APLIKASI HIGIENE SANITASI MAKANAN DI KANTIN LINGKUNGAN STIK PALEMBANG

M Akib

Abstract


Latar balakang: Makanan merupakan kebutuhan utama manusia. Untuk menjamin keamanan makanan, prinsip higiene dan sanitasi makanan yang terdiri dari faktor tempat atau bangunan, peralatan, orang/ penjamah makanan dan bahan makanan perlu diperhatikan. Tujuan: untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip higiene sanitasi makanan di kantin di Lingkungan STIK Bina Husada Palembang tahun 2016. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan survei deskriptif untuk menganalisis penerapan higiene sanitasi makanan berdasarkan persyaratan tenaga kerja, makanan, peralatan, tempat pengolahan makanan, dan penyimpanan di Lingkungan STIK Bina Husada Palembang tahun 2016. Hasil: didapatkan persyaratan tenaga kerja sesuai 6% karena belum dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pelatihan higiene sanitasi makanan terhadap para pekerja; persyaratan makanan sesuai 62% karena pengolahahan makanan masih kontak langsung dengan tubuh, waktu tunggu makanan lebih dari 4 jam; persyaratan peralatan sesuai 23 % karena belum ada alat keselamatan kerja, peralatan tidak langsung dicuci setelah dipakai, penyimpanan peralatan belum terbebas dari debu dan serangga; persyaratan tempat sesuai 36 %, karena masih terdapat sudut mati antara dinding dengan lantai, sumber air yang belum cukup aman; persyaratan penyimpanan mencapai 37% karena penyimpanan makanan kering belum terpisah antara makanan kering dan basah, belum adanya penyimpanan makanan yang bersuhu 0°C.  Penerapan Higiene Sanitasi Makanan di kantin lingkungan STIK Bina Husada Palembang secara keseluruhan sesuai hanya 32 % sehingga tidak sesuai dengan PERMENKES No. 1096/MENKES/PER/VI/2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga, dimana pencapaian Higiene Sanitasi Makanan di suatu usaha jasaboga harus mencapai pencapaian lebih atau sama dengan 83 %. Saran: Disarankan agar memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pekerja di kantin tentang higiene sanitasi makanan, melakukan pemeriksaan kesehatan pada pekerja secara berkala setiap 6 (enam) bulan sekali, mengawasi proses pengolahan makanan dikantin, dan menunjuk penanggung jawab khusus untuk memantau kesehatan pekerja di kantin.

 

Kata Kunci : Higiene Sanitasi, Makanan

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia. Jakarta.

Andriani, Mewi. 2010. Analisis Aplikasi Higiene Sanitasi Makanan di Instalasi Gizi Rumah

Sakit Umum Daerah Palembang Bari ahun 2009. Pusat Kajian Bina Husada. Palembang.

Depkes RI. 2014. Kumpulan Modul Kursus higiene Sanitasi Makanan dan Minuman

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Handoko. 2008. Statistik Kesehatan Belajar Mudah Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kesehatan (Plus Aplikasi Software Spss). Mitra Cendikia Press. Yogyakarta.

Malaka, T. 2010. Dasar- dasar Higiene Sanitasi Makanan. Bahan Ajar kuliah Mahasiswa Pasca Sarjana STIK Bina Husada, Palembang.

Malaka T., dan Baktiansyah, 2004. Supervisi Higiene dan Sanitasi Kantin. Pusat Kajian Bina Husada. Palembang

Marriot, Norman G. 2010. Essential of Food Sanitation. Polytechnic institute and state university. London.

Mubarak,W, I. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Salemba Medika. Jakarta.

Ningsih, Riyan. 2014. Higiene Sanitasi Makanan Dan Minuman, Serta Kualitas Makanan Yang Dijajakan Pedagang Di Lingkungan Sdn Kota Samarinda. Jurnal Kesmas - Volume 10 No 1. Semarang.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

PERMENKES Nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011. 2011. Higiene Sanitasi Jasaboga. Depkes RI. Jakarta.

Prasetyaningsih A., dkk, 2005. Pengetahaan, Sikap dan Ketrampilan Penjamah Mahanan yang Diberi Pelqtiltan Keamanan pangan di Instalasi Gizi RS. Jantung Harapan Kita. Iwnal Gizi Klinik Indonesia Artikel-Juli 2005, Vo1.2, No. 2

Purnawijayanti, H. 2009. Sanitasi, Higiene dan Keselamatan Kerja dalam Pengolahan Makanan. Kanisius. Yogyakarta.

Rauf, Rusdin. 2013. Sanitasi Pangan dan HACCP. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.18 Tahun 2012.

Yulianto, Atun dan Nurcholis. 2015. Penerapan Standard Higienes Dan Sanitasi Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Food & Beverage Departement @Hom Platinum Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu - Volume 6 No 2. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v9i1.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats