PENGARUH SIMULASI FIRST AID KEGAWATDARURATAN KECELAKAAN TERHADAP PENGETAHUAN PENANGANAN FRAKTUR

Dessy Suswitha, Dewi Rury Arindari

Abstract


Latar belakang: Kegawatdaruratan merupakan suatu keadaan di mana seseorang berada pada suatu kondisi ancaman kematian yang memerlukan pertolongan segera guna menghindari kecacatan dan kematian. Upaya untuk mengurangi dampak negatif dari kasus kegawatdaruratan adalah dilakukan Pendidikan kesehatan dengan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan diketahuinya Pengaruh  Simulasi First Aid Kegawatdaruratan kecelakaan Terhadap Pengetahuan penanganan fraktur. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quassy experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa tingkat II Prodi DIII Keperawatan STIK Siti Khadijah Palembang berjumlah 71 siswa. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa dengan teknik sampel random sampling. Pengumpulan data penelitianmenggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji t-test. Hasil: Penelitian: uji paired sample t-test pengetahuan sebelum simulasi First Aid Kegawatdaruratan dengan rata- rata 76,19, standar deviasi 9,690 dengan nilai minimal 63 dan nilai maksimal 89, hasilpaired sample t-test pengetahuan sesudah dilakukan simulasi First Aid Kegawatdaruratan dengan rata- rata 85,62, standar deviasi 7,420 dengan nilai minimal 68 dan nilai maksimal 100. terdapat pengaruh Simulasi First Aid Kegawatdaruratan kecelakaan terhadap Pengetahuan penanganan fraktur p-value= 0,000< α = 0,05. Saran: Disarankan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian dengan melihat efektivitas penggunaan metode simulasi yang telah dibentuk menjadi suatu kurikulum atau program yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan siswa.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, simulasi first aid kegawadaruratan, pertolongan pertama fraktur


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

American Red Cross. (2011). American Red Cross Basic Life Support For health Providers Handbook Basic Life Support Knowledge, self-reported skills and fears in Danish hight school students and effect of a single 45-min training session run by junior doctors; a prospective cohort study. Resuscitation and Emergency Medicine.

Damayanti, Ida. (2016). Pengaruh Pemberian Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Siswa Anggota PMR DI SMA Negeri Binangun.

Depkes RI, Kemenkes RI. (2018). Profil Dinas Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2018.

Dharma, K K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans InfoMedia.

Handayani, M., Alkhusari., & Saputra, M. A. S. (2020). Educational Affect About Triage Against Nurses Ability In Implementing Triage In Emergency Room Palembang Hospital. International Journal of Medical Science and Dental Research. 3(02). 19–22.

Lontoh, Christie. Kiling, Maykel. Wongkar, Djon. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswasiswi SMA Negeri 1 Toili.ejournal keperawatan,1-5.

Machfoedz I., & Suryani E. (2008). Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. F Tranaya: Yogyakarta.

Maulana, HDJ. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.

Musliha. (2010). Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoadmojo, S. (2013). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam. (2015). Konsep dan Penerapan Metodologi Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nurhanifah. Dewi. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan di sekolah pada siswa kelas VII. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Poespodiharjo. (2010). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Simulasi dengan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Menangani Surat/ Dokumen Kantor Kelas XI.

Potter, A.P., & Perry, G.A. (2010). Fundamental of Nursing (Buku 2. Edisi 7). Penerjemah, Nggie, F.A & Albar Marina. Editor Hartanti Yayuk. Salemba Medika: Jakarta.

Potter & Wilson. (2015). Konsep Dasar Asuhan Keperawatan Dalam Penatalaksanaan Nyeri. Jakarta: EGC.

Riwidikdo, H. (2011). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Mitra Cendikia Pers.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, D.P.Y. (2015). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan Siswa di SMA Negeri 2 Sleman Yogyakarta. EjournalKeperawatan (e-Kep). Volume: 1. Yogyakarta. STIKES Aiyiyah Yogyakarta.

Sri Anitah. (2018). Metode simulasi. Jakarta.

Sudiharto & Sartono. (2011). Basic Trauma Cardiac Life Support. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thygerson, Alton. (2011). Pertolongan Pertama. Jakarta : Erlangga.Tukiran Taniredja.

Wawan dan Dewi, M. (2016). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wijayaningsih. (2016). Asuhan Keperawatan Medikal Bedah dan Penyakit Dalam. Yogyakarta: Nuha Medikal.

Wartatmo. (2013). Coordination of Health Cluster During Disaster Response. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yunisa. (2010). Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Jakarta: Victory Inti Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.