LITERATUR REVIEW: HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR

Lisneni Dewi

Abstract


Latar Belakang: Kualitas pelayanan mempunyai peran yang sangat penting terhadap kepuasan pelanggan. Pelanggan akan merasa puas apabila mereka mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik. Kualitas pelayanan yang baik akan mampu menciptakan kepuasan bagi konsumennya.    Tujuan: Penulisan Literature Review ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada anak Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini digunakan metode Literature Review dengan mengambil sumber data menggunakan database elektronik yaitu Google Scholar, Portal Garuda dan Pudmed. Artikel yang diterbitkan dari tahun 2014-2020. Setelah dilakukan seleksi dan diidentfikasi sesuai dengan kriteria inklusi, terdapat 10 artikel yang akan di review. Hasil: Terdapat 9 Artikel Ada hubungan signifikan antara Pengetahuan dan Sikap  dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan 1 Artikel tidak ada hubungan pengetahuan dengan Perilaku Hidup Bersih dan sehat terhadap anak sekoah dasar. Saran: Memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)


Full Text:

PDF

References


Bawole, Belliani B., Umboh, Jootje M.L., & Sumampouw, Oksfriani J., (2018). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Murid Sekolah Dasar Gmim 9 dan Sekolah Dasar Negeri Inpres Pinangunian Kota Bitung.

Chandra, Fauzan., Akhmad., & Aquarista, M. Febriza, (2017). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cerbon.

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta

Keswara, Umi Romayati., Wahyudi, Dian Arif., dan Sari, Wiwik Erni Puspita. (2019). Pengetahuan, Sikap dan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga.

Koem, Zitty A.R., Joseph, Barens & Sondakh, Recky C., (2015). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Pelajar di SD Inpres Sukur Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara.

Nasiatin, Titin , et al., (2020). The Roles of Health-Promoting Media In The Clean and Healthy Living Behavior of Elementary School Students.

Nasiatin T, Hadi IN. (2019). Determinan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Faletehan Heal J, 6(3):118-124. doi:10.33746/fhj.v6i3.111

Nurhaeda & Uki, Ermawati, (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa dengan Praktek PHBS di Sekolah Dasar 2 Inpres Lambunu Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Permenkes RI. No. 39, (2016). Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Proverawati & Rahmawati, (2012). Perilaku Hidup bersih dan Sehat. Nuha Medika

Raharjo, Ahmat Sigit & Indarjo, Sofwan, (2014). Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah pada Tempatnya.

Ratna, Wati. (2011). Pengaruh Pemberian Penyuluhan PHBS Tentang Mencuci Tangan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan pada Siswa Kelas V di SDN Bulukantil. Surakarta.

Sari Winda., Keloko, Alam Bakti., dan Syahrial, Eddy, (2014). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Cuci Tangan Pakai Sabun di Yayasan Perguruan Tut Wuri Handayani di Mabar Kecamatan Medan Deli

Sesanelvira , Achiroh Dinul Islam Meivi, Mulyono, Sigit & Sukihananto, (2019). Improving Food Safety Behavior Through Mind Map Methods In School-Age Children.

Sondakh, Renaldi S., Engkeng, Sulaemana & Tilaar, Christian R., (2016). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 112 Manado.

Tambuwun, Nieke Vinka., Rumayar, Adisti A., & Engkeng, Sulaemana. (2019). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Sekolah di SD Negeri 23 dan SD Negeri 56 Manado.

Tanjung, Nelson, (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Tindakan PHBS di SD Swasta Luther Kecamatan Siatas Barita Tapanuli Utara.

Parasyanti NKV, Yanti NLGP, Mastini IGAAP. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. J Akad Baiturrahim Jambi, 9(1):122. doi:10.36565/jab.v9i1.197

Watulangkow, Enggelin Chelin, Engkeng, Sulaemana & Rattu, Angelheart Joy Maynart, (2020). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Peserta Didik di SD Inpres Lemoh Minahasa.

Winarti, Cuti, (2020). Hubungan Pengetahuandan Sikap Tentang Sanitasi Dasar dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar Negeri Karangasem, Kecamatan Depok, Sleman Yogyakarta

Yuandra, Rio Ferdi & Br Ginting, Cintya Nathasa, (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar tentang Sanitasi Dasar dengan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SD Negeri 046579 Desa Lau Peranggunen Kabupaten Karo.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v7i2.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats