HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI PADA BALITA USIA 6-24 BULAN

Septi Viantri Kurdaningsih

Abstract


Latar belakang: Gizi pada anak merupakan peranan penting agar tumbuh kembang anak menjadi optimal. Status gizi anak dapat dilihat dari makanan yang dikonsumsinya terutama pada anak yang mulai diberikan makanan pendamping ASI. Tujuan: diketahuinya hubungan pemberian makanan pendamping ASI dengan status gizi pada pada balita usia 6-24 bulan di salah satu Puskesmas di Kabupaten Muara Enim tahun 2018. Metode:  Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 6-24 bulan yang berjumlah 36 responden, tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisa data meliputi univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil: Berdasarkan uji statistik didapatkan  hubungan yang signifikan antara pemberian makanan pendamping ASI dengan status gizi (p value = 0.032). Kesimpulan: Ada hubungan yang bermakna pemberian makanan pendamping ASI dengan status gizi. Disarankan untuk ibu yang mempuyai balita hendaknya memberikan makanan pendamping ASI secara tepat dengan asupan gizi yang cukup supaya anaknya memilki status gizi yang baik, untuk penelitian lebih lanjut dapat menambahkan faktor lain seperti dukungan keluarga dan sosial ekonomi keluarga dengan jumlah sampel yang lebih besar.

Kata kunci : Makanan Pendamping Asi, Status Gizi


Full Text:

PDF

References


Afriyani, R., Malahayati, N., & Hartati, H. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Wasting pada Balita Usia 1-5 Tahun di Puskesmas Talang Betutu Kota Palembang. Jurnal Kesehatan, 7(1), 66-72.

Agustin, K., & Utami, U. 2017. Hubungan Ketepatan Pemberian Mp-Asi Dengan Kejadian Anemia Pada Batita Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tasikmadu. Jurnal Ilmiah Maternal, 2(2).

Dinas Kesehatan Kota Palembang. 2018. Profil Data Status Gizi Balita Kota Palembang Tahun 2017. Palembang : Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. 2018. Profil Data Status Gizi Balita Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2017. Palembang : Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Kementerian Keseharan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Keseharan RI.

Kementerian Keseharan RI. 2015. Buku Saku Pemantauan Status Gizi dan Indikator Kinerja Gizi Tahun 2015. Jakarta :Kementerian Keseharan RI

Kementerian Keseharan RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Maelana, S., & Putri, H. A. (2017). Hubungan Ketepatan Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mp-Asi) Dengan Kejadian Diare Pada Bayi Usia 0-12 Bulan Di Puskesmas Umbulharjo I (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Masuku-Maseko, S. K. S., & Owaga, E. E. 2012. Child malnutrition and mortality in Swaziland: situation analysis of the immediate, underlying and basic causes. African Journal of Food, Agriculture, Nutrition and Development, 12(2), 5994-6006.

Nurhayati, S., SB, T. W. A., & Gizi, S. K. M. 2018. Hubungan Praktik Pemberian Makanan Pendamping Asi (MP ASI) dengan Status Gizi Baduta di Kelurahan Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Prayitna A, Asrol U. 2014. 1000 Hari Pertama Kehidupan. Jakarta: PT Erex Media Komputindo.

Putri, R. F., Sulastri, D., & Lestari, Y. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1).

Wilujeng, C. S., Sariati, Y., & Pratiwi, R. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Makanan Pendamping Asi Terhadap Berat Badan Anak Usia 6-24 Bulan Di Puskesmas Cluwak Kabupaten Pati. Majalah Kesehatan FKUB, 4(2), 88-95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.