KINERJA PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS: Literature Review

Lisneni Lisneni

Abstract


Latar Belakang: Kualitas sumber daya manusia merupakan komponen penting dalam setiap gerak pembangunan. Hanya dari sumber daya manusia yang berkualitas tinggilah yang dapat mempercepat pembangunan bangsa. Untuk mengetahui tinggi rendahnya kinerja seseorang perlu dilakukan penilaian kinerja. Penilaian kinerja adalah sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa orang-orang pada tiap tingkatan mengerjakan tugas-tugas menurut cara yang diinginkan oleh para majikan mereka. Tujuan: Penulisan Literature Review ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Pegawai terhadap Pelayanan Kesehatan masyarakat di Puskesmas. Metode: Menggunakan metode Literature Review dengan menggunakan pencarian literatur melalaui Pubmed, Google Scolar, dan Portal Garuda. Artikel yang digunakan dari tahun 2014 - 2022. Dilakukan seleksi dan diidentifikasi sesuai dengan kriteria inklusi , terdapat 10 artikel yang akan di review. Hasil: Dari 3 artikel menunjukkan kinerja pegawai puskesmas terhadap pelayanan kesehatan belum begitu baik dan 7 artikel menunjukkan Kinerja Pegawai Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat dapat dikatakan cukup baik. Saran: Kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan karena sumber daya manusia merupakan komponen penting dalam setiap gerak pembangunan. Hanya dari sumber daya manusia yang berkualitas tinggi yang dapat mempercepat pembangunan bangsa.

 

Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Pelayanan Kesehatan masyarakat


Full Text:

PDF

References


Al Juffri (2013) Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Himawan, (2016). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Sempaja Kota Samarinda.

Jannah, (2015). Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Juanda Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda.

Jufrizen, (2021). Komitmen Organisasi dan Kinerja karyawan Dengan Etika Kerja Sebagai Variabel Moderating. Medan; UMSU Press.

Junaidi, (2021). Evaluasi Diri Untuk Pengembangan Kinerja. Surabaya; Penerbit NEM.

Lopulalan (2019). Kinerja Pelayanan Kesehatan Oleh Tenaga Administrasi dan Tenaga Medis Pada Puskesmas Rawat Inap Distrik Mariat Kabupaten Sorong.

Nurfadilah, (2018). Kinerja Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Pucang Sewu Kota Surabaya.

Prapitasati, R., & Jalilah, N.,H., (2020). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Indramayu; Penerbit Adab.

Priyatna, (2020). Kinerja Pegawai Puskesmas harapan Baru Dalam memberikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

Reitandi & Rahmani (2022). Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Dinas Kesehatan Kab Deli Serdang).

Rusdin & Kurniawan (2022). Kinerja Pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat Kota (Puskesmas) Kota Palu.

Shaleh, M. (2018). Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai. Makassar. Aksara Timur

Sumantri, (2015). Kinerja Pegawai Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Rawat Inap Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan Kota Samarinda

Widianti, et.al,, (2018). Kinerja Pegawai Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur.

Yulianti, et.al.., (2014). Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Puskesmas Jayengan Kota Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v8i2.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats