HIPNOTERAPI DAN TEKNIK NAFAS DALAM EFEKTIF MENURUNKAN TINGKAT STRESS MAHASISWA BARU PADA MASA COVID-19

Ribkha Itha Idhayanti, Ari Fugianti, Siti Chunaeni

Abstract


Latar Belakang: Stress takut dan cemas menjadi masalah utama pada masa pandemi COVID 19. Tingginya kematian karena COVID-19, Januari 2021 angka kematian  di Indonesia mencapai 29.518 orang, membuat banyak pihak berusaha memutuskan rantai penularan dengan berbagai cara, salah satunya dengan kuliah daring,  perubahan ini meningkatkan tingkat stress pada mahasiswa baru. Studi pendahuluan pada mahasiswa keperawatan di Kota Magelang 98% mereka menyatakan tidak siap menghadapi pembelajaran daring dan merasa stress makin meningkat. Masalah stres dapat diatasi dengan relaksasi napas dalam serta hipnoterapi. Tujuan: Untuk mengetahui tingkat penurunan stress mahasiswa baru pada masa pandemi COVID-19 menggunakan hipnoterapi dan teknik nafas dalam. Metode: Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan jenis quasi-experimental with pre-post design. Penelitian dilakukan di Magelang pada mahasiswa baru Sarjana Terapan Prodi Kebidanan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2021 dengan jumlah populasi 52 orang, dan teknik pengambilan sampel total sampling populations, didapatkan sampel 45 responden yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok hipnoterapi dan kelompok teknik nafas dalam. Kelompok hipnoterapi dan teknik nafas dalam diberi intervensi satu kali seminggu selama enam minggu. Penilaian kuesioner menggunakan Depression Anxiety Sress Scales (DASS). Hasil: Hasil penelitian hipnoterapi efektif menurunkan tingkat stress mahasiswa baru dengan p value 0,003 dan teknik nafas dalam efektif menurunkan tingkat stress 0,007. Saran: Disarankan tenaga pendidik ataupun di sekolah kesehatan untuk memberikan hipnoterapi ataupun teknik nafas dalam pada mahasiswa  yang melakukan pembelajaran daring sebagai usaha untuk menurunkan tingkat stress sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa.

                    

Kata Kunci: Hipnoterapi, Teknik Nafas Dalam, Tingkat Stress, COVID-19, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


American College Health Association. (2019). American College Health Association -National College Health Assessment II: Reference Group Executive Summary Spring 2019. In Silver Spring, MD (Vol. 12)

Christian, A. (2016). Hypnosis for Self Healing. Yogyakarta: Psikopedia

Daniel Hasibuan, M. T., & Mendrofa, H. K. (2019). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Stres Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Medan. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(1): 42–46. https://doi.org/10.35451/jkf.v2i1.240

Demİr, M., Çağrı, B., & Gökçe, T. (2018). The Effect of Self-Hypnosis on Exam Anxiety and Stress Among University Students. ARC Journal of Nursing and Healthcare, 4(1): 28–32. https://doi.org/10.20431/2455-4324.0401004

Elliya, Rahma., Yopita Sari., Eko Yudha Cristanto. (2021). Keefektifan Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Stres pada Lansia di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Natar Lampung Selatan. Malahayati Nursing Journal, 3(1)

Erisna, M., Runjati, R., Kartini, A., Azam, M., & Mulyantoro, D. K. (2020). The Impact of Maryam Exercise Towards the Stress Level and Cortisol Serum Level among Primiparous Pregnant Women. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 3(5): 598–607. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i5.338

Febtrina, R., & Malfasari, E. (2019). Efek Terapi Relaksasi Nafas Dalam dan Hipnosis 5 Jari Terhadap Penurunan Ansietas Pasien Heart Failure. Jurnal Ipteks Terapan, 12(4): 250. https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i4.3720

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3): 299–306

Hawari, D. (2019). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. 2nd ed. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Idhayanti, R. I., Rofiah, S. and Pusparani, L. (2019). Konseling dalam Upaya Menurunkan Kecemasan pada Wanita Perimenopause. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 2(1): 38–54

Idhayanti, R. I., Ayuningtyas, A., dan Siti, M. (2020). Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kecojevic, A., Basch, C. H., Sullivan, M., & Davi, N. K. (2020). The Impact of the COVID-19 Epidemic on Mental Health of Undergraduate Students in New Jersey, cross-sectional study. PLOS ONE, 15(9), e0239696

Kementerian Kesehatan. (2020). Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat Untuk Cegah Penularan Covid-19. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kountul, Y. P., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. C. (2018). Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas, 7(5): 1-7

Lai, J., Ma, S., Wang, Y., Cai, Z., Hu, J., Wei, N., Hu, S. (2020). Factors Associated With Mental Health Outcomes Among Health Care Workers Exposed to Coronavirus Disease 2019. JAMA Network Open, 3(3), e203976–e203976. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2020.3976

Marthaningtyas, Sintha Sari. (2012). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Penderita Gastritis Psikosomatis. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mustafid Amna Umary. (2018). Pengaruh Hipnoterapi pada Santriwati yang Menderita Psikosomatis di MA Muallimat NW Pancor. Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(1)

Nasuha, Widodo, D., & Widiani, E. (2016). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas dalam Terhadap Tingkat Kecemasan pada Lansia di Posyandu Lansia RW IV Dusun Dempok Desa Gading Kembar kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Jurnal Nursing News, 1(2): 53–62

Ngatwadi, Mutdasir, & Mulyadi. (2018). Perbedaan Efektifitas Pengaruh Hypnotherapy dan Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Nyeri Sendi pada Penderita Arthritis Rheumatoid. Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(1), 16–30

Nurwansyah. (2016). Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda

Perciavalle, V., Blandini, M., Fecarotta, P., Buscemi, A., Di Corrado, D., Bertolo, L., Coco, M. (2017). The Role of Deep Breathing on Stress. Neurological Sciences, 38(3): 451–458. https://doi.org/10.1007/s10072-016-2790-8

Rahmawati, M. N., Rohaedi, S., & Sumartini, S. (2019). Tingkat Stres dan Indikator Stres pada Remaja yang Melakukan Pernikahan Dini. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.17509/jpki.v5i1.11180

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 12(4): e7541–e7541. https://doi.org/10.7759/cureus.7541

Sekar, S., Ananda, D., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress pada Remaja Saat Pandemi Covid-19 dengan Teknik Self Talk. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 7(2): 248–256.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Tuwu, D., Abdullah, I., Sekar, S., Ananda, D., Apsari, N. C., Apriningtyas Budiyati, G., Ringroad Selatan, J. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Husada Mahakam . Jurnal Kesehatan, 7(2): 267. https://doi.org/10.35963/hmjk.v10i2.227

Verawaty, K. and Widiastuti, S.H. (2020). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas dalam Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Semester II dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester di Akademi Perawatan RS PGI Cikini. Jurnal Keperawatan Cikini, 1(1): 16-21. https://doi.org/10.55644/jkc.v1i1.26.

Wang, C., Pan, R., Wan, X., Tan, Y., Xu, L., Ho, C. S., & Ho, R. C. (2020). Immediate Psychological Responses and Associated Factors during the Initial Stage of the 2019 Coronavirus Disease (COVID-19) Epidemic among the General Population in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(5): 1729. https://doi.org/10.3390/ijerph17051729

WHO. (2020). Corona Virus Disease 2019.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v7i2.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats