HUBUNGAN SHIFT KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP TINGKAT KELELAHAN KERJA PERAWAT

Helsy Desvitasari

Abstract


Latar belakang:  Perawat sebagai garda terdepan layanan kesehatan di Indonesia, tidak sedikit turut andil dalam meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia. Beragam pelayanan dapat dilakukan oleh perawat, sehingga mampu berkontribusi dalam keberhasilan penurunan angka kematian. Kelelahan kerja adalah gejala yang berhubungan dengan penurunan efisiensi kerja, keterampilan, kebosanan, serta peningkatan kecemasan. Kata “lelah” memiliki arti tersendiri bagi setiap individu dan bersifat subjektif. Dampak dari kelelahan kerja adalah prestasi kerja menurun, badan terasa tidak enak, semangat kerja menurun, dan menurunkan produktivitas kerja. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan shift kerja dan beban kerja terhadap tingkat kelelahan kerja perawat Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumalh 40 orang responden yang terdiri dari dua ruang rawat inap kelas III RSI Siti Khadijah Palembang pada bulan Agustus-Oktober 2017 dengan alat ukur menggunakan kuesioner serta dianalsis dengan melalui SPSS 17. Hasil: Berdasarkan analisis didapatkan bahwa ada hubungan shift kerja dengan tingkat kelelahan kerja perawat (ρ=0,010) dan ada hubungan beban kerja dengan tingkat kelelahan kerja perawat (ρ=0,041). Saran: perlunya dibuat suatu kebijakan terkait dengan pengembangan karir perawat yang berdasarkan kompetensi dan kinerja agar mereka tetap termotivasi dalam bekerja walaupun dengan beban kerja yang tinggi.

 

Kata Kunci : Shift Kerja, Beban Kerja, Kelelahan Kerja


Full Text:

PDF

References


Aditama. 2014. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Aiska, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Tingkat Stres Kerja Perawat di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Astuti, L. Y., Hudhariani, R. N., & Agusman, F. (2013). Hubungan Shift Kerja dan Lama Jam Kerja Dengan Beban Kerja Perawat di Ruanf Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Ambarawa. Semarang: Stikes Karya Husada Semarang

Astuti 2015. Hubungan shift kerja dan lama jam kerja dengan beban kerja perawat di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Ambarawa.

Baiduri. 2015. Peran Perawat dalam Pembangunan Kesehatan Bangsa. Didapatkan dari : http://www.kompasiana.com. Diakses Tanggal 28 April 2017

Hidayat.2013. Analisis Pengaruh Shift Kerja terhadap Beban Kerja pada Pekerja di P.T. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk.

Kasmarani, M. K. (2012). Pengaruh beban kerja fisik dan mental terhadap stres kerja pada perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Cianjur. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 1(2).

Marquis dan Huston. 2014. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Ediisi 3. Jakarta. Salemba Medika

Putri. 2015. Perbeedaan Tingkat Kelelahan sAntara Shift Pagi, Sore dan Malam Pada Perawat Rawat Inap di RS PKU Aisyiyah Boyolali. Naskah Publikasi. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setyawati. 2013. Hubungan Shift Kerja Dengan Gangguan Tidur Dan Kelelahan Kerja Perawat Instalasi Rawat Darurat RS DR. Sardjito Yogyakarta. Sains Kesehatan vol 19(2). Pp. 235-245

Sukma. 2013. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. Prestasi Pustaka

Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Manajemen Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press

Widyasari. 2014. Hubungan antara Kelelahan Kerja dengan Stres Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Islam Yarsis Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Widodo Hariyono, Dyah Suryani, Yanuk Wulandari 2009. Hubungan antara beban kerja, stres kerja dan tingkat konflik dengan kelelahan kerja perawat di rumah sakit islam Yogyakarta PDHI Kota Yogyakarta. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 3(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.