HUBUNGAN PENGETAHUAN TERHADAP SIKAP WANITA USIA SUBUR TENTANG INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT

Atma Deviliawati

Abstract


Latar Belakang: Kanker serviks dianggap sebagai salah satu penyakit paling mematikan bagi kaum hawa. Kedatipun demikian, kesadaran dan pengetahuan mengenai bahaya kanker serviks masih sangat rendah. Permasalahan yang muncul di masyarakat disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat serta rumor dan informasi yang belum jelas membuat seseorang tidak ingin melakukan skrining atau deteksi dini. Tujuan: untuk mengetahui hubungan pengetahuan terhadap sikap wanita usia subur tentang deteksi dini kanker serviks menggunakan IVA tes .Penelitian ini dilakukan pada tanggal 09 sampai 21 Juli 2018 di wilayah kerja puskesmas 23 ilir palembang dengan jumlah sampel 100 orang. Metode: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  bersifat survei analitik dengan desain crros seccsional dan dianalisis dengan uji chi square. Hasil: didapatkan Ada hubungan pengetahuan terhadap sikap Wanita Usia Subur Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks Menggunakan IVA Test, dengan  p value sebesar 0.05 dan nilai OR sebesar 3,444. Saran: Puskesmas 23 Ilir untuk melakukan kerja sama dengan instansi pendidikan bidang kesehatan untuk melakukan sosialisasi langsung kemasyarakat melalui kunjungan rumah, serta membentuk kader-kader program deteksi dini, sehingga wanita usia subur termotivasi dan dapat berperan aktif dalam program deteksi dini kanker serviks.

 

Kata Kunci : IVA, Pengetahuan, Sikap


Full Text:

PDF

References


Afriansi dan Rahayu, 2013, Pengaruh Pendidikan kesehatan kanker serviks terhadap pengetahuan tentangdeteksi dini kanker serviks di wilayah kerja puskesmas sirah pulau padang OKI tahun 2013. Jurnal Maternitas Bina Husada Vol 1 No.2 Desember 2013.

Dinkes Provinsi Kalimatan Selatan, 2016, Lawan Kanker. Diakses melalui dinkes.kalselprov.go.id

Dinkes Kota Palembang, 2017, Profil kesehatan Kota Palembang tahun 2016. diakses http://dinkes.palembang.go.id.

Hidayati, 2017. Hubungan pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Kanker Serviks dengan Prilaku Pemeriksaan IVA Di Puskesmas Mlati I. Program Studi Bidan Pendidik.

Yogyakarta. Naskag Publikasi.

Infodatin, , 2015. Stop Kanker. Situasi Penyakit Kanker. Hal 1. Diakses melalui www.Depkes.go.id

Kemenkes RI, 2017. Kementrian Kesehatan Ajak Masyarkat Cegah dan Kendalikan Kanker. 02 Februari 2017. Diakses melalui www.Depkes.go.id.

Kemenkes RI, 2017. Pedoman Kanker Serviks. PNPK. Komite Penanggulangan Kanker Nasional. Diakses melalui Kanker.Kemkes.go.id.

Kumalasari & Andhyantoro, 2013, Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Salemba medika, Jakarta.

Kusmiran, 2014. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika. Jakarta

Lestari, 2016. Hubungan Pengetahuan dan Sikap WUS dengan Prilaku Melakukan Pemeriksaan IVA Di Kelurahan KotabaruWilayah Kerja Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta. Naskah Publikasi.

L

iputan 6, 2017, Dua Alasan wanita Enggan Tes IVA Guna Deteksi Dini Kanker Serviks. Diakses melalui. http;//liputan6.com

Mubarak, 2007. Promosi kesehatan. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Marmi, 2013. Kesehatan Reproduksi. Cetakan pertama. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Media Indonesia.2018, Deteksi Dini Kanker Masih Jauh Dari Target. Diakses melalui m.mediaindonesia.com.

Notoadmodjo, 2012, Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni . Jakarta. Rineka Cipta.

Nugroho dan Setiawan,2010. Kesehatan Wanita Gender dan permasalahnnya. Cetakan I. Nuha Medika. Yogyakarta.

Noviana dan Wilujeng, 2014. Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan. Cetakan Pertama. CV Trans Info Media. Jakarta Timur.

Ratnasari dan Kartika, 2015. Hubungan Antara Pengetahuan Mengenai Kanker Serviks Terhadap Keikutsertaan Pada Program Deteksi Dini Kanker Serviks Di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. SAINTEKS. Volume XII No.2, Oktober 2015 (60-70).

Rasjidi, 2008, Manual Prakanker Serviks. Jakarta. CV Agung Seto

Suciati, 2015. Komunikasi Interpesonal Sebuah Tujuan Psikologis Dan Perspektif Islam.Yogyakarta. Mata Padi Presindo.

Sugiyono, 2016. Metode Penlitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-23 April 2016. Alfabeta. Bandung.

Susanti, 2011. Faktor –Faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya Kunjungan Infeksi Visual Asam Asetat (Iva) Di Wilayah Kerja Puskesmas Halmahera Kecamatan Semarang Timur Tahun 2010. Diakses melalui digilib.unnes.ac.id

Tilong, 2012. Bebas Dari Ancaman Kanker Serviks Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Ganas Mematikan Bagi Kaum Wanita. Yogyakarta. Flashbook

Peraturan Menteri Kesehatan, 2015. Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim. nomor 34 tahun 2015. Diakes melalui ditjenpp.kemenkumham.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.