TERAPI MINDFULNESS MEDITATION TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI SKRIPSI PADA MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN TINGKAT AKHIR

Fitri Fadilah, Latifah Latifah, Dea Mega, Dewi Rury Arindari, Abdul Syafe'i, Zuhana Zuhana

Abstract


Latar Belakang: kecemasan merupakan suatu problem psikologis yang sering dialami oleh para mahasiswa. Kecemasan berkaitan adanya perasaan cemas dari suatu lingkungan akademik termasuk pengajar dan ataupun tugas akhir seperti skripsi. Mindfulness suatu metode meditasi yang meredakan stress ataupun kecemasan yang banyak diterapkan oleh orang. Menurut World Health Organisation (WHO), prevelensi kecemasan di asia adalah 65 juta dewasa muda yang mengalami masalah kecemasan selama studi sarjana, didominasi oleh mahasiswa Tingkat akhir. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi mindfulness meditation terhadap Tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi skripsi. Metode: Desain penelitian ini yang digunakan yaitu desain pretest and posttest dan sampel ini sebanyak 14 responden dengan Teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) yang Dimana hasil uji realibilitas 0,756. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 05-09 juli 2024. Analisa data menggunakan uji statistic Wilcoxon Hasil: penelitian ini didapatkan dari, berupa nilai p-value = 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan terapi mindfulness terhadap penurunan Tingkat kecemasan pada mahasiswa akhir yang menghadapi skripsi. Saran: referensi dalam menerapkan terapi untuk mengurangi kecemasan pada mahasiswa/i tingkat akhir.

 

Kata kunci : Terapi Mindfulness Meditation, Tingkat Kecemasan, Mahasiswa Ilmu Keperawatan


Full Text:

PDF

References


Affandi, M. (2021). PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG SKRIPSI Oleh: FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2021. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahhim.

Amalia, W., Abdilah, H., & Tarwati, K. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Profesi Ners. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3(10), 3326–3337. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i10. 11298

Ekawati, R. A. (2022). Pengaruh Terapi Mindfulness Spiritual Islam Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasantri Baru Di Ma’had Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. universitas aisyayah surakarta.

Fariza, Y. (2021). gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi di masa pandemi 19. Universitas Islam Sultan Agung.

Fitriani, N., Mubina, N., Riza, W. L., Fitriani, N., Mubina, N., Riza, W. L., Psikologi, F., Buana, U., & Karawang, P. (2024). EFEKTIVITAS PELATIHAN MINDFULNESS TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN Pendahuluan. 4(1), 52–59.

Gustina, N. Z., Badri, I. A., & Putri, Y. D. (2023). Relationship Between Peer Support With Anxiety Level of Student in Last Term in Batam. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(2), 150–155. https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i2.515

Mondogir, M.H. (2021) Pengaruh Manajemen Stress Mindfulness Terhadap Tingkat Kecemasan Tenaga Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Motoling Timur. Universitas Katolig Dela Salle Manado

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian Kesehatan. Jawa Tengah. Rineka cipta

Nursalam, (2020). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. Surabaya. Salemba medika.

Pratiwi, R., Studi Sarjana Ilmu Keperawatan, P., & Ilmu Kesehatan, F. (2021). PENGARUH TERAPI MINDFULNESS SPIRITUAL ISLAM TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIADI POSYANDU CEMPAKA GROGOL. 2(1). https://journalmandiracendikia.com/index.php/ojs3

Rahmawati, R. (2021). pengaruh terapi mindfulness meditation terhadap kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid 19. sekolah tinggi ilmu hang tuah.

Rani Widya Anggraeni, & Diany Ufieta Syafitri. (2022). Hubungan antara Mindfulness dengan Stress pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Hukum Universitas Haluoleo Kendari. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(3), 880–890. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.489 0

Robiyanto, O, I., Sartika D., Qodariah S. (2019). Pengaruh Mindfulness-Based Cognitive Therapy Terhadap Penurunan Kecemasan Sosial Pada Mahasiswa Kedokteran. SCHEMA (Journal of Psychological Research), Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Rohmatun, S., & Maryatun, M. (2022). Intervensi Mindfulness Spiritual Islam Sebagai Upaya Penurunan Tingkat Kecemasan Upaya Kesehatan Jiwa Bagi Mahasiswa Keperawatan. Avicenna : Journal of Health Research, 5(2), 120–129. https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i2. 689

Rosita, R. (2015). Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir Dalam Menghadapi Dunia Kerja (Studi Kasus di Jurusan BKI IAIN "SMH" Banten), Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Siswanto, & Aseta, P. (2021). Gambaran Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Tugas Akhir Masa Pandemi Covid-19. Intan Husada: Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(1), 31–40. https://doi.org/10.52236/ih.v9i1.206

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta

Soraya, N. 2019. Pengetahuan mindfulness therapy terhadap tingkat kecemasan pada Wanita pre menopause di rw 03 kelurahan pedalangan. Semarang: jurusan keperawatan poltekkes kemenkes.

Ulfianasari, E., Winahyu, K. M., & Nainar, A. A. A. (2022). Cyberbullying dan Kecemasan Remaja: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 6(1), 80. https://doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6939

Zaleha, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mendapatkan Tindakan Invasif di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja Tahun 2021. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i1.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats