VITUBUK (VIDEO TUTORIAL PENGISIAN BUKU KIA) MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENGISIAN BUKU KIA

Dini Ariani, Heni Heryani, Lusi Lestari

Abstract


Latar Belakang : Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) adalah salah satu alat untuk menunjang pelayanan kesehatan ibu dan anak. Buku KIA ini adalah media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) dan pencatatan yang efektif dan efisien. Selama ini fenomena di lapangan, masih ada buku KIA yang tidak diisi dengan lengkap, dikarenakan masih adanya ketidakpahaman cara pengisian buku KIA tersebut. Padahal buku KIA tersebut adalah sesuatu hal yang sangt penting untuk mendeteksi adanya kegawatdaruratan, juga sebagai informasi kesehatan ibu dan anak. Masih ada tenaga kesehatan khususnya bidan yang belum paham akan pengisian buku KIA, hal ini karena masih belum optimalnya sosialisasi cara pengisian buku KIA Tujuan : pembuatan ViTuBuk (Video Tutorial pengisian Buku KIA) yang layak untuk dipakai sebagai upaya agar lebih memahami cara pengisian Buku KIA. Metode: Penelitian ini menggunakan metode research and development, sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat II semester IV berjumlah 34 orang.Adapun langkah-langkah pada penelitian ini yaitu studi pustaka dan survey lapangan, penyusunan draf dan pembuatan produk video tutorial oleh peneliti, validasi oleh ahli media, produk diuji cobakan kepada mahasiswa, revisi dan penyempurnaan video tutorial. Hasil : video tutorial pengisian Buku KIA menurut ahli media yaitu 95 % dengan kategori sangat layak. Saran : video tutorial ini perlu dikembangkan dan diupdate sesuai dengan kemajuan ilmu yang terbaru.

 

Kata kunci : Video Tutorial, Buku KIA


Full Text:

PDF

References


Sella H, Siregar SMF, Elida S, Sriwahyuni S. Peningkatan Perilaku Ibu Hamil Terhadap Pemanfaatan Buku Kia Dengan Metode Promkes Di Puskesmas Sangkalan Tahun 2020. Jurmakemas (Jurnal Mhs Kesehat Masyarakat). 2022;2(1):61–82.

Krull M, Kurniasari D. Gambaran Faktor Kelengkapan Pencatatan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Oleh Bidan Di Puskesmas Di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Arch Community Heal. 2020;7(2):48.

Kemenkes, RI. 2021a. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia;

M. Askari Zakariah, Vivi Afriani KMZ. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R&D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka; 2020.

Sukmadinata NS. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2013.

A. Y. Utomo dan D. Ratnawati. Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. J Taman Vokasi. 2018;6(1):68–76.

Kementrian Kesehatan RI. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA; 2020.

Adisasongko N. Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKR SMK. Pros Semin Nas Pascasarj UNNES. 2019;(2019).

Cecep Kustandi & Bambang Stjipto. Media Pembelajaran Manual & Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia; 2013.

Tim Pustaka Phoenix. Kamus Besar Bahasa Indonesia (cetakan keenam). Jakarta: PT. Media Pustaka Phoenix; 2012.

Batubara HH, Batubara DS. Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna J Madrasah Ibtidaiyah. 2020;5(2):21.

R. Setiawan dan E. Komalasari. Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Covid-19. J Ilm Penelit Pendidik dan Sosiol. 2020;4(1):1–13.

H. H. Batubara dan D. N. Ariani. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. J Madrasah Ibtidaiyah. 2016;2(1):47–66.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v8i2.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats