EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) TENAGA KEFARMASIAN

Khoirin Khoirin, Derissa Susan Juyelva

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan informasi obat (PIO) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Apoteker dalam pemberian informasi meliputi dosis, formula khusus, rute dan metode pemberian, farmakokinetik, farmakologi terapeutik dan alternatif, efukasi, bentuk sediaan, keamanan penggunaan pada ibu hamil dan menyusui, efek samping obat, interaksi obat, stabilitas, ketersediaan, harga, sifat fisika atau kimia dari obat dan lain-lain. Tujuan: Evaluasi pelayanan informasi obat pada pasien di apotek K-NIA Pharma 10 Ulu kota Palembang tahun 2023. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan rancangan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan Cross-Sectional. data di analisis menggunakan analisis univariat. Sampel dalam penelitian ini merupakan sebagian konsumen yang datang membeli obat apotek K-NIA Pharma10 Ulu kota Palembang tahun 2023 berjumlah 286 sampel Hasil: Pelayanan informasi obat (PIO) yang diberikan oleh apotek K-NIA Pharma 10 Ulu kota Palembang pemberian indikasi obat 93.7%, aturan pemakaian obat 92%, penyimpanan obat 57%, jangka waktu pengobatan 41.6%, aktivitas makanan & minuman yang harus dihindar 38.1%, efek samping obat 54.2%, harga obat 100%, sehingga rata-rata PIO yang diberikan oleh apotek K-NIA Pharma 10 Ulu adalah 54.2%. Saran: Untuk petugas apoteker atau tenaga teknis kefarmasian agar memberikan pengetahuan pasien mengenai pelayanan informasi obat (PIO) terutama pada pelayanan informasi tentang penyimpanan obat, informasi jangka waktu pengobatan, aktivitas makanan & minuman yang harus dihindari dan efek samping obat.

Kata Kunci: PIO, Konsumen, Deskriptif


Full Text:

PDF

References


Amalia, T., (2019). Evaluasi Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek Di Apotek X berdasarkan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016. Jurnal Inkofar, 1(1), 49-58.

Anysa Eka Laylly Nurjannah Hadiyatul Lilfitriyani, Abdul Basith (2020). Evaluasi pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tenaga kefarmasian Program Study Farmasi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, vol.3, 15-22

Dedy Almasdy Yosh dan N (2017) American Heart Association Statistics Committe and Stroke Statistics Subcommitte. New York. USA: The American Heart yarAssociation. J Pharm Clin Sci, 5(3), 25-32.

Departemen Kesehatan. (2009), Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009, pekerjaan kefarmasian. Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan. (2016), Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, standar pelayanan kefarmasian di apotek, Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 13(1), 315-22.

Novita N.G Tumiwa, Paulin V.Y. Yamlean, Gayatri Citraningtyas (2014) Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Geriatri Di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi, 3(3), 310-315.

Purwaningsih, N. S., Senjaya, A., & Rukmana, J. U. (2021). Analisis Pelayanan Informasi Obat ( Pio ) pada pasien di apotek X periode Mei 2021. Edu Masda Journal, 5(2), 41-45.

Rajan, R., Roy, A. D., Todi, S., Dutta, P., Chatterjee, T., Lahiri, S., & Sengupta, A. (2018). A review article on impact of drug food interactions and its prevention.

International Journal of Food Science and Nutrition, 3(4)

Resa Setia, Olivia Datu, Jeane Mongi, Y. T. (2019). Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Di Potek Kecamatan Tikala Kota Manado. The Tropical Journal of Biopharmaceutical, 1(1), 9-12.

Renggo PM (2020). Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Di Instalasi Farmasi Puskesmas Kabupaten Sleman Yogyakarta Skripsi. 2020;2507 (February): 1-9.

Wateh Akreemah. (2020). Kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada swamedikasi di apotek merjosari Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 21(1):1-9

Winda Kartika Sari, M. G. P. (2018). Tingkat Kepuasan Paien Terhadap Peran Apoteker Dalam PeFlayanan Swamedikasi Di Apotek R3 Farma Bululawang Kabupaten Malang. Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang, 21, 1–8.p




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v9i2.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats