ANALISIS KARAKTERISTIK IBU MENYUSUI YANG MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF

Nelly Mariyam, Mardelia Astriani, Rina Puspita, Putri Safitri

Abstract


Latar belakang: ASI eksklusif merupakan sumber gizi yang ideal karena komposisinya seimbang secara alami dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, sehingga ASI eksklusif merupakan makanan yang paling sempurna bagi bayi kualitas dan kuantitasnya, disamping murah, mudah didapat dan juga pemberiannya bisa dilakukan setiap hari makanan pertama yang terbaik dan paling sempurna untuk bayi. Program pemberian ASI Eksklusif tidak berlangsung secara optimal dapat dipengaruhi oleh pekerjaan, tingkat pendidikan, dan usia ibu. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Ibu Menyusui yang Memberikan ASI Eksklusif di RB. Citra Palembang Tahun 2018. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Kategorik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 30 responden dari data primer. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19-30 Juni tahun 2018. Hasil: Dari hasil penelitian didapat Distribusi frekuensi responden yang dikategorikan berpendidikan Dasar  sebanyak 9 responden (30%),  berpendidikan Menengah sebanyak 15 responden (50%), dan yang berpendidikan Tinggi sebanyak 6 responden (20%). Distribusi frekuensi responden yang dikategorikan berusia >18 tahun sebanyak 5 responden (16,7%), berusia >20 sebanyak 13 responden (43,3%), sedangkan yang berusia >30 tahun sebanyak 12 responden (40%). Distribusi frekuensi responden yang dikategorikan bekerja sebanyak 8 responden (26,7%), sedangkan yang tidak bekerja sebanyak 22 responden (73,3%). Saran: Bagi tenaga kesehatan terutama bidan diharapkan agar dapat menjadi bahan acuan untuk meningkatkaan mutu dan sebagai pelaksana langsung dapat memberikan penyuluhan kepada ibu menyusui yang memberikan ASI Eksklusif.

 

Kata Kunci: ASI Eksklusif, Tingkat Pendidikan, Usia, Pekerjaan


Full Text:

PDF

References


Baskoro, Anton. 2014. ASI Panduan Praktis Ibu Menyusui. Yogyakarta: Bayumedia

Candra, A. 8 Juni 2012. 5 penyebab rendahnya pemberian ASI Eksklusif. Diakses 6 Juni 2018. http://health.kompas.com/read/2012/06/08/17055699/5.Penyebab.Rendahnya. Pemberian.ASI.Eksklusif.2012.

Dinkes Kota Palembang. Profil Kesehatan Kota Palembang Tahun 2014 [online]. http://dinkes.palembang.go.id

Dinkes Provinsi Sumsel. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2014 [online]. http://www.dinkes.sumselprov.go.id

Dinkes RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015 [online]. http://www.depkes.go.id

Febriyanti, Devi Silvya. 2013. Gambaran Karakteristik Ibu Terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Poliklinik Anak RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jurnal. Universitas Syiah Kuala.

Heryani, R. 2012. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Ibu Nifas dan Menyusui. Jakarta: TIM.

Maryunani, A. 2014. Asuhan Pada Ibu dalam Masa Nifas (Postpartum). Jakarta: TIM.

Oktora, Resti. 2013. Gambaran Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja Di Desa Serua Indah, Kecamatan Jombang, Tangerang Selatan. Jurnal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah Jakarta.

Prasetyono, DS. 2015. Buku Pintar ASI Eksklusif. Jogjakarta: DIVA Press.

Purwanti, Huberti Sri. 2014. Konsep Penerapan ASI Eksklusif. Jakarta: EGC.

Purwoko, Susi (Penerjemah). 2015. Menyusui Cara Mudah, Praktis, & Nyaman. Jakarta: Arcan.

Sari, EP, dan Rhimandini, KD. 2014. Asuhan Kebidanan Masa Nifas (Postnatal Care). Jakarta: TIM.

Sari, Lidya Purnama. 2010. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Sukajadi Kabupaten Banyuasin Tahun 2010. KTI. STIK Siti Khadijah Palembang.

Wiharta, A.S. 2017. Pemberian ASI Baru Lahir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.