ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RS X

Betty Kartika Sari, Arie Wahyudi, Chairil Zaman

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan kefarmasian komponen penting dalam sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berkontribusi langsung terhadap kualitas layanan dan kepuasan pasien. Tingkat kepuasan rendah mencerminkan adanya kekurangan dalam aspek komunikasi, ketepatan waktu, ketersediaan obat, maupun sikap tenaga farmasi. Analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian diperlukan untuk meningkatkan mutu layanan keselamatan pasien. Tujuan: Mengetahui analisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RS X. Metode: Desain penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 61.388 responden, dengan sampel 100 responden yang berkunjung. Metode pengambilan sampel dalam penelitian secara purposive sampling. Penelitian di laksanakan tanggal 27 April-10 Mei 2025. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil analisa uji statistik  dengan menggunakan uji statistik Chi-Square dan regresi logictic. Hasil: Tidak ada hubungan bermakna antara umur (p-Value 0,542), jenis kelamin (p-Value 1,000), pendidikan (p-Value 0,066) dengan kepuasan pasien rawat jalan. Ada hubungan bermakna antara tangible (p-Value 0,000), empaty (p-Value 0,033), reliability (p-Value 0,000), responsivess (p-Value 0,000) , assurance (p-Value 0,000), communication (p Value 0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan. Dengan variabel yang paling dominan adalah variabel assurance (OR 9,915). Saran: Diharapkan pihak RS Dr.H.Mohamad Rabain meningkatkan kepercayaan pasien melalui penyediaan informasi yang jelas, pelayanan yang konstisten, serta kompetensi dan keramahan petugas farmasi. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Andriani, M., at al (2022). Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Langit Golden Medika Sarolangun. Indonesian Journal of Pharmaceutical (e-Journal), 2(1), 10-20. https://doi.org/10.37311/ijpe.v2i1.13247

Ardiansyah, A., at al. (2022). Hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSIA Tiara Fatrin Palembang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(2), 152-158. https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/kesmas

Bisnis, F., at al (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Model Pengujian Dengan Variabel Mediasi Kusjainah 1) Inon Listyorini 2) 1). Telaah Bisnis, 16(1), 17–30.

Diki, M., at al (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan. 4(2), 2580-2259. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11606

Efriani, L., at al. (2022). Hubungan Karakteristik SosiodemografiTerhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian di Apotek X Kabupaten Cirebon. Borneo Journal of Pharmascientech. 6(2). 2541-3651

Fadhilah, at al (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. INOVASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 11(1), 150-163.

Fajrin, N., at al. (2024). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Warung Gunung dan Puskesmas Baros Tahun 2023. Jurnal Farmasi Lampung.

Govinda, P., at all. (2024). Analisa Kepuasan Pasien Poli Rawat Jalan RSIA Prima Qonita Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. 6(9), 3765-3776.

Hariani, B., at al. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Lahat Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(2), 447–367. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i2.702.

Herlina, Y., at al. (2024). Hubungan pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Madani Palu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14 (1). 26-31.

Hidayah, N., at al (2024). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 6300-6308. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37178.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 80 Tahun 2020 tentang Komite Mutu Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Manajemen Obat di Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat untuk Pelayanan Publik.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Visualisasi Data SKI 2023: Penggunaan Antibiotik Tanpa Resep Dokter. Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Profil kesehatan indonesia 2023. Kementrian Kesehatan RI. http://kemkes.go.id

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-11, Jilid 1). Jakarta: PT Indeks.

Nadhira, K., (2023). Hubungan Komunikasi Tenaga Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit I.A Moeis Kota Samarinda.

Nefia, O.2022. Analisis Kepuasan Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Kebidanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Norfai, SKM., M.Kes. (2022). Analisis Data Penelitian (Analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat). Penerbit Qiara Media.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi ke-5). Jakarta: Salemba Medika. ISBN: 978-602-6450-44-9.

Novi, I. S., Nurhaya, S.P., (2024). Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Pasien di puskesmas Pontoloan, Kota Palu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(3), 226-237.

Ovalina Sylvia Br. Ginting , Amanda Putri Lestari , Robiatun Rambe, (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Resep di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tentara Binjai. Jurnal Dunia Farmasi, 8(3), 225-238.

Palongko,S. O. S., Naid, T., Mirawati, (2024). Analisis Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Dengan Kualitas Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Makasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 7293-7302.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L.L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Pratiwi, M., Syamsuri, E, Putri, D.K., & Yulianti. (2023). Hubungan pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien rawat jalandi Puskesmas Naningan Kabupaten Tanggamus Tahun 2023. Jurnal ilmu kefarmasian. 5(2). 170-177.

Republik Indonesia. 2023. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Rahmadi, A. (2023) Profil Sebaran Antibiotik Berdasarkan Klasifikasi Aware dan Potensi Resistensi Antimikroba di Indonesia. Indonesia Journal of Pharmacuetical Education, 3(2), 45-53.

Rosyidi, I., Sudarta, W., & Susilo, E. (2020). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan (Cetakan Pe). Gosyen Publishing.

Sitanggang, H. S., Dakhi, R.A., Gultom, R., Nababan, D., & Singa, L. R. (2024). Hubungan kepuasan pasien rawat jalan dengan persepsi mutu pelayanan di instalasi farmasi RSUD Hadrianus Sinaga. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 8 (3). 4975-4989.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih.D., Dulahu. W., Y. Fitriani. A., M. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Berdasarkan Jenis Kelamin dan Pekerjaan di Puskesmas Paleleh Kabupaten Buol. Jurnal Keperawatan Sumba. 2(2). https://doi.org/10.31965/jks. v2i22.1417

Uchi, F, T., Suhaldi. Lade, A., K. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pada Pasien Rawat Jalan di RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. 3(3). 123-131

Wulandari, A. R. C., Rachmawaty, R., Ilkafah, & Erfina. (2021). Patient satisfaction towards healthcare quality in Indonesian Public Hospital. Enfermería Clínica, 31, S745–S750. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2021.09.006

Yumesri, at al. (2024). Etika dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Genta Mulia. 15(2). 63-69. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Yunita,Y., (2024). Analisis Kepuasan pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah (RSD) Besemah Kota Pagar Alam. Jurnal Ners, 9(1), 667-675.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v17i1.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats