HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KEBERADAAN Escherichia coli PADA MINUMAN (LITERATUR REVIEW)

Indah Hamida

Abstract


Latar Belakang : Bakteri Escherichia coli merupakan mikroorganisme indikator yang dipakai di dalam analisis air untuk menguji adanya pencemaran oleh tinja, tetapi untuk media penyebarannya tidak selalu melalui air, melainkan melalui kegiatan tangan ke mulut atau dengan pemindahan pasif melalui makanan atau minuman. salah satu syarat makanan dengan higiene dan sanitasi yang baik harus mengandung angka Escherichia coli sebanyak 0/gr contoh makanan. Tujuan :  Penulisan Literatur Review ini melihat hubungan hygiene sanitasi dengan keberadaan Escherichia coli pada minuman. Metode : Jenis penelitian ini adalah kajian literatur, yaitu metode penelitian dengan cara merangkum pustaka empiris atau teoritis untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif. Tahap review ini meliputi identifikasi masalah, pencarian literatur, pengolahan dan penyajian. Hasil : Berdasarkan hasil review dari 7 jurnal terdapat 6 jurnal yang memiliki hubungan antara higiene sanitasi dengan keberadaan Escherichia coli pada minuman, dan terdapat 1 jurnal yang menyatakan tidak ada hubungan antara higiene sanitasi dengan keberadaan Escherichia coli pada minuman.    Saran:  Diharapkan untuk lebih menggali informasi tentang higiene sanitasi yang baik serta keberadaan Escherichia coli pada minuman bisa melalui media sosial karena itu merupakan hal yang penting untuk mencegah gangguan pada pencernaan yang disebabkan Escherichia coli.

 

Kata Kunci : Higiene Sanitasi, Escherichia Coli, Minuman

 


Full Text:

PDF

References


Andi Sarifah Budon. (2013). Studi Kualitas Bakteriologis Air Pencucian dan Peralatan Makan Di Kantin Alauddin Makasar. Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Badri, R. (2013). Analisis Kandungan Bakteri Escherichia Coli Pada Minuman Es Cendol di Pasar Kodim Kota Pekanbaru Tahun 2013 (tidak diterbitkan). Skripsi STIKes Hangtua Pekanbaru.

Efrida, S,A.,dan Oktira R,A. (2021). Analisis Keberadaan Coliform dan Escherichia coli pada Es Batu dari Jajanan Minuman di Pasar Tengah Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(1), 74-81.

Fellysca V. M. Politon, dan Novarianti (2022). Higiene Sanitasi Pengolahaan dan Keberadaan Bakteri E. coli pada Es Teh di Warung Makan Kelurahan Mamboro Palu Utara. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2 (1), 16-22.

Ginns, C. A., Benham, M. L., Adams, L. M., Whithear, K. G., Bettelheim, K. A., Crabb, B. S., & Browning, G. F. (2000). Colonization of the respiratory tract by a virulent strain of Avian Escherichia coli requires carriage of a conjugative plasmid. Infection and Immunity, 68(3), 1535–15.

Kesehatan RI, K. (2011). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 1096/Menkes/ Per/VI/2011 tentang higiene sanitasi jasaboga. Kementerian Kesehatan Ri, Jakarta.

Malah H. (2014). Gambaran Keberadaan Bakteri Escherichia coli pada Peralatan Makan di Rumah Makan Pasar Tuminting Kota Manado. Jurnal Kesehatan FKM Universitas Sam Ratulangi.

Maryam, I. Harleli.,dan Nurmaladewi. (2023). Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Gambaran Higiene Sanitasi Pedagang Minuman Es Jeruk pada Warung Makan di Kecamatan Kambu Kota Kendari. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4 (1), 19-26.

Melliawati, R. (2019). Escherichia Coli (Vol. 4). BioTrends. https://docplayer.info/40812382-Bab-iii-metode-penelitian-penelitian-dilakukan-pada-penjual-minuman-olahan-yang-berada-di pasar.html

Notoatmodjo, Soekidjo, (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Permenkes RI No. 492/MenKes/Per/IV/(2010), Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, Menkes RI, Jakarta.(http://pppl.depkes.go.id /_as set/_regulasi/53_ Permenkes%20492.pdf)

Ratna,Y., Jariyah,. Dadik R,. Ulya, S., dan Dinda, A.S. (2023). Tingkat cemaran bakteri Coliform dan Escherichia coli pada makanan dan minuman sebagai dampak kondisi higiene sanitasi di Sentra Kuliner Penjaringan Sari, Surabaya. Jurnal Teknologi Pangan, 14 (1), 35-47.

Risa, W. (2019). Identifikasi Adanya Bakteri Escherichia coli pada Minuman Es Teh yang Dijual Disekitar STIKES BCM Pangkalan BUN Wilayah Kota Waringin Barat. Jurnal Borneo Cendekia, 3 (1), 93-107.

Yogi, S., dan Surahma A,M. (2019). Hubungan antara Higiene Sanitasi Pedagang dengan Keberadaan Bakteri Escherichia Coli pada Milkshake. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 13(1), 30-36.

Zurni,S dan Ervy A. (2021). Hygiene Sanitasi dan Kandungan Bakteri Escherichia coli pada Cendol di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru. Jurnal Ensiklopediaku,3 (2), 148-157.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v9i1.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats