PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Sundari Sundari, Eka Joni Yansyah, Handry Darusalam

Abstract


ABSTRAKLatar Belakang: Sekolah merupakan institusi pendidikan yang menjadi target perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sebagian besar penyakit yang sering diderita anak usia sekolah berkaitan dengan PHBS. Kurangnya pelaksanaan PHBS di lingkungan sekolah dapat menyebabkan dampak lain yaitu kurang nyamannya suasana belajar akibat lingkungan kelas yang kotor, menurunnya prestasi dan semangat belajar siswa, serta dapat membuat citra sekolah menjadi buruk. Pemberian pemahaman tentang nilai-nilai PHBS sejak dini sangat diperlukan di sekolah. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan menggunakan media film animasi terhadap pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat di madrasah ibtidaiyah darul ulum kecamatan buay pemaca kabupaten OKU Selatan Metode: Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas III -V di madrasah ibtidaiyah darul ulum yang berjumlah 45 siswa siswi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi pretest dan posttest, analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil: Nilai mean pengetahuan siswa sebelum diberikan penyuluhan (pre test) adalah 3.51. Pada pengukuran kedua didapat mean pengetahuan siswa setelah diberikan penyuluhan (post test) adalah 6.84 Hasil uji statistik paired t test didapatkan P Value 0,000, artinya ada perbedaan yang signifikan pengetahuan siswa antara sebelum diberikan penyuluhan (pre test) dan setelah diberikan penyuluhan (post test). Saran: Agar secara rutin mengadakan penyuluhan kesehatan dengan menggunakan media edukatif seperti film animasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang PHBS secara berkelanjutan.  Kata kunci : Penyuluhan, Media Film Animasi, Perilaku

Full Text:

PDF

References


Bur. (2020). Laporan Hasil Riskesdas Tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Chandra, P., Wahyuni, S., & Hasanah, U. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, R. A., & Kurniawan, H. (2023). Pengaruh Media Animasi terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 123–130.

Hestiyantari, D. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah. Jurnal Promkes, 8(1), 25–32.

Hidayat, R., & Putri, M. A. (2023). Efektivitas Media Edukasi Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang PHBS. Jurnal Media Kesehatan, 12(1), 10–17.

Julianti, R., Sari, D. N., & Nasution, A. N. (2020). Strategi PHBS di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesehatan Siswa. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 6(2), 55–61.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.

Lestari, S., Handayani, T., & Wulandari, D. (2023). Penggunaan Video Animasi dalam Peningkatan Kesadaran Cuci Tangan pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan Anak, 4(1), 19–25.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Proverawati, A., & Misaroh, S. (2021). Pentingnya PHBS dalam UKS untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Sekolah. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 9(3), 78–84.

Puspitasari, D., Laili, R. N., & Hidayah, N. (2022). PHBS sebagai Strategi Meningkatkan Derajat Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Promosi Kesehatan Sekolah, 5(1), 45–52.

Sari, A. P., & Ramadhan, F. (2023). Audiovisual Media dan Dampaknya terhadap Perubahan Perilaku PHBS pada Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Kesehatan, 11(2), 76–84.

Wuryanti, U., & Sulastri, D. (2016). Penilaian Media Video Animasi sebagai Alat Bantu Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(1), 34–41.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v17i1.1359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats