PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bur. (2020). Laporan Hasil Riskesdas Tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.
Chandra, P., Wahyuni, S., & Hasanah, U. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi, R. A., & Kurniawan, H. (2023). Pengaruh Media Animasi terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 123–130.
Hestiyantari, D. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah. Jurnal Promkes, 8(1), 25–32.
Hidayat, R., & Putri, M. A. (2023). Efektivitas Media Edukasi Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang PHBS. Jurnal Media Kesehatan, 12(1), 10–17.
Julianti, R., Sari, D. N., & Nasution, A. N. (2020). Strategi PHBS di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesehatan Siswa. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 6(2), 55–61.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.
Lestari, S., Handayani, T., & Wulandari, D. (2023). Penggunaan Video Animasi dalam Peningkatan Kesadaran Cuci Tangan pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan Anak, 4(1), 19–25.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Proverawati, A., & Misaroh, S. (2021). Pentingnya PHBS dalam UKS untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Sekolah. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 9(3), 78–84.
Puspitasari, D., Laili, R. N., & Hidayah, N. (2022). PHBS sebagai Strategi Meningkatkan Derajat Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Promosi Kesehatan Sekolah, 5(1), 45–52.
Sari, A. P., & Ramadhan, F. (2023). Audiovisual Media dan Dampaknya terhadap Perubahan Perilaku PHBS pada Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Kesehatan, 11(2), 76–84.
Wuryanti, U., & Sulastri, D. (2016). Penilaian Media Video Animasi sebagai Alat Bantu Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(1), 34–41.
DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v17i1.1359
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.