INDEKS KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN

Romliyadi I Miming Oxyandi

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang: Kepuasan pasien masih menjadi permasalahan dilayanan kesehatan di Indonesia, banyaknya masyarakat yang menggunakan fasilitas pelayanan, namun pengguna pelayanan kesehatan tersebut tidak diimbangi oleh kesiapan fasilitas pemberi pelayanan kesehatan. BPJS kesehatan sebagai badan hukum yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan, selain BPJS kesehatan, fasilitas kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna dengan memperhatikan mutu pelayanan. Rumah Sakit dituntut senantiasa menjaga mutu pelayanan semestinya mendapatkan pelayanan sesuai dengan harapan mereka. Penelitian bertujuan: Mengetahui indeks kepuasan pasien BPJS kesehata Metode penelitian: Desain penelitian ini menggunakan diskiptif kuantitatif. Sampel 150 pasien BPJS kesehatan di Instalasi Rawat Jalan salah satu Rumah sakit di Provinsi Sumatera Selatan dengann accidental sampling. Pengumpulan serta analisa, pengelolaan data mengunakasn kuisioner IKM yang dikeluarkan oleh Kemenpan tahun 2004. Hasil penelitian: Sebagian besar pasien yang berobat diusia dewasa awal,pendidikan SLTA dan berkerja wiraswasta. Hasil penelitian nilai mutu per unsur terdapat pada instalasi rawat jalan per ruanganyang dianggap pasien BPJS kesehatan dikategorikan kuarang baik seperti unsur kecepatan pelayanan dan unsur ketepatan jadwal waktu pelayanan. Hasil indeks kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap kinerja rumah sakit, pasien BPJS Kesehatan mengkategorikan B (Baik), hasil indeks kepuasan pasien rawat jalan dikategorikan B (Baik). Saran: Meningkatkan pelayanan melalui pelatihan pelayanan prima, sarana kejelasan antrian, pengeras suara pada saat pemanggilan pasien serta kerja sama antara perawat dan dokter untuk datang dengan tepat waktu.

 

Kata Kunci    : Indeks Kepuasan, Mutu Pelayanan, Unsur Pelayanan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Tesis. STIKes Yarsi Sumbar Bukittinggi.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. (P. A. Rina astikawati, Ed.). Padang.

Hariyanto, S. (2016). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Mutu Pelayanan Publik di Kantor UPTD Puskesmas Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, 1–23.

Hazfiarini, A. (2016). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur.

Herwindo, suryo. (2013). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo.

Idris, F. (2016). Peraturan Kendali Mutu dan Kendali Biaya pada Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan nasional. Jakarta: BPJS Kesehatan.

Ishaq, M. (2013). Community Satisfaction Index in Outpatient Installation Pulmonary Hospital Jember.

Kartikaningdyah, E. (2010). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada BP2T :Kota Tanjungpinang.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Kamus Indikator Kinerja Rumah Sakit dan Balai. Retrieved from https://www.persi.or.id/images/2017/manmutu/kamus-indikator-kinerjars.pdf

Kurdi, M. (2016). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) di Puskesmas Pamarayan : Kabupaten Serang.

Mandala, A. (2014). Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Samsat :Kabupaten Pandegelang.

Mboi, N. (2013). Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: MENKES.

Menpan. (2004). Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Jakarta: Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Mote, P. (2008). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik di Puskesmas Ngesrep Semarang. Universitas Diponogoro, Semarang.

Ningtyas, R. (2013). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Kualitas Pelayanan di Puskesmas Bandarharjo : Kecamatan Semarang Utara.

Puspitasari, D. (2013). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah : Kabupaten Lamongan, (070916014).

Putra, R. E. (2013). Indeks Kepuasan Keluarga Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam.

Putri, A. D. (2014). Analisis Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Penerimaan Pelayanan Administratif di kantor Camat Tampan: Kota Pekanbaru.

Putri, A. E. (2014). Paham JKN Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Friedrich-Ebert-Stiftuang.

Rayes, S. N. (2013). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap pelayanan Askes Rawat Inap : Rumah Sakit Umum daerah Sembawa, (April), 103–106.

Rose. (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan.

RSK, P. (2017). Profil Rumah Sakit Kusta dr Rivai Abdullah. Sumatra Selatan: Rumah Sakit Kusta dr Rivai Abdullah.

Rusmaningsih, E. (2017). Analisis Kepuasan Pelayanan Keperawatan pada Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Pandan Arang Boyolali. Tesis. STIKes Muhamadiah Klaten.

Shan, L., Li, Y., Ding, D., Wu, Q., Liu, C., Jiao, M., … Ren, J. (2016). Patient Satisfaction with Hospital Inpatient Care : Effects of Trust , Medical Insurance and Perceived Quality of Care, 1–19. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0164366

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukamti, S. (2015). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik Di Puskesmas Kalicacing : Kota Salatiga. Among Makarti, vol.8 no.1, 1–15.

Suroso, J. (2011). Indeks Kepuasan Pasien suatu Rumah Sakit Swasta : Purwokerto, 14–24.

Suryanan. (2010). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Syafrudin. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan untuk Bidan. Jakarta: Trans Info Media.

Wahdania. (2015). Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar, 1(April).

Widodo. (2005). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Semarang I. Pasca sarjana Universitas Diponogoro, Semarang.

Wismanu, R. E. (2018). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran : Kota Kediri, 4(1), 18–26.

Yusnita, W. (2017). Gambaran Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Tegal Angus pada Era Jaminan Kesehatan Nasional Puskesmas Tegas Angus Community Satisfaction Index in the National Health Coverage Era.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.