ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan Kesehatan adalah kegiatan pelayanan yang diberikan secara langsung kepada perseorangan atau masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat dalam bentuk promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien yang berkunjung ke UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tahun 2024. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung pada UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tahun 2023 sebanyak 16.395 pasien. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien yang berkunjung pada UPTD Puskesmas Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang tahun 2024 sebanyak 100 pasien Tekhnik Pengambilan Sampel kuantitatif dalam penelitian metode survey dengan Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis Univariat, Bivariat dan Multivariat. Hasil: Ada hubungan bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dengan kepuasan pasien dan variabel bukti jaminan merupakan variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Saran: Agar pihak manajemen puskesmas dapat menyusun rencana program dalam upaya peningkatan kepuasan pasien seperti perbaikan sarana dan prasarana puskesmas, memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dengan skill yang sesuai dengan standar SDM kesehatan.
Kata Kunci : Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien
Full Text:
PDFReferences
Khafifah, N. and Razak, A. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Puskesmas Pangkajene’, Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), pp. 212–222. Available at: https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21360.
Kurnia, S. et al. (2020) ‘Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta’, Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), pp. 161–168.
Laksana, B.T. and Meirinawati (2023) ‘Di Puskesmas Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Bagus Tri Laksana Meirinawati Abstrak’, pp. 2547–2560.
Lubis, R.A. et al. (2020) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), pp. 13–20. Available at: https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467.
Machmud, R. (2008) ‘Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), pp. 186–190. Available at: https://doi.org/10.24893/jkma.v2i2.31.
Malik, S.A. (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction at the Mamboro Health Center , Nort’, 6(6), pp. 552–562.
Maria D.S Manlea, Yoseph Kenjam and Yudishinta Missa (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ponu Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2022’, SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(4), pp. 1033–1044. Available at: https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i4.2607.
Natassa, J. and Afrizah, - (1970) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru’, Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 7(02), pp. 93–98. Available at: https://doi.org/10.37859/jp.v7i02.512.
Pangerapan, D.T., Palandeng, O.E.L. and Rattu, A.J.M. (2018) ‘Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado’, Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), 2(1), pp. 9–18. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkk/article/download/18836/18386/0#:~:text=Menurut WHO (World Health Organization,penyakit (preventif) kepada masyarakat.
PERMENKES, 30 (2022) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, (879), pp. 2004–2006.
Permenpanrb (2023) ‘Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga dan Pemda Tahun 2023’, PERMENPAN RB 2023, pp. 1–146.
R, R., CZ, C.Z. and DA, D.A. (2022) ‘Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu’, Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 5(1), pp. 194–201. Available at: https://doi.org/10.32524/jksp.v5i1.404.
Rivai, F., Lestari, S. and Shaleh, K. (2020) ‘The Relations of Service Quality and Patients’ Satisfaction in Inpatient Installation of Ibnu Sina Hospital’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), pp. 38–47. Available at: https://doi.org/10.30597/mkmi.v16i1.9068.
Sanjaya, W. (2023) ‘Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi’, Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(02), pp. 215–225. Available at: https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906.
Saputra, A. and Ariani, N. (2019) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru’, Borneo Nursing Journal (BNJ), 1(1). Available at: https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1.
Khafifah, N. and Razak, A. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Puskesmas Pangkajene’, Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), pp. 212–222. Available at: https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21360.
Kurnia, S. et al. (2020) ‘Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta’, Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), pp. 161–168.
Laksana, B.T. and Meirinawati (2023) ‘Di Puskesmas Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Bagus Tri Laksana Meirinawati Abstrak’, pp. 2547–2560.
Lubis, R.A. et al. (2020) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), pp. 13–20. Available at: https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467.
Machmud, R. (2008) ‘Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), pp. 186–190. Available at: https://doi.org/10.24893/jkma.v2i2.31.
Malik, S.A. (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction at the Mamboro Health Center , Nort’, 6(6), pp. 552–562.
Maria D.S Manlea, Yoseph Kenjam and Yudishinta Missa (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ponu Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2022’, SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(4), pp. 1033–1044. Available at: https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i4.2607.
Natassa, J. and Afrizah, - (1970) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru’, Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 7(02), pp. 93–98. Available at: https://doi.org/10.37859/jp.v7i02.512.
Pangerapan, D.T., Palandeng, O.E.L. and Rattu, A.J.M. (2018) ‘Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado’, Jurnal Kedokteran Klinik (JKK), 2(1), pp. 9–18. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkk/article/download/18836/18386/0#:~:text=Menurut WHO (World Health Organization,penyakit (preventif) kepada masyarakat.
PERMENKES, 30 (2022) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, (879), pp. 2004–2006.
Permenpanrb (2023) ‘Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga dan Pemda Tahun 2023’, PERMENPAN RB 2023, pp. 1–146.
R, R., CZ, C.Z. and DA, D.A. (2022) ‘Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu’, Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 5(1), pp. 194–201. Available at: https://doi.org/10.32524/jksp.v5i1.404.
Rivai, F., Lestari, S. and Shaleh, K. (2020) ‘The Relations of Service Quality and Patients’ Satisfaction in Inpatient Installation of Ibnu Sina Hospital’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), pp. 38–47. Available at: https://doi.org/10.30597/mkmi.v16i1.9068.
Sanjaya, W. (2023) ‘Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi’, Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(02), pp. 215–225. Available at: https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906.
Saputra, A. and Ariani, N. (2019) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru’, Borneo Nursing Journal (BNJ), 1(1). Available at: https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1.
Sriharyati, S. et al. (2023) ‘Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Perangkat Daerah Di Puskesmas Rawat Inap Saguling Kabupaten Bandung Barat Tahun 2021’, Prosiding Cosecant : Community Service and Engagement Seminar, 2(2). Available at: https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18686.
Velanda, V., Sutinbuk, D. and Wahab, S. (2024) ‘Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rias Kabupaten Bangka Selatan’, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), pp. 493–499. Available at: https://doi.org/10.31943/afiasi.v8i3.308.
DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v9i2.1262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats