PERSEPSI PERINGATAN GAMBAR BAHAYA MEROKOK PADA KEMASAN ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA LAKI-LAKI

Dewi Rury Arindari, Susi Suryani Agustina

Abstract


Latar belakang: Perilaku merokok pada remaja merupakan peringatan dari berbagai macam masalah yang dapat terjadi pada masa datang. Prevelensi perokok di dunia mencapai 1,3 miliyar jiwa dari total penduduk usia remaja, sedangkan persentase perokok remaja laki-laki aktif di Provinsi Sumatra Selatan diketahui sebanyak 31,7% dari total populasi remaja laki-laki dengan jumlah rata-rata rokok yang dihisap adalah 12 batang perhari. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk hubungan persepsi peringatan gambar bahaya merokok dengan perilaku merokok remaja laki-laki. Metode: Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan total sampling yaitu sebanyak 60 remaja laki-laki Karang Taruna Desa Kemang Kabupaten Muara Enim pada bulan Juni sampai Desember 2018. Uji spearman rank digunakan untuk uji analisa bivariat. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik ditemukan tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara persepsi peringatan gambar bahaya merokok dengan perilaku merokok remaja laki-laki Karang Taruna dengan p value = 1,000. Saran: Dari hasil penelitian diharapkan orang tua lebih meningkatkan pengawasan terhadap perilaku anak usia remaja terutama perilaku merokok yang dapat berdampak pada masa depan generasi bangsa.

 

Kata kunci : Persepsi, Gambar Bahaya Merokok, Perilaku Merokok dan Remaja


Full Text:

PDF

References


Aswin. (2018). Hubungan Antara Persepsi terhadap Gambar dikotak Rokok dengan Intensi Merokok Pada Perokok Pemula di Kota Samarinda. Diakses pada 20 Juni 2018.

Dinas Kesehatan Kota Palembang. (2017). Pusat Data dan Informasi. Palembang: Dinkes Kota Palembang.

Diyono. (2016). Hubungan Persepsi terhadap Label Peringatan Bahaya Rokok pada Kemasan Rokok dengan Kebiasaan merokok di Kelurahan Nasukan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Diakses pada 20 Juni 2018.

Izzati. (2018). Pengaruh Peringatan Visual pada Bungkus Rokok terhadap Perilaku Merokok pada Siswa Model Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Sarambi Mekkah. . Diakses pada 25 Juni 2018.

Laili, Anis K.K., (2010). Perilaku Merokok Karyawan Universitas Muhammadiyah Malang dengan Fatwa Haram dari Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Puskesmas. (2019). Profil Kesehatan Puskesmas Lembak. Muara Enim: Puskesmas Lembak.

Robiansyah. (2018). Hubungan Persepsi Visual Gambar Kesehatan pada Kemasan Rokok dengan Perilaku Merokok Remaja di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang. . Diakses pada 25 Juni 2018.

Tantri. 2018. Hubungan Persepsi terhadap Peringatan Bahaya Merokok pada Kemasan Rokok dengan Perilaku Merokok pada Remaja Laki-Laki di Kota Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Wibowo. 2016. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Windira. 2016. Hubungan Persepsi Visual Gambar Patologi Bahaya MerokokpPada Bungkus Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja. Jember: Universitas Jember.

World Health Organization. 2017. Global Adult Tabacco Survey (GATS). http://www.who.int/tabacco/surveillance/gats/en. Diakses pada 20 Juni 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.