KINERJA DAN LINGKUNGAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN

Miming Oxyandi

Abstract


Latar belakang: Kinerja perawat dalam pemberian asuhan keperawatan dapat dipengaruhi salah satunya oleh faktor tingkat organisasi rumah sakit seperti lingkungan kerja perawat. lingkungan kerja mempunyai peranan penting untuk kelancaran proses dalam melakasanakan tugas, serta salah satu penyebab dari keberhasilan dalam melaksanakan asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana. Tujuan: untuk mengidentifikasi dan menganalisi faktor-faktor yang berhubungan antara lingkungan kerja perawat pelaksana dengan penerapan asuhan keperawatan rumah sakit. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini berjumalah 83 perawat pelaksana. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Proportionate Random Sampling, Besaran sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 responden. Analisa data yang digunakan analisa univariat dan analisa bivariate dengan uji chi squer. Hasil: Secara kumulatif kinerja perawat pelaksana dalam melaksanakan asuhan keperawatan hanya Intervensi keperawatan yang mencapai standar Depkes RI 75 % yaitu dengan nilai pencapaian (75.5%). sedangkan analisa bivarianya Ada hubungan antara lingkungan kerja dengan kinerja perawat pelaksana dalam melaksanakan asuhan keperawatan dengan nilai p value 0.030 dan responden yang mempunyai lingkungan kerja yang baik mempunyai peluang 3.393 kali lebih besar mempunyai kinerja yang baik dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Saran: Penelitian ini merekomendasikan perlu mengembangkan kebijakan terhadap upaya evaluasi penerapan asuhan keperawatan dan lingkunag kerja di rumah sakit, begitu juga evaluasi terhadap penerapan standar praktek keperawatan serta faktor yang mempengaruhinya.

 

Kata kunci : Kinerja, Lingkuangan Kerja, Pelaksanaan Asuhan Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Alhasanah, N. H. (2016). Gambaran kinerja Perawat Berdasarkan Beban Kerja di Instalasi Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan, Skripsi. PKM Universitas Islam Negeri Syarif Hiday.

Depkes. (2015b). Pelepasan Indonesia ke Jepang. http://www.depkes.go.id/article/view: Depkes RI.

Doenges, M. (2011). Penerapan Proses Keperawatan dan Diagnosa Keperawatan. (EGC). Jakarta.

Efendi, F. dan M. (2015). Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ghofar. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening, Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Herwyndianata, D. (2013). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Penerapan Standar Asuhan Keperawatan Di Unit Rawat Inap RSU Anutapura Palu, Tesis. PSIK Universitas Hasanudin Makassar.

Marquis, BL & Huston, C. (2010). Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan. Teori & Aplikasi Edisi 4 Penerbit Buku Kedokteran.

Mulyadi. (2008). Kinerja Perawat Berdasarkan Komitmen pada Organisasi dan Lingkungan Kerja Perawat, Tesis. Magister Keperawatan Universitas Indonesia.

Muzzammil. (2014). Analisis Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat RSUD Petala Bumi Pekanbaru. Jurnal Jom Fekom, 1(No. 2), Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Nursalam. (2014). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

PPNI. (2004). Standar Praktek Keperawatan. Jakarta: Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). https://doi.org/10.12691/ajnr-1-1-3

PPNI. (2010). Standar Profesi dan Kode Etik Perawat, Jakarta. Persatu Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

PPNI. (2016). Perubahan Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Perawat Indonesia, Dewan Pengurus Pusat.

PPNI. (2017). Pedoman Praktek Keperawatan Mandiri, Jakarta: Dewan Pengurus Pusat PPNI.

Robbins. (2015). Organizational behavior (Edisi 16). San Diago State University : Prentice Hall.: PT. Indeks.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Simanjuntak, P. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Triwibowo. (2013). Manajemen Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit (Trans Info). Jakarta.

Wirdah, H., & Yusuf, M. (2016). Penerapan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Bandar Aceh, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas .

Yoga. (2014). Pengaruh Stress Kerja, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Yunanda. (2012). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Perum Jasa Tirta I Malang Bagian Laboratorium Kualitas Air). Skripsi. Program Studi Manajemen. Universitas Brawijaya Mala


Refbacks

  • There are currently no refbacks.