KARAKTERISTIK PERAWAT TERHADAP WAKTU TANGGAP DALAM PENANGANAN KEGAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT

Neng Annis Fathia, Septi Viantri Kurdaningsih

Abstract


Latar Belakang: Instalasi Gawat Darurat merupakan gerbang pertama dalam memberikan pelayan yang efektif dan efisien pada pasien khususnya yang mengalami kondisi kegawatan. Salah satu indikator pelayanan yang efektif dan efisien adalah waktu tanggap perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dimulai dari pengkajian hingga evaluasi keperawatan sehingga pasien dalam kondisi kegawatan terhindar dari kecacatan dan kematian. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara karakteristik perawat terhadap waktu tanggap dalam penanganan  kegawatan pasien di Instalasi Gawat Darurat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di IGD RSUD Palembang Bari Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau total sampling dengan responden berjumlah 20 orang perawat. Analisis data menggunakan chi squere test untuk menganalisis data univariat dan bivariat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar checklist dan observasi. Hasil: Terdapat hubungan antara karakteristik perawat terhadap waktu tanggap dalam penanganan kegawatan pasien di Instalasi Gawat Darurat dengan tingkat kemaknaan p-value 0,00 ≤ α 0,05. Saran: Ketersediaan SDM dan sarana prasarana mempengaruhi kecepatan dalam pelayanan.

 

Kata Kunci: Waktu Tanggap, Penanganan, Kegawatan Pasien

Full Text:

PDF

References


Ashra, Fauzi, and Syafrina Amalia. (2016). Hubungan Karakteristik Perawat dengan Waktu Tanggap Penangganan Kasus Gawat Darurat di IGD Puskesmas Kumanis Kabupaten Sijunjung Tahun 2016.

Karokaro, Tati Murni, et al. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tanggap (Response Time) Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Grandmed. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), 2(2): 172-180

Kuryadinata, Resa Saputri, Meynur Rohmah, and Zahra Maulida Septimar. (2022). Hubungan Waktu Tanggap Pelayanan Kegawatdaruratan dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di Unit Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan Panrita Husada, 7(1): 16-27

Putra, Angga Kurniawan Marta, et al. (2022). Hubungan Waktu Tanggap (Respon Time) dengan Kepuasan Pelayanan Kegawatdaruratan pada Pasien Asma di Unit Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(2): 713-720

Rindorindo, Rocky P., Sri Murni, and Irvan Trang. (2019). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Gran Puri. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(4)

Rochani, Siti. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Lama Kerja dengan Waktu Tanggap Perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Adjidarmo Rangkasbitung. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP) 4(2): 221-229

Simandalahi, Tiurmaida, et al. (2019). Hubungan Response Time dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2)

Wiyadi, and Gajali Rahman. (2020). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tanggap pada Pasien Gawat Darurat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 10(1)




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v7i2.856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats