KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA SISWI SMK BERDASARKAN USIA MENARCHE, INDEKS MASA TUBUH DAN SIKLUS MENSTRUASI
Abstract
Latar balakang: Dari data World Health Organization (WHO) didapatkan kejadian sebesar 1.769.425 (90%) jiwa wanita yang mengalami dismenore, Berdasarkan data National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) di Indonesia angka kejadian dismenore tipe primer adalah sekitar 54,89% sedangkan sisanya adalah penderita dismenore sekunder.Tujuan: ini untuk mengetahui hubungan antara usia menarche, indeks masa tubuh dan siklus menstruasi dengan kejadian dismenore pada siswi program studi farmasi kelas X di SMK ‘Aisyiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan Metode: Survey deskriptif dengan pendekatan “cross sectional”. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dengan α (0,05). Penelitian ini dilakukan pada bulan 01 Januari – 30 Maret 2019. Hasil: diketahui bahwa distribusi frekuensi responden dismenore ringan sebanyak 30 (53,6%) responden, dismenore sedang sebanyak 21 (37,5%) responden, dismenore berat sebanyak 5 (8,9%) responden 22 responden (73,3%). Tidak ada hubungan usia menarche (p value = 0,620), indeks masa tubuh (p value = 0,094) dan siklus menstruasi (p value = 0,251) dengan kejadian dismenore pada siswi kelas X program studi Farmasi di SMK ‘Aisyiyah Pelembang. Saran: Diharapkan bisa menjadi masukkan dalam memberikan pendidikan kesehatan reproduksi terutama mengupayakan pencegahan dan penanganan dismenore.
Kata kunci : Dismenore, usia menarche, indeks masa tubuh, siklus menstruasi
Full Text:
PDFReferences
Astuti. W, dkk. 2016. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas ibu Hamil di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. RAKERNAS AIPKEMA 2016“Temu Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Colti S. Gamelia E. Haryadi B. 14-20. Analisis Kualitas Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2014;10(1).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil [Internet]. Jakarta, Indonesia: Dirjen Bina Gizi dan KIA- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;2014.Availablefrom:https://kesga.kemkes.go.id
Khafidzoh A., Rahfiludin M.Z.,Kartsurya M.I., Hubungan Keikutsertaan kelas ibu hamil dengan perilaku ibu dalam perawatan masa nifas. Jurnal Kesehatan Masyarakat. FKM Undip. Volume 4 No.3
Lucia S., Purwandi A., Pesak E., 2015. Pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan tentang persiapan persalinan. Jurnal Ilmiah Bidan. Volume 3 No.1
Masrul. 2018. Profil kepemilikan dan tingkat pengetahuan ibu-ibu tentang buku KIA di Kabupaten Padang Pariaman. Majalah Kedokteran Andalas. Volume 42 No.2; 50-55
Notoatmodjo, 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Pertiwi R., Suyatno., Dharminto. 2017. Hubungan Keikutsertaan kelas ibu hamil dan dukungan sosial keluarga dengan perilaku pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu. Jurnal Kesehatan Masyarakat. FKM Undip. Volume 5 No.4
Sasnitiari. N, dkk. 2017. Hubungan keikutsertaan ibu dalam kelas ibu hamil dengan pengetahuan dan sikap terhadap tanda bahaya dalam kehamilan di Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 8(2), 2017: 175-185
DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v11i1.261
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.