi dan penetapan penanggung jawab. Jakarta.

Surat Keputusan Walikota Pagar Alam. (2019). Tentang Kelompok Kerja Bina Keluarga Holistik Integratif. Pagar Alam.

Suherman Kusniadji. (2017). Metode Penyampaian Informasi Dalam model Komunikasi.https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49

Wijayanti. (2018). Kendala – kendala Bina keluarga Balita (BKB). https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/205/0

Wilkinson, & Kao . (2019). Kurikulum menunjang kemampuan dasar anak dengan mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Jakarta.

Webster dalam wahab. (2011). Implementasi Kebijakan Publik oleh George Edward III. Jakarta.

World Health Organization. (2019). Kualitas perkembangan balita Pada periode emas (golden periode) , WHO: Jakarta.

Wulandari, H., Supriyati, Y., & Jalal, F. (2018). Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development (PAUD HI). Int. J. of Multidisciplinary and Current Research, 6.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v6i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats