GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PERUBAHAN PSIKOLOGIS MASA KEHAMILAN

Ilustri Ilustri

Abstract


Latar belakang: Masa kehamilan akan terjadi berbagai perubahan pada ibu, baik secara fisiologis maupun psikologis. Perubahan tersebut sebagian besar adalah karena pengaruh hormon. Pengaruh perubahan hormon yang berlangsung selama kehamilan juga berperan dalam perubahan emosi, membuat perasaan jadi tidak menentu, konsentrasi berkurang dan sering pusing. Hal ini menyebabkan ibu merasa tidak nyaman selama kehamilan dan memicu timbulnya stress. Tujuan: untuk mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perubahan Psikologis Kehamilan di BPM Fauziah Hatta Palembang. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perubahan Psikologis Kehamilan.  Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di BPM Fauziah Hatta Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilan di bidan praktek mandiri (BPM) Fauziah Hatta yaitu didapatkan 32 orang. Hasil: hasil univariat didapatkan distribusi frekuensi Pendidikan 68,8% ibu hamil berpendidikan SMA, distribusi frekuensi Paritas 87,5% ibu hamil memiliki jumlah anak lebih dari tiga atau disebut juga grandemultipara, distribusi frekuensi pengetahuan ibu hamil pada trimester I 59,3% ibu memiliki pengetahuan rendah, distribusi frekuensi pengetahuan ibu hamil pada trimestesr II 53,1% berpengetahuan tinggi, distribusi frekuensi pengetahuan ibu hamil pada trimester III yaitu 53,1% berpengetahuan rendah. Saran: tenaga kesehatan diharapkan memberikan konseling atau lefleat kepada ibu hamil agar dapat menambahkan wawasan atau pengetahuan ibu hamil selama masa kehamilan.

 

Kata kunci: Pengetahuan, Ibu hamil, Perubahan Psikologis

Full Text:

PDF

References


Asrinah, Shinta, S.P., Dkk. 2010. Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Barata, P. 2010. Solusi Cerdas Mengatasi Cemas. Surabaya : ST Book.

Goetzl. 2013. Kehamilan Diatas 35 Tahun Cetakan 1. Jakarta : Dian Rakyat.

Handayani, R. 2015. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan menjelang persalinan pada ibu primigravida trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Ners Jurnal Keperawatan.

Hawari. 2016. Manajemen Stress Cemas Dan Depresi. Jakarta :FKUI.

Janiwarty, B & Pieter, H.Z. 2013. Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu teori dan Terapannya. Yogyakarta : Rapha Publishing.

Manuaba, I.B.G, dkk. 2007. Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta : EGC.

Manuaba, dkk. 2009. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta : EGC.

Mezy, B. 2016. Manajemen Emosi Ibu Hamil. Yogyakarta : Serambi Semesta.

Notoatmodjo, S. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rieneka.

Prawiroharjo, S. 2008. Ilmu Kebidanan. Jakarta : PT. Bina Pustaka.

Rahmawati, L & Ningsih, M.P. 2017. Gambara Pengetahhuan Ibu Hamil Tentang Perubahan Psikologis Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Pariaman. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 8 No.1 hlm.1-9. Padang : Poltekkes Kemenkes Padang.

Rinata, E & Andayani, A. 2018. Karakteristik Ibu dan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan Vol.16 No.1 April 2018. Sidoarjo, Jawa Timur : MEDIASAINS.

Riksani, R. 2013. 203 Tanya Jawab Seputar Kehamilan cetakan 1. A. Muhammsd, Adhi & Latif, (ed). Jakarta : Dunia Sehat.

Rumondang, M.M. 2015. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Kunjungan Kehamilan di Puskesmas Padang. Medan : STIKes Sumatera Utara.

Varney, Helen. 2006. Buku Ajar Asuhan Kebidanan (Edisi 4). Jakarta : EGC.

Wijaya, Andik. 2004. 55 Masalah Seksual yang ingin anda ketahui tapi “tabu” untuk ditanyakan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.