PENATALAKSANAAN KEJADIAN DISMENOREA BERDASARKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWI

Putinah Putinah

Abstract


Latar belakang: Setiap wanita memiliki pengalaman menstruasi yang berbeda-beda. Sebagian wanita mendapatkan menstruasi tanpa keluhan, namun tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan menstruasi disertai keluhan sehingga mengakibatkan rasa ketidaknyamanan berupa dismenorea. Dismenorea merupakan nyeri perut bagian bawah yang terkadang rasa nyeri tersebut meluas hingga ke pinggang, punggung bagian bawah dan paha. Bagi setiap remaja putri yang akan memasuki masa menstruasi diharapkan memiliki informasi yang jelas tentang menstruasi serta keluhan yang timbul dan cara mengatasinya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap mahasiswi dengan penatalaksanaan dismenorea di STIK Siti Khadijah Palembang Tahun 2018. Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional deskriptif dengan metode studi korelasi, sampel penelitian ini adalah mahasiswi yang telah mengalami dismenorea di STIK Siti Khadijah Palembang, teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, instrumen dalam penelitian menggunakan kuisioner. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 20 Oktober tahun 2018 dengan jumlah responden sebanyak 59 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square. Hasil: Dari uji statistik menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan mahasiswi dengan penatalaksanaan dismenorea dengan nilai p value=0,011 dan ada hubungan yang bermakna antara sikap mahasiswi dengan penatalaksanaan dismenorea dengan nilai p value=0,005. Saran: Diharapkan STIK Siti Khadijah Palembang dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap mahasiswi terhadap dismenorea dengan cara memberikan penyuluhan kesehatan ataupun melalui pemasang poster-poster tentang dismenorea.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Dismenorea


Full Text:

PDF

References


Anurogo dan Wulandari. 2013. Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Penerbit ANDI: Yogyakarta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

Burhani, Fania. 2012. Buku Pintar Miss V: Cara Cerdas Merawat Organ Intim Wanita. Araska : Yogyakarta.

Kurniawati, dkk. 2011. Pengaruh Dismenore Terhadap Aktivitas Pada Siswi SMK. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Indonesia.

Laila. 2011. Buku Pintar Menstruasi + Solusi Mengatasi Segala Keluhannya. Penerbit Buku Biru: Jogjakarta.

Luluk Sosiloningtyas. 2017. Hubungan Pengetahuan Remaja Puteri Tentang Dismenorea Dengan Sikap Penangganan Dismenorea. Embrio Jurnal Kebidanan Vol. X No.I Mei 2018.

Manuaba. 2008. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Penerbit Buku Kedokteran: EGC.

Mimatun Nasiah. 2017. Hubungan Pengetahuan Remaja Puteri Usia 13-15 Tahun Tentang Dismenorhoe Dengan Sikap Dalam Penangganan Dismenorhoe. Program Studi DIII Kebidanan Universitas Islam Lamongan.

Notoatmodjo. 2010. Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

---------------. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

---------------. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Ed. 4. Jakarta : Salemba Medika.

Paramita, Dyah Pradnya. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Dismenorea dengan Perilaku Penanganan Dismenorea Pada Siswi Smk Ypkk I Sleman Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Proverawati, A & Misaroh, S. 2009. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta : Nuha Medika.

Purwani, Herniyatun, Isma Yuniar. 2010. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Dismenore Dengan Sikap Penanganan Dismenore Pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 1 Petanahan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Jurusan Keperawatan STiKes Muhammadiyah Gombong.

Purnamayanthi, P. I. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Siswi SMA Kelas XI tentang Menstruasi dengan Perilaku Penanganan Dismenorrhea. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 1(1).

Safitri, M., Wangi, G., & Rahmawati, N.2012. Hubungan pengetahuan remaja putri tentang dismenore dengan upaya penanganan dismenore.

Sri Maryati. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Dengan Penatalaksanaan Dismenorea Pada Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Qomar PalembangTahun 2013. Skripsi Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Palembang. Tidak dipublikasikan.

Sukarni, I & Margareth. 2013. Kehamilan, Persalinan, dan dilengkapi dengan Patologi. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sulistina, Dewi Ratna. 2009. Hubungan Pengetahuan Menstruasi Dengan Perilaku Kesehatan Remaja Puteri Tentang Menstruasi Di SMPN I Trenggalek. Program Studi DIV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Utami, V. W., & Prastika, M. (2015). Hubungan Pengetahuan Tentang Dismenore Dengan Perilaku Pencegahannya Pada Remaja Putri Kelas X dan XI di SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun 2014. Jurnal Kebidanan Malahayati, 1(1).

Wianti, A., & Pratiwi, G. C. (2018). Hubungan pengetahuan dengan perilaku penanganan dysmenorhea pada siswi kelas x di SMK Negeri 1 Kadipaten. Jurnal kampus stikes ypib majalengka, 6(13), 1-10.

Widyastuti, Rahmawati dan Purnamaningrum. 2010. Kesehatan Reproduksi. Penerbit Fitramaya: Jakarta.

Wijayanti, A., Refirman, D. J., & Rahayu, S. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Sikap dalam Penatalaksanaan Dismenore Primer pada Remaja Putri di SMAN 58 Jakarta. Biota, 10(1), 54-68.

Zurhayati, Taufik Ashar, Lina Tarigan. 2016. Faktor Predisposing, Enabling, Reinforcing Terhadap Kualitas Pengendalian Nyeri Pada Remaja Mengalami Dismenorea. Jurnal Endurance Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.