ANALISIS KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD)
Abstract
Latar Belakang: Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang memberikan perawatan medis kepada individu secara menyeluruh, termasuk rawat jalan, rawat inap, dan gawat darurat. IGD merupakan salah satu unit pelayanan di Rumah Sakit yang berfungsi untuk menerima, menstabilkan dan mengatur pasien yang membutuhkan penanganan kegawatdaruratan segera, baik dalam kondisi sehari - hari maupun bencana. Tujuan: Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Metode: Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif pendekatan survei analitik dengan desain cross-sectional mencari pengaruh faktor-faktor kepuasan pasien dalam menerima pelayanan keperawatan di Ruang IGD RSUD Palembang BARI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian pasien yang berkunjung dan tercatat registrasi di Ruang IGD RSUD Palembang BARI sebanyak 17.442 orang yang berkunjung pada periode tahun 2023. Sampel dari penelitian ini adalah pasien yang berkunjung pada bulan Februari-Maret 2024. Besar sampel yang diambil berjumlah 100 orang. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p-value = 0.047 pada dimensi reliability, p-value = 0.000 pada dimensi responsiveness, p-value = 0.000 pada dimensi assurance, p-value = 0.000 pada dimensi emphaty, dan p-value = 0.000 pada dimensi tangibles. Artinya semua variabel independen memiliki hubungan dengan variabel dependen. Saran: Diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pasien di ruang IGD. RSUD membangun sistem survei kepuasan pasien yang senantiasa di evaluasi setiap bulannya untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan administrasi pelayanan RSUD.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles
Full Text:
PDFReferences
Anggita, Imas Masturoh dan Nauri. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakata
Ardane, Nengah, dkk. (2017). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Scoot Fast Cruises Di Bali” dalam Jurnal IPTA Volume 5 (hlm. 18-23). Bali: Universitas Udayana
Arianto, Nurmin (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor
Badrin, N. N., Rachmawaty, R., dan Kadar. (2019). Instrumen Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan : Literature Review
David Weiss, Mona Weiss, Cort & Hannes. (2022). Tough Times At The Top : Ocupational Status Perdict Changes In Job Satisfaction In Time Of Crisis. Journal Of Vocational Behaviour.
Destifiana. (2015). Hubungan Kejenuhan Kerja dan Beban Kerja dengan Kinerja Perawat dalam Pemberian Pelayanan Keperawatan di IGD dan ICU RSUD dr. R. Goetheng Taroenadibrata Purbalingga. Skripsi: Universtas Muhammadiyah Purwokerto
Dewi, S.K. & Sudaryanto, A.(2020). ‗Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan , sikap dan perilaku‘, Program Studi Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, pp. 73–9
Effendi, K., & Junita, S. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82–90.
Fandy Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, Imam. (2015). “Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik”, Jakarta: Bumi Aksara.
Gusti Suciati, Chairil Zaman, Erma Gustina, (2022). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022
Hasyim, Rahmadi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Hadi, Sudharto Prawoto dan Raka Rizky Saputra. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa/i Program Strata-1 FISIP UNDIP)
Istiana, et.all. (2019). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari
Karno, Darma. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kegawatdaruratan
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 72 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kefarmasian
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Joyce Yulianti Silalahi, (2019). Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Advent Medan Tahun 2019.
Lupiyoadi, R (2018), Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.
Mulyapradana, Aria., & Lazulfa Indah, Atik. (2018). Tata Kelola Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda (Juripol).
Musyafa, Nabil dan Ngatno. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Penumpang Kereta Api Kelas Eksekutif Agro Sindoro PT. KAI Daop Semarang)
Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Jakarta Selatan : Salemba Medika.
Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun (2018) tentang Standar Pelayanan Minimal
Permenpan. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Nomor 14 tahun 2017 tentang survei kepuasan masyarakat
PANRB. (2022). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2022 tentang hasil survei kepuasan masyarakat
Pangerapan, D., Palandeng, O., & Rattu, A. (2018). Hubungan antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik,2 (1), 9-17
Undang-undang RI. (2014). Undang-undang RI Nomor 34 tentang Keperawatan.
Undang-undang RI. (2009). Undang-undang RI Nomor 44 tentang Rumah Sakit.
Rinaldi, S, F., Mujianto, B. (2017). Metodologi Penelitian Dan Statistik. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Rismayanti, Gunawan Bata Ilyas, I. K. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru. Jurnal Kesehatan Masyarakat Terpadu, 1(2), 85–102
Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2442–2469.
Supranto, (2018). Pengukuran Tingkat loyalitas Pelanggan. Jakarta: Rineka ipta
Supriyanto, Yuda dan Harry Soesanto. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Kariadi Semarang
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.
Sari, Nurbani Indah et.all. (2020). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan: Literature Review.
Triwardani, Y. (2017) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BJPS pada Pelayanan di Puskesmas Pamulang, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Vera Sesrianty, Rizanda Machmud, Fitra Yeni. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan.
Widuri , H. W., & Wujoso , H. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap. kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Surakarta: Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yulia, Yulfa dan Adriani. (2017). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Spesialis Pribadi di Rumah Sakit Atma Jaya
Yerry Soumokil, Muhammad Syafar dan Andi Yusuf (2021). Analisis Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Piru.
DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i1.1313
Refbacks
- There are currently no refbacks.