ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERSALINAN PREMATUR

Wita Solama, Elly Nadia

Abstract


Latar belakang: Persalinan prematur merupakan hal yang berbahaya karena potensial meningkatkan kematian perinatal sebesar 65%-75%, umumnya berkaitan dengan berat badan lahir rendah. Berat Badan lahir rendah dapat disebabkan oleh kelahiran preterm dan pertumbuhan janin yang terhambat. Persalinan prematur disebabkan oleh 2 faktor, yakni faktor ibu dan faktor janin. Tujuan: Untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan kejadian persalinan prematur di RS Muhammadiyah Palembang Tahun 2018. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survey analitik dengan rancangan cross sectional. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen (persalinan prematur) dan variabel independen (umur ibu, paritas dan jarak kehamilan). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan ibu bersalin normal di RS Muhammadiyah Palembang periode Januari – Oktober tahun 2018 sebanyak 259 orang yang memenuhi kriteria insklusi. Dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan Chi-Square.Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018 – Januari 2019. Hasil: Hasil uji Chi-Squaremenunnjukkan ada hubungan bermakna antara variabel umur ibu (p = 0,000), paritas (p = 0,000), jarak kehamilan (p = 0,000) dengan kejadian persalinan prematur. Saran: Diharapkan kepada petugas kesehatan agar lebih meningkatkan penyuluhan bagi ibu hamil tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan dan diharapkan dalam antenatal care memberikan pelayanan yang sesuai standar yang sudah ditentukan.

 

Kata Kunci: Persalinan Prematur, Umur Ibu, Paritas dan Jarak Kehamilan


References


Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. (2014). Profil Kesehatan Sumatera Selatan.

Dinas Kesehatan Kota Palembang. (2015). Profil kesehatan Kota Palembang.

Depkes RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta.

Fransiska. (2013). Faktor Risiko Kejadian Persalinan Prematur Di RSUD Dr. Pirngani Kota Medan Tahun 2013. Jurnal Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi. Volume 1(1) Tahun 2015.

Norma D, Nita et al. (2013). Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta: Nuha Medika

Novalia. (2016). Hubungan Umur, Paritas, dan Kejadian Anemia dengan Kejadian Persalinan Prematur di RSUD Dr. H. MOCH. Ansari

Saleh Banjarmasin Tahun 2016. Jurnal Dinamika Kesehatan. Volume 8(1) Juli 2017.

Saifuddin, Abdul Bari. (2018). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

SDG’S. (2015). Panduan SDG’S Untuk Pemerintah Daerah (Kota dan Kabupaten) dan Pemangku Kepentingan Daerah. Jakarta: INFID.

Walyani, Elisabeth Siwi, (2015). Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Walyani, Elisabeth Siwi. (2015). Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.