PENGARUH KOMPRES DINGIN TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PEMASANGAN INFUS PADA ANAK PRA SEKOLAH

Asih Fatriansari

Abstract


Latar Belakang: Pemasangan infus menyebabkan nyeri, nyeri yang tidak ditangani dengan segera berdampak pada aktivitas anak, dan kesulitan berkomunikasi pada orang lain karena terfokus pada nyeri yang dirasakan oleh anak tersebut. Lebih dari 60% pasien yang masuk ke rumah sakit mendapat terapi pemasangan infus. Kompres dingin merupakan salah satu tekhnik nonfarmakologi yang dapat mengurangi nyeri disebabkan prosedur pemasangan infus. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompres dingin terhadap penurunan skala nyeri pemasangan infus pada anak pra sekolah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan pendekatan posttest only control design, dengan menggunakan uji Mann Whitney pada analisis bivariatnya. Responden pada penelitian ini adalah adalah seluruh anak usia pra sekolah di IGD RS Bhayangkara Palembang, yang  berjumlah 30 orang responden. Penelitian telah dilakukan pada tanggal 12 – 26 Desember 2018. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata skor nyeri kelompok kontrol adalah 3 dan rerata skor nyeri pada kelompok intervensi adalah 4, dan p value: 0,011. Saran: Maka dari itu perlu ditetapkan SOP tehnik kompres dingin untuk mengurangi nyeri pemasangan infus.

 

Kata kunci      :  Anak pra sekolah, Kompres dingin, Nyeri


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmadi. (2008), Konsep Dasar Keperawatan : EGC

Indriyani, P., Hayati, H., & Chodidjah, S. (2013). Kompres dingin dapat menurunkan nyeri anak usia sekolah saat pemasangan infus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(2), 93-100.

Kyle, Terry., & Carman, Susan (2014) . Buku Ajar Keperawatan Pediatri edisi 2. Jakarta: Buku kedokteran, EGC.

Laksmi, I. G. A. P. S., Suryati, N. M., & Yanti, N. L. G. P. (2018). Pengaruh Kompres Dinginterhadap Tingkat Nyeri Saat Pemasangan Infus Pada Anak Usia Sekolah. Bali Medika Jurnal, 5(2), 56-67.

Price, S.A. & Wilson, L.M. (2006). Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Jakarta : EGC.

Sherwood, L. (2012). Fisiologi Manusia : Dari Sel ke Sistem. Jakarta : EGC

Ramdaniati, S. Hermaningsih, S. Muryati. (2016) . comparison study of art theraphy and play therapy in reducing anxiety on pre-school children who experience. Hospitalization open journal of nursing 6, 46-52.

RS. Bhayangkara Palembang, (2018). Profil 2018

Widyaningsih, T. S., & Aini, D. N. (2018). Perbandingan Efektifitas Penggunaan Emla dan Kompres Dingin terhadap Tingkat Nyeri Anak Usia Sekolah saat Tindakan Pungsi Vena Di Ruang Dahlia RSUD H Soewondo Kendal. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIK), 11(2).

Wong, Donna L, 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Alih Bahasa Agus sutarna dkk. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.