FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN JAMBAN SEHAT

Sumarni Sumarni, Heru Listiono, Sutriyanti Sutriyanti

Abstract


Latar Belakang: Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) atau dikenal juga dengan nama Community Lead Total Sanitation (CLTS) merupakan program pemerintah dalam rangka memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat. Motivasi pembuatan jamban sehat merupakan salah satu upaya dalam peningkatan pemanfaatan jamban yang memenuhi sayrakat kesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan tindakan dengan motivasi masyarakatdalam pembuatan jamban sehat pada program STBM. Metode: Penelitian ini merupakan survei analitikdengan desain penelitian Cross Sectional, penelitian dilakukan pada bulan Juni 2020 di Desa Bumi Agung Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2020, sampel penelitian adalah sebagian masyarakat yang tinggal di Desa Bumi Agung Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir berjumlah 96 orang, melalui simple random sampling, dan analisis data menggunakan analisis univariat (proporsi), bivariat (uji chi square). Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa  ada hubungan antara pengetahuan (p : 0,000) , sikap (p : 0,000) dan tindakan (p : 0,000) dengan motivasi masyarakat dalam pembuatan jamban sehat pada program STBM. Saran: Perlunya memberikan lebih banyak penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama mengenai penggunaan dan pentingnya jamban sehat, serta memberikan sumbangsihpemikiran untuk memotivasi masyarakat agar memiliki jamban sehat di rumah.

 

Kata Kunci: Jamban, Motivasi, Pengetahuan, Sikap, Tindakan


Full Text:

PDF

References


Apriyanti, L., Widjanarko, B., & Laksono, B. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan jamban keluarga di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 14(1), 1-14.

Geumala, M., Nugraha, A., Pratiwi, Y. E., & Ali, M. (2018). Manajemen Lingkungan Kesehatan Perkotaan. OSF Preprints, 1-11

Hastono, S. P. (2017). Analisis Data pada Bidang Kesehatan.

Joseph, W. B., & Warouw, F. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tersedianya Jamban Keluarga Sehat di Desa Tompaso Dua Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. KESMAS, 7(1).

Notoadmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan: Rineka Cipta

Puti, I. A. P. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Jamban sehat di Wilayah Kerjad Puskesmas Kayu Tanam Tahun 2019. Universitas Andalas

Putra, G. S., & Selviana, S. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Jamban Sehat di Desa Empakan Kecamatan Kayan Hulu. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 4(4), 238-243.

Sari, R. K., Ratnawati, R., & Livana, P. (2018). Gambaran Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Cakupan Kepemilikan Jamban Sehat. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 8(1), 56-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.