PENGARUH EDUKASI CUCI TANGAN DALAM PENCEGAHAN COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SD

Desi Ulandari, Rhipiduri Rivanica

Abstract


Latar Belakang: Angka positif covid-19 pada anak-anak terbilang kecil namun anak dapat menjadi carrier jika terpapar oleh virus tersebut,dan membahayakan bagi populasi rentan. Salah satu pencegahan penularan covid-19 dan penyakit menular lain adalah mencuci tangan dengan baik dan benar, Kesadaran akan pentingnya mencuci tangan dimulai dari pengetahuan cuci tangan itu sendiri. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi cuci tangan dalam pencegahan covid-19 terhadap tingkat pengetahuan siswa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen rancangan Desain Pre-Test Dan Post-Test Group Design, Jenis sampel yang diambil pada penelitian ini adalah purposive sampling,siswa mengikuti pre-test dan post-test, confidentiality. Jenis Analisa data pada penelitian ini mengunakan Uji T Dependen (Paired T-Test) dengan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Tempat penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Bhayangkari 1 Sat Brimobda Palembang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 18-27 November 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Sekolah Dasar Bhayangkari 1 Sat Brimobda Palembang yang berjumlah 176 anak dan Sampel adalah anak Kelas V berjumlah 33 anak. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil: Hasil Uji statistik didapatkan nilai p=value 0.000 < 0.05, ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuaan sebelum dan sesudah dilakukannya edukasi. Saran: Diharapkan seluruh masyarakat dunia tak lagi menjadikan rutinitas cuci tangan pakai sabun sebuah keterpaksaan, namun menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Cuci Tangan, Pencegahan Covid-19


Full Text:

PDF

References


CNN Indonesia. (2020). Update Corona 30 April: 10.118 Positif, 792 Meninggal Dunia.

Jacob Riley. (2019). The Effect of Health Education Hands in The Effort to Prevent The Transmission Covid-19. Carnaby Street, London

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Situasi Terkini Perkembangan Kasus Coronavirus Disease (COVID19). (https://covid19.kemkes.go.id/situasiinfeksiemerging/situasi terkin-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-23-maret-2021/)

Proverawati, A & Rahmawati. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika

Rohita. (2021). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan

World Health Organization. (2020). Corona Virus Disease 2019. (https://www.who.int/emergencies/diseases/novelcoronavirus-2019)




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v7i2.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats