ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA G1P0A0 DENGAN PEMBERIAN POSTNATAL MASSAGE

Aminah Maya, Khusnul Farrah

Abstract


Latar belakang: Program pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian Bayi (AKB) memerlukan dukungan bidan yang  memberikan pelayanan komprehensif. Selain pelayanan antenatal komprehensif, pelayanan kebidanan juga mencakup pelayanan intranatal, pelayanan postnatal dan juga pelayanan pada neonatus. Pelayanan ini merupakan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan professional (dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dokter umum, bidan dan perawat) kepada ibu hamil selama masa kehamilan, masa bersalin, masa nifas dan neonatus, yang di titik beratkan pada kegiatan promotif dan preventif. Tujuan: Melaksanakan asuhan kebidanan kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir dan neonatus secara komprehensif pada Ny.S berumur 26 tahun dengan pemberian Postnatal Massage. Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah ibu hamil normal dengan usia kehamilan 33 minggu 5 hari. Waktu penelitian dilakukan pada Bulan Januari sampai dengan Mei 2019. Hasil: Tidak ada kelainan selama proses asuhan komprehensif tersebut mulai dari masa kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir. Semua proses asuhan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar asuhan.  Setelah diberikan postnatal massage Ny.”S” merasa lebih rileks dan berhasil meningkatkan produksi ASI pada ibu”. Saran: Bagi BPM Fauziah Hatta diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir sehingga menjadi klinik yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Asuhan Kebidanan Komprehensif


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Ika Fitria. (2019). Kebidanan Komplementer Terapi Komplementer Dalam Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Dinkes Kota Palembang. (2017). Profil Kesehatan Kota Palembang tahun 2017.

Dinkes Provinsi Sumatera Selatan. (2015). Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Elisabeth, Endang. (2017). Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Barupres.

Jung, Geum-Sook, et al. (2017). Effects of Meridian Acupressure Massage on Body Composition, Edema, Stress, and Fatigue in Postpartum Women.

Nurul, Jannah. (2012). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Kehamilan.Yogyakarta: Andi Offset.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). “Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017”. http://www.depkes.go.id. Diakses 31 Januari 2017.

Marmi. (2014). Asuhan Kebidanan Pada Masa Antenatal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marmi. (2016). Intrnatal Care Asuhan Kebidanan Pada Persalinan. Yogyakarta: Buku Pelajar.

Melyana, et al. (2017). Loving Postnatal Massage. Semarang: Indonesian Holistic Care Asosiation.

Prawirohardjo, Sarwono. (2014). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka.

Sari, E. Rimandini, K. (2014). Asuhan Kebidanan Persalinan. Jakarta: Trans Info Media.

Sulistyawati, Ari, et al. (2012). Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin. Jakarta: Salemba Medika.

Walyani, Elisabeth, et al. (2015). Asuhan Kebidanan Pada Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yunfei, Zhu, et al. (2018). Penerapan pijat di ibu postpartum Queru di poin. Akupunktur Cina & Moksibusi. Januari, Volume 38(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.