ANALISIS STATUS GIZI TEHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Suci Sulistyorini

Abstract


Latar belakang: Status gizi merupakan salah satu  faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik Anak.  Anak dengan status gizi kurang akan mengalami perkembangan yang terhambat dan tidak optimal sesuai dengan tahapan usianya. Menurut data Riskesdas tahun 2018 status gizi pada anak usia 0-59 bulan di Kota Palembang dengan status gizi kurus 1,12%,kurus 6,64 %, normal 84,56%,dan gemuk 7,68%. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan status gizi terhadap perkembangan motorik anak usia prasekolah di TK “X” Palembang. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Penelitian ini menggunakan data primer melalui lembar kuesioner dan checklist. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa TK “X” Palembang TA. 2019-2020 berjumlah 32 responden. Sampel penelitian adalah semua populasi. Tehnik Pengambilan sampel secara total sampling. Analisa yang digunakan univariat dan bivariat dengan uji Chi -Square. Penelitian dilakukan di  TK “X” Palembang pada bulan Oktober – Desember 2019. Hasil: Berdasarkan analisa univariat didapatkan mayoritas perkembangan motorik anak normal sebanyak 78,1% lebih besar dari perkembangan motorik meragukan 21,9%. Status gizi normal 78,1%, kurus 12,5% dan gemuk 9,4%. Hasil uji statistik Chi-Square didapatkan hubungan status gizi terhadap perkembangan motorik anak usia prasekolah di TK “X” Palembang dengan p value 0,002. Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan orang tua dan para guru untuk memberikan stimulus sesuai perkembangan anak dan edukasi tentang nutrisi yang sehat untuk anak usia prasekolah.

 

Kata Kunci: Status gizi, perkembangan motorik, anak prasekolah


References


Adriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta,. Salemba Medika.

Cahyaningsih, D. 2011. Pertumbuhan perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Trans Info Media.

Departemen Kesehatan dan Departemen Sosial. 2010. Gizi Seimbang Menuju Hidup sehat Bagi Balita. Jakarta: Depkes dan Depsos.

Fauziah, NA. Mariana, D. & Saputra, MAS. 2020. Hubungan Pendapatan Pengasuh Dengan Kualitas Interaksi Pengasuh dan Anak Stunting Usia 6-23 Bulan. Jurnal' Aisyiyah Medika. Vol 5, No 1, Hal 43-53.

Gunawan, SG. 2011. Farmakologi dan Terapi Edisi Ke-5. Jakarta : Universitas Indonesia.

Humaira, dkk. 2016. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Psikomotorik Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Lapai Padang Tahun 2014. Jurnal unand.ac.id Vol 5 No 2 Tahun 2016.

Kementerian Kesehatan. 2012. Kerangka Kebijakan Gerakan Sadar Gizi Dalam Rangka 1000 HPK. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Lindawati. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia PraSekolah. Jurnal Health Quality.4(1):1-76.

Rezky, dkk. 2017. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah Di Wilayah Kerja Posyandu Kalisongo Kecamatan Dau. Nursing News Vol 2, No 3, 2017.

Riskesdas. 2018. Laporan Provinsi Sumatera Selatan Riskesdas 2018. Balitbangkes 2019.

Sari. W. D. 2012. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1–5 Tahun Di Posyandu Buah Hati Ketelan Banjarsari Surakarta. Jurnal Kesehatan.5(2):157-164.

Trisnawati, Eka. 2013. Hubungan Pemenuhan Gizi Seimbang dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. https://www.unej.ac.id .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.