ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT INAP
Abstract
Latar Belakang : Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Dengan keterbatasan SDM di Rusah Sakit Gigi dan Mulut, menyebabkan pelayanan kesehatan menjadi tidak maksimal. Meningkatnya jumlah pasien dan keterbatasan tenaga medis mengakibatkan kemampuan kapasitas pemberian layanan menjadi belum maksimal. Tujuan Penelitian ini Untuk diketahuinya hubungan kepuasan pasien terhadap pelayanan instalasi rawat inap di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024. Metode :Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat inap yang berkunjung antara bulan Januari sampai Desember tahun 2023 di RSKGM Provinsi Sumatera Selatan Sampel dalam penelitian sebanyak 80 pasien. Sampel diperoleh dengan menggunakan tabel sampel dari Krejcie and Morgan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati, sarana dan prasarana serta kenyamanan dengan kepuasan pasien dan variabel bukti langsung merupakan variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien. Saran : Hasil akhir penelitian di sarankan agar Rumah Sakit Kusus Gigi dan Mulut untuk Meningkatkan Kehandalan (reliability) Dokter Gigi Spesialis Bedah. Mulut serta perawat maka harus mengikuti pelatihan – pelatihan berkaitan dengan Bedah Mulut sehingga mendapatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan pengalaman untuk peningkatan mutu pelayanan yang terpercaya.
Kata kunci : Tangible, reliability, responsivenes, assurance, emphaty, kepuasan
Full Text:
PDFReferences
Dewi, K.I.L., Yulianthini, N.N. and Telagawathi, N.L.W.S. (2019) ‘Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kesehatan Di Kota Singaraja’, Manajemen, 5(2), pp. 82–92.
Fauzi, A. and dkk (2022) Metodologi Penelitian, Suparyanto dan Rosad (2015.
Kemenkes RI. (2020) ‘Rencana Aksi Kegiatan (Rak) 2020-2024’, Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor Dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, pp. 12–26.
Khafifah, N. and Razak, A. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Puskesmas Pangkajene’, Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), pp. 212–222. Available at: https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21360.
Kolaka, D. (2022) ‘Tahun 2022’, Popo, 1Kementeri(2), pp. 1–5.
Kurnia, S. et al. (2020) ‘Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta’, Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), pp. 161–168.
Dewi, K.I.L., Yulianthini, N.N. and Telagawathi, N.L.W.S. (2019) ‘Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kesehatan Di Kota Singaraja’, Manajemen, 5(2), pp. 82–92.
Fauzi, A. and dkk (2022) Metodologi Penelitian, Suparyanto dan Rosad (2015.
Kemenkes RI. (2020) ‘Rencana Aksi Kegiatan (Rak) 2020-2024’, Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor Dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, pp. 12–26.
Khafifah, N. and Razak, A. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Puskesmas Pangkajene’, Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), pp. 212–222. Available at: https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21360.
Kolaka, D. (2022) ‘Tahun 2022’, Popo, 1Kementeri(2), pp. 1–5.
Kurnia, S. et al. (2020) ‘Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta’, Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), pp. 161–168.
Lubis, R.A. et al. (2020) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), pp. 13–20. Available at: https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467.
Malik, S.A. (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction at the Mamboro Health Center , Nort’, 6(6), pp. 552–562.
Natassa, J. and Afrizah, - (1970) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru’, Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 7(02), pp. 93–98. Available at: https://doi.org/10.37859/jp.v7i02.512.
Pangerapan, D.T., Palandeng, O.E.L. and Rattu, A.J.M. (2018) ‘Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado’, Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), 2(1), pp. 9–18. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkk/article/download/18836/18386/0#:~:text=Menurut WHO (World Health Organization,penyakit (preventif) kepada masyarakat.
R, R., CZ, C.Z. and DA, D.A. (2022) ‘Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu’, Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(1), pp. 194–201. Available at: https://doi.org/10.32524/jksp.v5i1.404.
Sanjaya, W. (2023) ‘Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi’, Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(02), pp. 215–225. Available at: https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906.
Saputra, A. and Ariani, N. (2019) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru’, Borneo Nursing Journal (BNJ), 1(1). Available at: https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1.
Suciati, G. and Zaman, C. (2023) ‘Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022’, JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 11(1), p. 102. Available at: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i1.1444.
Tores, R. (2015) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Dalam Kabupaten Musi Banyuasin’, Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), pp. 116–128. Available at: https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/308.
Ulandari, S. and Yudawati, S. (2019) ‘Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana Dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Pasien’, Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 7(2), p. 39. Available at: https://doi.org/10.33366/jc.v7i2.1087.
Yuniarti, S., Wahyudi, A. and Asiani, G. (2023) ‘Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Unit Rawat Jalan Poloklinik Orthopedi dan Traumalogi 2023’, Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 6(2 SE-Articles), pp. 357–368. Available at: https://doi.org/10.32524/jksp.v6i2.1003.
DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v9i2.1237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats