HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANGTUA TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH

Matje Meriaty Huru, Kamilus Mamoh, Jane Leo Mangi

Abstract


Latar Belakang: Stimulasi perkembangan sangat penting dilakukan oleh orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, karena anak yang menerima banyak stimulasi perkembangannya lebih cepat dari pada anak yang kurang atau tidak mendapatkan stimulasi perkembangan. Semakin cepat dan semakin lama dilakukannya stimulasi perkembangan pada anak, semakin besar manfaat bagi perkembangan anak. Sebagian besar orang tua belum mengetahui dan melakukan stimulasi perkembangan pada anak. Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap orang tua tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak prasekolah  di desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Populasi dalam penelitian ini semua orang tua dan anak prasekolah di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang sebanyak 84 responden dengan pengambilan sampel  menggunakan total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisa univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square.  Hasil: Hasil uji chi-square menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak prasekolah (p=0,017), ada hubungan yang signifikan antara sikap orang tua tentang stimulasi perkembangan  dengan perkembangan anak prasekolah  (p=0,011). Saran: Diharapkan kepada kader posyandu dan bidan setempat agar melakukan pertemuan berkala dengan orangtua untuk meningkatkan pengetahuan ibu melalui penyuluhan dan simulasi pemberian stimulasi balita.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Stimulasi Perkembangan


Full Text:

PDF

References


Anggraeni. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Perkembangan Anak dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 bulan di TK Masyitoh V Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Bhamada Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 5(2): 4

Bornstein, M. H. et al. (2015). A Developmental Analysis of Caregiving Modalities Across Infancy in 38 Low‐and Middle‐Income Countries. Child Development, 86(5): 1571–1587

Cempaka, I. and Naviati, E. (2016). Hubungan Stimulasi Perkembangan Terhadap Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun di RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang. Diponegoro University

Fauziyah, A. N. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Fernando, F., Etriyanti, E. and Pebrina, M. (2019). Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia Batita. JIK (JURNAL ILMU KESEHATAN), 3(2): 140–145

Hidayati, F. D. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Sosial dan Bahasa pada Balita Usia 4-5 Tahun Wilayah Puskesmas Sumbermanjing Kulon Kabupaten Malang. University of Muhammadiyah Malang

Imelda, I. (2017). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Stimulasi dan Perkembangan Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) di Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3)

Anggraeni. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Perkembangan Anak dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 bulan di TK Masyitoh V Desa Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Bhamada Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 5(2): 4

Bornstein, M. H. et al. (2015). A Developmental Analysis of Caregiving Modalities Across Infancy in 38 Low‐and Middle‐Income Countries. Child Development, 86(5): 1571–1587

Cempaka, I. and Naviati, E. (2016). Hubungan Stimulasi Perkembangan Terhadap Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun di RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang. Diponegoro University

Fauziyah, A. N. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Fernando, F., Etriyanti, E. and Pebrina, M. (2019). Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia Batita. JIK (JURNAL ILMU KESEHATAN), 3(2): 140–145

Hidayati, F. D. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Sosial dan Bahasa pada Balita Usia 4-5 Tahun Wilayah Puskesmas Sumbermanjing Kulon Kabupaten Malang. University of Muhammadiyah Malang

Imelda, I. (2017). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Stimulasi dan Perkembangan Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) di Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3)

Indriyanti, D. (2018). Hubungan Sikap Orang Tua tentang Pemberian Stimulasi dengan Perkembangan Psikososial Balita Stunting Di Puskesmas Sedayu II Bantul. Universitas Alma Ata Yogyakarta

Jasmawati, & R. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi terhadap Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun di TK Al-Jawahir Samarinda.

Jatmiko, W. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Usia 3-5 Tahun di Dusun Tirto Hargotirto Kokap Kulonprogo. STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta

Khusnal, E. (2017). Hubungan Stimulasi Perkembangan dengan Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun di TK ABA Pasekan Sleman Yogyakarta.

Marmi, S. S. & K. R. (2015). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mitayani Yuli , Riska Nur, N. S. (2015). Hubungan Stimulasi Ibu dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia 2-3 Tahun (TODDLER). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 2: 59–67

Mulyanti, S., Chundrayetti, E. and Masrul, M. (2017). Hubungan Stimulasi Psikososial dengan Perkembangan Anak Usia 3-72 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2): 340–344

Siahaan, N., Ni Luh Putu Eka and Neni Maemunah. (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Orang Tua dalam Melakukan Stimulasi Perkembangan Motorik pada Anak Prasekolah di TKK Sang Timur Malang. Nursing News, 1: 223–233

Wahyuni, C. (2018). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 1-3 Tahun di Kelurahan Balowerti Kota Kediri. Journal for Quality in Women’s Health, 1(2): 35–42. doi: 10.30994/jqwh.v1i2.15




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v14i1.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats