PENGALAMAN LANSIA DALAM MENGATASI NYERI KEPALA PADA PENYAKIT HIPERTENSI

Abu Bakar Sidik

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang: Lansia dianggap mengalami hipertensi apabila tekanan tekanan darahnya lebih tinggi dari 160/90 mmHg. American Heart Association (AHA), penduduk Amerika yang berusia diatas 60 tahun menderita hipertensi telah mencapai angka hingga 74,5 juta jiwa, namun hampir sekitar 90-95% kasus tidak diketahui penyebabnya. Penelitian ini bertujuan: untukmengetahui pengalaman lansia dalam mengatasi nyeri kepala pada penyakit hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha  Palembang. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, terdiri dari 4 lansia dan 1 perawat pelaksana panti (perawat pelaksana) sebagai key informan, di pilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Keabsahan data dengan 3 carayaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Peneliti ini dilakukan pada tanggal 5 Novembe – 10 Desember tahun 2016. Penelitian ini dilakukan di salah satu Panti Sosial Trena Werdha provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian: hasilpenelitian ini di dapatkan bahwa pengetahuan lansia tentang pengertian hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor merokok dan gejalanya yaitu sakit kepala. Kejadian yang sering di alami selama hipertensi yaitu sakit kepala, respon saat lansia nyeri kepala yakni cemas, lamannya nyeri kepala yaitu 3 jam. Tindakan yang di lakukan lansia saat nyeri kepala yaitu dengan meminum obat, obat yang diminum yaitu captopril, dan terapi tradisional untuk mengatasi nyeri kepala yaitu kompres hangat. Saran: Kepada Panti Sosial Tresna Werdha untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan dan fasilitas khususnya memiliki klinik kesehatan dip anti untuk pemeriksaan rutin  kepada lansia, memperbanyak program edukasi penanganan mengatasi nyeri kepala kepada lansia.

 

Kata Kunci         : Nyeri, Lansia, Hipertensi

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, Muhamad. 2012.Medikal Bedah. Diva Press: Yogyakarta

Aspiani, Reni Yuli. 2014. Asuhan Keperawatan Gerontik Jilid 1. Trans Info Media: Jakarta

Dinkes, Kota Palembang . 2016 Profil Dinas Kesehatan Kota Palembang. http://www.dinkeskotapalembang.go.id.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Infodatin Hipertensi. (Online)www.depkes.go.id. di akses 6 September 2016

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. ISSN, 2008-270X. Semester I,2013. (Online) http://www.pusdatin.kemenkes.go.id.

Kristmas, Sheren dan Elysabeth 2014. Slow Deef Breathing Dalam Menurunkan Nyeri Kepala pada Penderita Hipertensi. (Online) http://dspace.library.uph.edu al.

Mubarak, Wahit Iqbal. 2012. Promosi Kesehatan untuk Kebidanan.Salemba Medika: Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatandan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta

Panti. 2016. Panti Tresna. Panti Sosial Tresna Werdha : Sumsel.

Pudiastuti, Ratna Dewi. 2013. Penyakit-Penyakit Mematikan.Nuha Medika: Yogyakarta.

Priyoto, 2015. NIC Dalam Keperawatan Gerontik. Salemba Medika: Jakarta

Rohima, Siti & Kurniasih, Eli. 2015. Pengaruh Kompres Hangat pada Paisen Hipertensi Esensial di Wilayah Kerja Puskes Kahurpian Kota Tasikmalaya. Vo.13 No 1 Februari 2015. (Online) http://www.ejurnal.stikes-bth.ac.iddi akses pada hari kamis tanggal 23 September 2016 jam 11:30 WIB.

Saputra, Dr. Lyndon. 2013. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Bina Rupa Askara: Jakarta.

Setiawan, dan dkk. 2014. Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Pada Leher Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Kepala Pada Pasian Hipertensi Di Rsud Tugurejo Semarang. (Online)www.pmb.stikestelogorejo.ac.iddi akses pada hari Minggu tanggal 9 Agustus 2016 jam 9:25 WIB.

Utomo, Prasetio Tri. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Upaya Pencegahan Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia Di Desa Blulukan Kecamatan Colomad KabupatenKarang Anyar(Online)www.eprints.ums.ac.addi akses hari senin pada tangga 10 September 2016 jam 13.15 WIB.

Wijaya, Andra Saferi dan Putri, Yessie Mariza. 2013. Keperawatan Medikal Bedah Jilid 1. Nuha Medika: Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.