KEJADIAN DISMENOREA BERDASARKAN USIA MENARCHE DAN RIWAYAT IBU DISMENOREA PADA SISWI KELAS X

Neni Riyanti, Anita Widia

Abstract


Latar belakang: menstruasi merupakan salah satu tanda bahwa seorang perempuan telah memasuki usia pubertas. Dismenorea ini menyebabkan rasa nyeri perut bagian bawah, yang menyebar menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai.  Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia menarche dan riwayat ibu dismenorea dengan terjadinya dismenorea pada siswi kelas X. Metode: Penelitian ini di lakukan di SMK ‘Aisyiyah Palembang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018. Menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil: diketahui bahwa distribusi frekuensi terdapat kejadian dismenorea sebanyak 44 (73,3%) responden, yang mengalami menarche normal sebanyak 34 (56,7%) responden, yang memiliki ibu dengan riwayat disminorea sebanyak 35 (58,3%) responden. Ada hubungan antara menarche (p value 0,009 < 0,05) dan riwayat ibu dismenorea ((p value 0,023 < 0,05) dengan terjadinya dismenorea pada siswi kelas X di SMK ‘Aisyiyah Farmasi Palembang. Saran: Diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi siswi dan tenaga pengajar untuk menambah wawasan dan pemahaman mengenai disminorea sehingga dapat mengatasi disminorea secara mandiri seperti memberikan kompres pada daerah perut.

 

Kata Kunci: Dismenorea, menarche, riwayat dismenorea ibu


Full Text:

PDF

References


Aditiara BE, (2018). Hubungan antara usi menarche dengan dhisminorrhea primer tahun 2018. e prints. Ums. Ac.id (online).

Alimul, Hidayat Azis (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Tenik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Afiyanti Yati dan Pratiwi Anggi (2016). Buku Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan. Cetakan ke-1. Jakarta : Kharisma Putra Utama Offset,: 87-88.

Asma’ulludin, Abdul Karim (2016). Kejadian Dismenorea Berdasarkan Karakteristik Orang dan Waktu Serta Dampaknya Pada Remaja Putri SMK dan Sederajat Di Jakarta Barat Tahun 2015. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Februanti, Sofia (2017). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Penanganan Dismenorea di SMPN 9 Tasikmalaya. (Online) Volume 17, No. 1, (Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada),: 157-165.

Marmi (2014). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Murtiningsih, (2015). Penurunan nyeri disminorhea primer melalui kompres hangat pada remaja. Jurnal keperawatan Padjadjaran Vol. 3 No.2 Tahun 2015.

Notoatmodjo, S (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Putrie, Clarasarie Hamella (2014). Hubungan Antara Tingkat Pengtahuan , Usia Menarche, Lama Menstruasi dan Riwayat Keluarga Dengan Dismenorea Pada Siswi di SMP N 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. (Online) Program Studi Kesmas Fakultas Ilmu Kesehatan Univ Muhammadiyah Surakarta.

Ratnawati, Ana (2018). Buku Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press,: 145-156.

Rosanti, A (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian disminorhea pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran Kab. Semarang Tahun 2017. Universitas Ngudi Waluyo Ungaran .

Sukarni, I.K & Wahyu, P (2013). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sugiono, (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sulistyorini, Suci, dkk (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Dismenorea Primer Pada Siswi SMA PGRI 2 Palembang. (Online) Volume 5, No. 1,: 223-231.

Suryati, (2012). Perilaku kebersihan remaja saat menstruasi. In Health Quality ( Vol.3,PP.54-55) Jakarta: EGC

Trihono, (2014). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 78.

Wahyuni R, (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan nyeri menstruasi (Disminorhea) pada remaja putri di beberapa SMA di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Maternity and Neonatal Volume 1, No 4 Tahun 2014. (online)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.