HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PELAJAR KELAS VII TERHADAP BAHAYA MEROKOK

Nopianti Nopianti, Pita Apriyanti

Abstract


Latar Belakang : Rokok merupakan salah satu produk industri dan komoditi internasional yang mengandun sekitar 1.500 bahan kimiawi. Kebiasaan merokok sudah sangat meluas di hampir semua kelompok masyarakat di indonesia dan cenderung meningkat di kalangan anak dan remaja., mengingta merokok berisiko menyebabkan sebagai penyakit atau gangguan kesehatan pada perokok.Tujuan : untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap pelajar kelas VII terhadap bahaya merokok di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Metode: desain penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner, cara pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik non probability sampling yaitu purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel kelas VII berjumlah 66 siswa SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Analisa data menggunakan uji  statistik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang pada bulan November 2020 – Januari 2020 dan proses pengambilan data pada tanggal 8 Januari 2020. Hasil : Hasil uji statistik univariat didapatkan banyak responden yang  berpengetahuan Baik sebanyak 45 responden (68%), yang berpengetahuan cukup baik  sebanyak 7 responden (10,6%) dan yang berpengetahuan kurang baik sebanyak 7 responden (10,6%) yang bersikap positif sebanyak 38 responden (57,6%), bersikap negatif sebanyak 28 responden (42,2%). Saran: Adapun saran pada pihak sekolah agar penelitian ini dapat diunakan sebagai masukan  dan pertimbangan bagi sekolah untuk mengarahkan dan membimbing remaja supaya kepribadiannya berkembang kearah yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Bahaya Merokok

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018). Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kemenkes RI. (2017). Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan Panduan Bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes Republik Indonesia. Available at: http://www.depkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/panduanpromkes-dbk.pdf.

Kemenkes RI. (2018). Bahaya Meroko, Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Riskesdas (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan).

Notoatmodjo, S. (2019). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. (2018). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. (2018)

Teknik Pengambilan Sample non probability sampling : http://www.temukanpengertian.com diakses pada tanggal 5 November 2019

World Health Organization (WHO). 2018. Tobacco Fact Sheet. Diakses dari: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs339/en/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.