HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN KERJA PERAWAT DENGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN

Risma Nuril Erwanindyasari, Supratman Supratman

Abstract


Latar Belakang:  Rumah sakit merupakan  tempat yang memberikan bantuan atau jasa terkait layanan kesehatan yang dilihat berdasarkan visi misi dan tujuan yang sudah ditetapkan bersama. Kepuasan kerja memperlihatkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya, yang dinyatakan dalam sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang ditemuinya di lingkungan kerjanya. Mutu pelayanan keperawatan dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya tingkat profesionalisme dan keterampilan yang dimiliki oleh perawat.Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan kerja perawat dengan mutu pelayanan keperawatan. Metode Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif koleratif dengan kuantitatif di RSUD Moewardi Surakarta. Responden yang diteliti berjumlah 125 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis univariat dan bivariat (spearman). Hasil: Mayoritas perawat di rumah sakit melaporkan tingkat kepuasan kerja yang tinggi, seperti yang ditunjukkan oleh survei 53%. Sebagian besar perawat termasuk dalam kategori baik kategori baik ditinjau dari mutu pelayanan keperawatan yaitu 92%. Dengan menggunakan Spearman, hasil analisis hubungan tingkat kepuasan kerja perawat dengan mutu pelayanan keperawatan diperoleh p = 0,001 (<0,05) yang berarti Ha diterima, artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja perawat dengan mutu pelayanan perawatan. Saran: Perawat harus lebih memperhatikan aspek-aspek kepuasan kerja dan lebih meningkatkan mutu pelayanan keperawatan agar lebih memadai.

 

Kata kunci :  Kepuasan Kerja, Mutu Pelayanan Keperawatan


Full Text:

PDF

References


Ariani, D.D. (2021) “Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Unit Rawat Inap Vip Rumah Sakit Kharitas Bhakti Pontianak,” Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 12(1), hal. 31–38. Tersedia pada: https://doi.org/10.54630/jk2.v12i1.131.

Choraria, Pragati, Rajguru, S. (2021) “Jurnal Pikiran yang Menyala Journal of Advances and Scholarly Researches in Allied Education ( JASRAE ),” kemajuan dan penelitian ilmiah pendidikan sekutu, 18.

Fachrurrozi, A., Prayogo, D.A. dan Mulyanti, D. (2023) “Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literatur Review,” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 2(1), hal. 123–134.

Habibi, A.H., Hakim, F.H. dan Azizi, F.S. (2020) “Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh,” Jurnal JKFT, 4(2), hal. 11–21.

Herlina, E. dan Mashuri, H. (2019) “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Yang Berdampak Pada Mutu Layanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsud Arjawinangun Kabupaten Cirebon,” Jurnal Ekonomi Manajemen, 14(3), hal. 33–39.

Lee, M.A. dan Yom, Y.H. (2007) “A comparative study of patients’ and nurses’ perceptions of the quality of nursing services, satisfaction and intent to revisit the hospital: A questionnaire survey,” International Journal of Nursing Studies, 44(4), hal. 545–555. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2006.03.006.

Nurjaman, I., Setiawan, A. dan Setiawati (2023) “Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Slamet Garut,” Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic, 3(4), hal. 183–195.

Rahmaniah, L., Rizany, I. dan Setiawan, H. (2020) “Hubungan Penjadwalan Dinas Perawat dengan Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap,” Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 3(1), hal. 29. Tersedia pada: https://doi.org/10.32584/jkmk.v3i1.554.

Saverus (2019) “hubungan kepuasan kerja perawat,” Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), hal. 1–19.

Widodo, P., Sulisno, M. dan Suryawati, C. (2020) “Pengaruh Penerapan Perilaku Syariah Dalam Pelayanan Keperawatan, Beban Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit,” Link, 16(1), hal. 23–30. Tersedia pada: https://doi.org/10.31983/link.v16i1.5596.

Wolo, P.D., Trisnawati, R. dan Wiyadi (2017) “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Pada RSUD TNI AU Yogyakarta,” Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(2), hal. 25–34.

Zakiah, N. et al. (2020) “Hubungan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional Perawat di Rumah Sakit Prikasih Jakarta,” Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 16(1), hal. 55. Tersedia pada: https://doi.org/10.24853/jkk.16.1.55-67.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v16i1.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats